Dalam mempelajari bahasa asing, ungkapan “aku rindu kamu” merupakan salah satu hal yang mungkin paling ingin cepat kalian pelajari. Dalam bahasa Jepang, ungkapan “rindu” bisa diekpresikan dengan beberapa pilihan kata. Perbedaan penggunaan setiap ungkapan ini sangatlah dipengaruhi oleh nuansa, situasi dan kepada siapa ungkapan “rindu” ingin kalian sampaikan.

Aitai desu. Aitakatta. Tentu saja kalian yang sering menonton anime atau dorama, pasti sering mendengar ungkapan ini. Kedua ungkapan ini adalah yang paling umum digunakan ketika kalian ingin menyatakan rasa rindu atau kangen kalian kepada seseorang. Namun, kedua ungkapan ini sedikit memiliki perbedaan dalam penggunaannya. Melalui artikel ini, akan dibahas bagaimana menggunakan ungkapan aitai dan aitakatta yang tepat, pembentukan kata aitai yang secara harfiah bukan berarti “rindu” dan contoh-contoh kalimat yang akan membantu kalian untuk mudah memahami makna dan penggunakan ungkapan rindu aitai ini. Untuk itu, yuk langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

PenjelasanAitai

Sebenarnya jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia secara per kata, ungkapan aitai ini bukanlah berarti “aku rindu kamu”. Coba perhatikan penggalan kata aitai di bawah ini :

Ai : terbentuk dari kata kerja au/aimasu (bertemu)
-tai : akhiran untuk mengungkapkan keinginan melakukan sesuatu 

Aitai = kepala kata kerja bentuk “masu” (ai) + tai = aku ingin bertemu

Jika dipikir-pikir, maknanya memang pas untuk digunakan sebagai ungkapan untuk menyatakan rindu. Ungkapan aitai ini bisa digunakan kepada siapapun yang kalian rindukan.

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk “Rindu”

Aitai mungkin menjadi ungkapan yang paling umum ketika kalian menyatakan kerinduan kalian terhadap seseorang. Tapi, kalian bisa menggunakan ungkapan-ungkapan lain untuk menyatakan kerinduan kalian. 

Aitakunachatta

pada dasarnya sama dengan aitai di atas, ungkapan ini pun berasal dari kata kerja aimasu (bertemu), tetapi terdengar sedikit lebih malu-malu dan feminin, yang pasti memberikan kesan yang lebih kuat tentang perasaan romantis kepada orang yang kalian rindukan, biasanya digunakan wanita kepada pacarnya. Secara harfiah dapat diartikan “aku benar-benar ingin bertemu denganmu” atau “aku semakin merindukanmu”.

Aitakatta

biasanya diungkapkan ketika kalian akhirnya bertemu dengan orang yang kalian rindukan. Secara harfiah artinya itu “aku ingin bertemu dengan kamu” dalam bentuk lampau. Mungkin arti yang paling pas adalah “selama ini aku merindukanmu”.

Koishii

untuk kata yang satu ini digunakan untuk mengungkapkan kerinduan kalian terhadap seseorang, tempat atau hal-hal yang sudah lama terpisah dari kalian. Paling sering diungkapkan ketika kalian merindukan kampung halaman atau mungkin mantan kalian.

Sabishii

mungkin agak aneh karena arti harfiah dari sabishii adalah kesepian. Namun, orang Jepang seringkali mengungkapkan rasa rindu mereka dengan kata ini. Ungkapan ini memang pas juga dengan “aku rindu kamu” karena menunjukkan kesedihan dan perasaan kesepian saat tidak bisa menghabiskan waktu dengan orang yang kalian sayangi (pacar, kelaurga atau teman dekat). 

Contoh Kalimat

Biar kalian lebih gampang untuk memahami ungkapan yang sudah saya sampaikan di atas, yuk perhatikan contoh penggunaanya melalui kalimat-kalimat di bawah ini!

Ima sugu kare ni aitai! 
Kimi ni aitai yo!
Watashi mo minna ni aitai.
Kanojo ni hayaku aitai.
Kimi no koto wo kangaetara*, nantonaku aitakunachatta. (*dibaca kanggaetara)
Kimi no koe wo kiiteitara, aitakunachatta.
Zutto aitakatta yo!
Genki sou da ne, aitakatta yo.
Nihon no ramen ga koishii.
Koishii hito.
Furusato ga koishii.
Wakareta hito ga koishii.
Watashi wa ano koro ga koishii.
Minna ga koishii desu.
Kimi ga inakute totemo sabishii.

Kesimpulan

Sekian penjelasan tentang ungkapan “aku rindu kamu” dalam bahasa Jepang. Seperti yang kalian lihat, ada banyak cara untuk mengungkapkan rasa rindu dalam bahasa Jepang yang sangat bergantung pada apa atau siapa yang kalian bicarakan. Karena nuansa ini sangat terkait dengan budaya Jepang itu sendiri, jadi cara terbaik untuk mempelajari cara mengungkapkan “rindu” adalah dengan mendengarkan orang Jepang berbicara dalam kehidupan nyata, yang paling mudah bisa kalian lakukan dengan cara menonton drama, anime atau mendengarkan lagu Jepang, sambil memperhatikan dengan cermat apa atau siapa yang mereka bicarakan dan apa hubungan mereka dengan orang atau hal tersebut.

Sampai sini dulu belajar bahasa Jepangnya. Semoga kalian yang membacanya bisa memahami dengan mudah dan semakin semangat untuk belajar bahasa Jepang. Sampai jumpa di pelajaran bahasa Jepang lainnya!