Artikel kali ini akan membahas kosakata baru yaitu tsukue. Apa itu tsukue? Yuk, simak langsung penjelasannya di bawah ini.

Penjelasan “Tsukue

Tsukue termasuk ke dalam golongan meishi (kata benda) dalam bahasa Jepang yang berarti meja. Dalam kamus digital bahasa Jepang, tsukue dijelaskan sebagai berikut :

  1. Perabot dengan permukaan datar yang berkaki dan digunakan untuk membaca, menulis, dan bekerja. Ada yang digunakan dengan duduk di kursi, ada pula yang digunakan dengan duduk di lantai.
  2. Dudukan untuk meletakkan makanan dan minuman serta persembahan.

Selain tsukue, orang Jepang juga sudah biasa menggunakan kata desuku dan teeburu untuk menyebutkan “meja”, dua kata ini diserap dari bahasa Inggris “desk” dan “table”. Terus, adakah perbedaan dalam menggunakan ketiga kata ini?

Penggunaan Kata Tsukue, Desuku, Teeburu

Tsukue

Biasanya digunakan untuk menyebutkan meja yang ada di kantor atau meja belajar di kamar. Dipakai untuk pekerjaan kantor, belajar, menulis, membaca, menggambar. Jadi, tsukue lebih banyak digunakan untuk mendeskripsikan meja yang digunakan oleh 1 orang. Ada juga meja kerja dengan lebar panjang yang bisa digunakan oleh dua atau tiga orang, seperti yang digunakan di sekolah dan kantor.

Karena digunakan untuk pekerjaan kantor, belajar, dan menulis, fitur utama dari tsukue biasanya sering memiliki laci untuk menyimpan alat tulis.

Desuku

Desuku dideskripsikan sama persis dengan tsukue, yaitu meja yang digunakan untuk bekerja di kantor atau belajar dan umumnya digunakan untuk satu orang. Karena maknanya sama dengan tsukue, desuku jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Teeburu

Teeburu dalam bahasa Jepang digunakan untuk mendeskripsikan jenis furnitur makan bergaya barat, namun dapat juga digunakan untuk meja umum yang digunakan untuk rapat atau pertemuan, dan bisa digunakan oleh banyak orang. Berbeda dengan tsukue, jenis teeburu lebih sederhana dan tidak memiliki laci 

Contoh Kalimat

Untuk lebih jelasnya, yuk perhatikan contoh-contoh kalimat di bawah ini.

Tsukue no ue ni te ni oite kudasai.
Letakkan tangan Anda di atas meja.
Kanojo no tsukue ni wa hon ga tsumi kasanatte ita.
Di mejanya bertumpuk banyak buku.
Dare ga sono tegami wo watashi no tsukue kara nusumidashita.
Seseorang mencuri surat tersebut dari meja saya.
Sono furui tsukue wa nurikaetara shinpin douyou ni natta.
Jika meja lama itu dicat ulang, maka akan tampak seperti barang baru.
Memo wo tsukue no ue ni oite okimasu kara yonde kudasai.
Tolong baca memo yang saya letakkan di atas meja.
Tsukue kara hokori wo nuguitotte kudasai.
Bersihkan debu yang ada di meja.
Q
Kono tsukue wa doko ni ugokashimashou ka.
Di manakah (saya) harus memindahkan meja ini?
A

Tonari no heya ni oite kudasai.
Tolong letakkan di ruangan sebelah.

Kicchin ni wa futari you no chiisa-na teeburu ga atta.
Terdapat meja kecil untuk dua orang di dapur.
Karera wa teeburu wo kakonde suwatta.
Mereka duduk mengelilingi meja.
Teeburu ni keeki ga san-ko arimasu.
Ada 3 buah kue di meja.
Teeburu no kaku de atama wo utte shimatta.
Kepala (saya) terbentur dengan ujung meja.
Kanojo wa nureta nuno de teeburu wo fuita.
Dia (perempuan) mengelap meja dengan kain basah.

Kesimpulan

Itu dia penjelasan singkat tentang kata benda tsukue (meja) yang lebih banyak digunakan untuk menyebutkan meja belajar atau meja kerja. Untuk meja makan, meja pertemuan atau meja rapat, orang Jepang menggunakan kata teeburu yang diserap dari bahasa Inggris. Walaupun keduanya berarti “meja”, orang Jepang menggunakannya untuk situasi yang berbeda. Sekarang jangan sampai tertukar lagi ya.

Sampai sini dulu bahasa Jepang yang saya bagikan hari ini, semoga bermanfaat dan bisa kalian aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari ya.

Jangan lupa ikuti terus informasi belajar bahasa Jepang dari Kepo Jepang ya…