Kuliah di Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan

Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan

Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan (APU) adalah universitas yang didirikan pada tahun 2000, dan dikenal sebagai kampus cabang dari “lembaga pendidikan” Universitas Ritsumeikan yang ada di Kyoto, di mana pada tahun 2020 ini merayakan ulang tahun pendirian yang ke-20. 

Sesuai dengan namanya, ciri khas dari Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan adalah memiliki keunikan pendidikan yang memfokuskan pada pertukaran dengan setiap negara yang ada di wilayah Pasifik, termasuk negara-negara Asia. Mahasiswa dari berbagai belahan dunia, sekitar lebih dari 80 negara berkumpul di kampus ini untuk mempelajari budaya, kehidupan sosial, media, manajemen dan sebagainya, dengan mengacu pada globalisasi di bawah slogan “Shape Your World”.  

Di Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan bahasa Jepang dan bahasa Inggris digunakan secara umum, hampir 90% perkuliahan di setiap fakultas dilaksanakan secara bilingual dengan menggunakan bahasa Jepang dan bahasa Inggris. Oleh karena itu, penerimaan mahasiswa asing pun dilaksanakan secara bilingual dengan bahasa Jepang dan bahasa Inggris. 

Sampai tahun 2020 ini, terdapat 2 fakultas dan 2 jurusan di Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan, yaitu Fakultas Studi Asia Pasifik dan Fakultas Manajemen Internasional. Untuk ke depannya, ada rencana untuk membuka Fakultas Pariwisata pada tahun 2023. 

Tingkat Kesulitan dan Ketenaran Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan

Nilai standar yang dibutuhkan untuk masuk Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan berkisar antara 61 – 62. Ini dianggap sebagai universitas swasta tersulit di wilayah Kyushu, bahkan jika melihat wilayah Jepang bagian barat secara keseluruhan, peringkatnya berada setelah Universitas Ritsumeikan dan Universitas Doshisha di Kyoto, Universitas Kansai di Osaka dan Universitas Kwansei Gakuin di Hyogo.    

Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan merupakan universitas yang masih baru, selain itu lokasinya pun jauh dari wilayah perkotaan besar, oleh karena itu, jika dibandingkan dengan universitas bergengsi lainnya yang sudah memiliki sejarah, kepopulerannya di seluruh Jepang masih cukup rendah. Walaupun begitu, universitas ini dianggap sebagai salah satu universitas yang sangat terkenal di wilayah Kyushu, dan dengan pendidikan dan suasana akademis yang unik, lulusan dari universitas ini banyak menarik perhatian dari perusahaan.

Lokasi Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan

Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan berada di kota Beppu, Prefektur Oita, daerah di wilayah Kyushu yang sangat terkenal sebagai wilayah onsen (pemandian air panas).

Untuk mengakses dari jauh, kalian bisa menggunakan Shinkansen sampai stasiun Hakata yang ada di Prefektur Fukuoka, atau menggunakan pesawat terbang sampai bandara Oita. Dari kedua tempat ini, kalian bisa menggunakan bus ekspres untuk sampai ke tujuan.  

  • Alamat : 1-1 Jumonjibaru, Beppu-shi, Oita 874-8577
  • Jalur Kereta :
    JR Nippou Line (Stasiun Beppu, 25 – 40 menit dengan bus)
    JR Nippou Line (Stasiun Kamegawa, 15 menit dengan bus)

Biaya Pendidikan untuk Mahasiswa Asing

Berikut biaya pendidikan awal di Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan berdasarkan tahun ajaran masuk 2020. Pembayaran umumnya dilakukan dengan sistem pembayaran dua kali di semester musim semi dan semester musim gugur.

  • Biaya Masuk : 200.000 yen ※Tahun pertama saja
  • Biaya Kuliah (Perkuliahan A) : 760.000 yen
  • Biaya Kuliah (Perkuliahan B) : 540.000 yen
  • Total Biaya : 1.500.000 yen

※Perkuliahan A : biaya tetap kuliah umum dari tahun pertama – tahun keempat (jumlahnya sama sampai tahun ke-4)
※Perkuliahan B : biaya kuliah yang ditentukan berdasarkan semester yang diambil oleh setiap mahasiswa. Untuk mahasiswa yang terdaftar di tahun ajaran 2020, biaya kuliah setiap mahasiswa dari tahun ke-2 ke atas adalah 740.000 yen. 

Jumlah Mahasiswa Asing dan Kewarganegaraan

Pada tahun ajaran 2019, ada 2.906 orang mahasiswa asing yang terdaftar di Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan. Pada tahun ajaran ini, mahasiswa Jepang berjumlah 2.924 orang, sehingga mahasiswa asing dan mahasiswa Jepang, masing-masing jumlahnya sekitar 50%. 

Hal yang menarik perhatian adalah para mahasiswa asing berasal bukan hanya dari Asia Timur saja, tetapi banyak juga yang berasal dari Asia Tenggara. Adapun urutan jumlah mahasiswa asing berdasarkan kewarganegaraan adalah Korea Selatan (556 orang), Indonesia (407 orang), Vietnam (387 orang), China (372 orang), Thailand (253 orang), Bangladesh (117 orang), Taiwan (87 orang), dan beberapa mahasiswa dari negara lainnya. Selain itu, APU juga menerima banyak mahasiswa dari wilayah lain seperti Timur Tengah, Afrika, Amerika Selatan, Kepulauan Oseania dan sebagainya.  

Seleksi Masuk Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan

Jenis Seleksi Masuk di Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan

Ujian masuk bagi mahasiswa asing di Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan ditujukan bagi mahasiswa yang masuk kuliah di bulan April dan bulan September. Masing-masing ujian masuk menyelenggarakan periode pendaftaran kurang lebih 4 kali. Selain itu, peserta bisa memilih pendaftaran berdasarkan kriteria dalam bahasa Jepang atau bahasa Inggris.

Sebagai tambahan, mahasiswa yang bermaksud mendaftar kembali, memilih fakultas yang berbeda, atau sebelumnya tidak lulus ujian, diperbolehkan untuk mendaftarkan diri lagi.  

Dokumen Pendaftaran yang Diperlukan

Dokumen yang Harus Diserahkan oleh Semua Peserta

  • Informasi Data Diri Peserta ※Diisi melalui sistem pendaftaran online
  • Pas Foto
  • Ijazah SMA atau Surat Keterangan Kelulusan
  • Transkrip Nilai SMA
  • Dokumen Keterangan Kemampuan Bahasa
    ※Hasil nilai ujian kemampuan bahasa Jepang atau bahasa Inggris yang sudah ditentukan
  • Esai ※Diisi melalui sistem pendaftaran online
  • Surat Rekomendasi
    ※Mohon diisi oleh orang yang sudah mengenal peserta ujian lebih dari setengah tahun, seperti pengajar di sekolah tempat terakhir belajar, atasan di perusahaan tempat bekerja atau melakukan internship, dan sebagainya. 
  • Fotokopi Paspor
  • Bukti Pembayaran Biaya Ujian Masuk

Dokumen Khusus yang Harus Diserahkan oleh Peserta Tertentu

  • Transkrip Nilai Ujian Umum (Tes umum untuk masuk universitas) ※Peserta yang sudah mengikuti ujian umum saja
  • Fotokopi Zairyuu Card (Kartu Izin Tinggal di Jepang) ※Bagi peserta yang masih memiliki izin tinggal di Jepang
  • Laporan kegiatan ekstrakurikuler dan sertifikatnya ※Opsional
  • Dokumen konfirmasi untuk perubahan status tempat tinggal
    ※Khusus peserta ujian yang status izin tinggalnya di luar “Ryuugaku (Pelajar)”, dan peserta yang berniat mendapatkan keringanan biaya kuliah
  • Sertifikat keterangan beasiswa dari organisasi luar
    ※Khusus peserta ujian yang berencana mendapatkan beasiswa dari organisasi luar
  • Esai tentang alasan mendaftar ulang ※Khusus untuk peserta yang mendaftar ulang 

※Dokumen pribadi yang tidak ditulis dalam bahasa Jepang atau bahasa Inggris, harus diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang atau bahasa Inggris oleh penerjemah yang berkualifikasi seperti penerjemah dari kantor kedutaan Jepang, konsulat Jepang, perusahaan penerjemah, dan sebagainya. Kirimkan lampiran dokumen terjemahan, sertifikat terjemahan (sudah dicap) bersamaan dengan dokumen aslinya.

Mengirimkan Dokumen Pendaftaran

Semua dokumen pendaftaran diisi atau diupload melalui sistem pendaftaran secara online. Dokumen pendaftaran tidak perlu dikirimkan via pos. 

Namun, setelah proses penyeleksian selesai, peserta yang lulus perlu mengirimkan dokumen asli atau “salinan dokumen asli” via pos pada saat prosedur penerimaan masuk kuliah. Walaupun sudah selesai melakukan prosedur pendaftaran, harap simpan dokumen pendaftaran yang asli di tempat yang aman.

Kriteria Pemeriksaan dan Seleksi Dokumen

Di Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan, kriteria nilai ditentukan untuk masing-masing hasil nilai ujian bahasa Jepang dan bahasa Inggris. Peserta ujian wajib memenuhi kriteria nilai bahasa Jepang atau bahasa Inggris yang sudah ditentukan. 

Bahasa Jepang (pilih salah satu)

  • JLPT N1 : 100
  • JLPT N2 : 120
  • EJU (Bahasa Jepang) : Membaca, Mendengarkan, Membaca dan Mendengarkan 250, Menulis Esai 30

※Selain ujian di atas, nilai hasil ujian JPT atau J-CAT pun bisa diterima.

Bahasa Inggris (pilih salah satu)

  • IELTS : 6,0 ※Masing-masing subject dengan nilai lebih dari 5,5
  • TOEFL iBT® Test : 75
  • TOEIC® L&R Test : 750
  • Cambridge Assessment English Exams : 169
  • PTE Academic : 50
  • STEP EIKEN : Level 1

※Peserta juga bisa melampirkan hasil Duolingo English Test sebagai bukti tambahan kemahiran bahasa Inggris.

Sebagai tambahan, walaupun mendaftar di tahun yang sama, periode ujian yang bisa digunakan untuk dokumen pendaftaran biasanya berbeda antara ujian masuk kuliah di bulan April dan September. Pastikan kalian memeriksanya sebelum mengirimkan dokumen pendaftaran.

Jenis Ujian (Tulisan, Wawancara)

Seleksi 1 (Penilaian Online)

Penilaian dan pemeriksaan dokumen untuk ujian masuk bagi mahasiswa asing di Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan umumnya diselesaikan secara online, oleh karena itu, peserta tidak perlu datang ke Jepang.   

Penilaian secara online akan dilaksanakan setelah prosedur pendaftaran online selesai, penilaian dibagi menjadi peserta ujian dengan kriteria penilaian bahasa Jepang dan kriteria penilaian bahasa Inggris. 

Peserta Ujian Kriteria Penilaian Bahasa Jepang
  • Wawancara online untuk mengukur pemikiran yang logis dan kritis. 
Peserta Ujian Kriteria Penilaian Bahasa Inggris
  • Wawancara online yang direkam secara otomatis, Watson-Glaser III Critical Thinking Appraisal, Core Abilities Assessment

Seleksi 2 (Wawancara)

Di antara peserta ujian yang mendaftar ujian masuk Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan, mereka yang tidak mengajukan keringanan beban biaya kuliah, wawancara dan penilaian akan dilakukan secara online sama seperti seleksi 1. 

Untuk peserta yang mengajukan keringanan beban biaya kuliah, seleksi tahap 2 berupa wawancara online, tetapi bagi peserta ujian yang tinggal di Indonesia, tempat ujian wawancara dilaksanakan di Indonesia, dan peserta memilih wawancara secara langsung (tatap muka) atau online. Untuk ujian masuk tahun ajaran 2021, masuk kuliah bulan September, tempat wawancara berlokasi di Jakarta. 

Jadwal Pendaftaran, Seleksi Hingga Pengumuman Kelulusan

Ujian masuk bagi mahasiswa asing di Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan ditujukan bagi mahasiswa yang masuk kuliah di bulan April dan bulan September, masing-masing ujian masuk membuka pendaftaran sampai 4 kali. Setelah peserta menyelesaikan prosedur pendaftaran di periode yang dipilih, selanjutnya akan langsung dilaksanakan seleksi. Di periode pendaftaran manapun, waktu pendaftaran online sampai pengumuman kelulusan menghabiskan waktu kurang dari 2 bulan.

  1. Pembayaran biaya ujian masuk (5.000 yen)
  2. Pendaftaran online
  3. Melaksanakan ujian penilaian online
  4. Pengumuman kelulusan seleksi tahap 1
  5. Melaksanakan seleksi tahap 2
  6. Pengumuman kelulusan

Periode Pendaftaran Online (Tanggal dibukanya pendaftaran)

  • Masuk kuliah bulan April : awal Juni, akhir Juni, akhir Agustus, akhir September
  • Masuk kuliah bulan September : pertengahan Oktober, pertengahan Desember, pertengahan Januari, akhir Maret

Metode Pembayaran Biaya Ujian Masuk

Pembayaran ujian masuk umumnya menggunakan kartu kredit. Bagi peserta yang tidak bisa menggunakan kartu kredit, pembayaran bisa dilakukan dengan transfer melalui Bank.

Pengumuman Kelulusan

Pengumuman hasil seleksi tahap 1 akan diberitahukan melalui email. Peserta yang lulus seleksi tahap 1, selanjutnya akan diberitahu jadwal seleksi tahap 2. Hasil seleksi tahap akhir akan diumumkan di hari pengumuman kelulusan melalui website penerimaan universitas. Informasi yang diperlukan untuk bisa masuk ke halaman website pengumuman kelulusan akan dikirimkan di hari pengumuman kelulusan melalui email.   

Beasiswa dari Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan

Beasiswa yang Tersedia

Mahasiswa asing yang berkuliah di Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan bisa mendaftarkan beasiswa yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan atau organisasi masyarakat. Beasiswa dari luar bisa didaftarkan secara langsung, dan ada juga yang melaksanakan seleksi di dalam kampus. Beasiswa untuk mahasiswa asing sendiri, setiap tahunnya tersedia hampir lebih dari 50 jenis beasiswa.  

Selain itu, di dalam kampus juga disediakan sistem keringanan biaya kuliah yang ditujukan untuk mahasiswa asing. 

Jumlah Beasiswa yang Diberikan

Berikut rincian sistem pengurangan biaya kuliah yang diberikan kepada mahasiswa asing (program sarjana). 

  • Penerima :
    Mahasiswa asing yang memiliki nilai akademik yang luar biasa, dan kesulitan mengikuti perkuliahan karena masalah finansial. Mereka yang mendapatkan status izin tinggal “Ryuugaku (pelajar)” pada saat masuk kuliah.
  • Jumlah Pengurangan :
    Tergantung hasil seleksi, pengurangan biaya kuliah dari 30%, 50%, 60%, 80% sampai 100%
  • Periode Pengurangan :
    Selama mahasiswa lulus seleksi, pengurangan biaya kuliah akan diberikan setiap semester, sampai selesai periode perkuliahan.

Proses dan Jadwal Seleksi 

Pengajuan keringanan beban biaya kuliah dilaksanakan bersamaan dengan pendaftaran ujian masuk. Peserta yang mengajukan diri, akan diseleksi dengan wawancara langsung (tatap muka) atau online bersamaan dengan pelaksanaan seleksi tahap 2. Hasil seleksi akan diberitahukan pada saat pengumuman kelulusan ujian masuk.

Informasi Universitas Asia Pasifik Ritsumeikan untuk Mahasiswa Asing (Website)