Otanjoubi omedetou gozaimasu!

Bagaimana sih cara yang tepat untuk mengucapkan “selamat ulang tahun” dalam bahasa Jepang? Nah, kali ini Kepo Jepang akan membahas salah satu salam ucapan yang mungkin akan sering kalian gunakan, yaitu salam ucapan “selamat ulang tahun”.

Selain ungkapan “otanjoubi omedetou”, kalian juga bisa menggunakan bahasa kasual seperti otan-ome loh. Untuk lebih memahami istilah di atas, langsung simak saja penjelasan di bawah ini. Jangan lupa tonton juga video penjelasannya ya!

PenjelasanOtanjoubi Omedetou Gozaimasu

Otanjoubi omedetou gozaimasu (selamat ulang tahun) adalah ungkapan paling umum untuk digunakan, namun ungkapan ini memiliki makna yang lebih formal dan sangat sopan. Perhatikan penjelasan berikut :

 ungkapan ini digunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun

  • O : bentuk awalan hormat/penunjuk kesopanan
  • Tanjoubi : hari lahir
  • Omedetou : selamat
  • Gozaimasu : akhiran penanda bentuk formal/sangat sopan/hormat

Jadi, jika kalian ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada keluarga, orang terdekat atau teman, kalian cukup mengucapkan tanjoubi omedetou atau otanjoubi omedetou saja.

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk “Selamat Ulang Tahun”

Berikut beberapa “bahasa gaul” yang sering digunakan untuk mengucapkan “selamat ulang tahun”. Biasanya digunakan antara teman dekat, teman sekolah atau keluarga.

  • Happi baasudee / happi baa : disadur dari bahasa inggris “happy birthday”.
  • Ota-ome / tan-ome  : kependekan dari ota(njoubi) ome(detou) atau tan(joubi) ome(detou).
  • Ometan :
    bahasa gaul untuk mengucapkan “selamat ulang tahun” yang akhir-akhir ini populer di kalangan anak muda. Sebenarnya ini kebalikan dari tan-ome. Mungkin di Indonesia juga lagi populer ya membalik-balikkan kata kaya gini. Paling sering dipakai ketika mengucapkan ulang tahun via sns kaya twitter, line atau instagram.

Contoh Kalimat

Otanjoubi omedetou gozaimasu. Subarashii ichi-nen ni narimasu you ni!
Tanjoubi omedetou! Tanoshinde kudasai! 
Nijuu ni-sai no tanjoubi omedetou!
20 kai me no tan-ome!
〇〇chan, ometan…!

Kesimpulan

Walaupun nggak seberagam kata lain dalam bahasa Jepang, ungkapan ketika mengucapkan “selamat ulang tahun” ini tetap memiliki perbedaan ketika kalian mengucapkan secara formal dan informal. Dalam keluarga pun, ketika kalian mengucapkan selamat ulang tahun kepada kedua orang tua atau nenek dan kakek kalian, jauh lebih baik menggunakan ungkapan bentuk sopan. Kalau kepada kakak atau adik boleh saja menggunakan ungkapan yang kasual.

Kali ini sampai sini dulu belajar bahasa Jepangnya. Semoga kalian yang membacanya bisa memahami dengan mudah dan semakin semangat untuk belajar bahasa Jepang. Sampai jumpa di pembahasan bahasa Jepang lainnya!