ごちそうさまでした。
Gochisousama deshita.

Pernahkah kalian mendengar ungkapan bahasa Jepang di atas? Gochisousama deshita adalah ungkapan yang diucapkan ketika kita selesai makan. Lalu apakah makna dari ungkapan ini?

Melalui artikel ini, Kepo Jepang akan menjelaskan arti dan makna ungkapan gochisousama deshita dan bagaimana cara menggunakannya. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Penjelasan “Gochisousama deshita”

Salah satu salam (aisatsu) dalam bahasa Jepang ini diucapkan ketika selesai makan. Bisa diartikan sebagai “terima kasih atas makanan yang enak ini”.

Mari kita lihat makna kata ini secara rinci :
ごちそうさまでした/gochisousamadeshita

  • ご/go : awalan yang digunakan sebagai ekspresi bentuk hormat/sopan
  • 馳走・ちそう/chisou : secara harfiah, artinya adalah jamuan istimewa atau makan besar. Jika dilihat dari kanjinya “chisou(馳走)” bisa diartikan berkeliling dengan kuda
  • さま/sama : akhiran yang digunakan sebagai bentuk hormat terhadap orang, lebih sopan dari -san.
  • でした/deshita : penunjuk bentuk lampau

Jadi jika “go-chisou-sama-deshita” diartikan sesuai dengan masing-masing kata dapat diterjemahkan menjadi “anda telah menyiapkan jamuan yang istimewa” yang secara sederhana diartikan menjadi “terima kasih atas makanan/jamuan yang enak ini”.

Sebagai tambahan, dalam nuansa yang lebih kasual kalian bisa hanya dengan mengucapkan gochisousama saja.

Contoh Kalimat

Kyou wa gochisousamadeshita!

Sebagai tambahan, kata dasar dari “gochisousama deshita” adalah “gochisou”, jadi kalian bisa menggunakannya dalam bentuk lebih kasual dan digunakan “selain setelah makan”. Contohnya :

Sugoi gochisou desu ne!
Konya wa gochisou da ne!
Ashita wa watashi ga gochisou shimasu.
Kono aida, 〇〇-san ni gochisou ni narimashita.
Gochisou wo tabemasu.

Kesimpulan

Nah, sampai sini aja ya penjelasan tentang kata “gochisousama deshita”. Jadi sekarang kalian udah tahu kan latar belakang dari salam yang diucapkan setelah selesai makan ini, selain itu kalian juga jadi tahu kan kalau kata dasarnya bisa juga digunakan selain setelah makan.

Oh iya, karena ini bagian dari budaya makan di Jepang, jangan lupa yah untuk mengucapkan salam ini setelah dijamu atau ditraktir makan oleh teman orang Jepang kalian!

Oke, sampai di sini dulu yah penjelasan bahasa Jepang kali ini. Semoga mudah dimengerti dan selalu bermanfaat buat kalian.