Hontou no koto.
Hontou ni arigatou.

Kalian pasti sering mendengar penggunaan kosakata hontou dalam percakapan bahasa Jepang seperti pada kalimat di atas kan? Hontou pada kalimat pertama termasuk ke dalam kelas kata benda, sedangkan hontou ni pada kalimat kedua adalah keterangan atau ungkapan ekspresi. Arti hontou sendiri bisa berbeda-beda tergantung konteks kalimat yang diucapkan.

Kali ini, Kepo Jepang akan menjelaskan arti dan makna, serta penggunaan kata hontou yang tepat. Selain itu, kalian juga akan dengan mudah memahami kata hontou ini melalui contoh-contoh kalimat yang akan diberikan.

Untuk lebih jelasnya, langsung simak saja penjelasan di bawah ini.

Penjelasan “Hontou

Hontou merupakan istilah yang digunakan dalam berbagai situasi dalam kehidupan sehari-hari. Hontou bisa dijadikan subjek, predikat maupun kata keterangan, tergantung konteks kalimat yang akan diucapkan.

Hontou no koto wo itte kudasai. (Katakanlah yang sebenarnya (sesungguhnya).

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hontou bisa termasuk ke dalam kata benda atau kata keterangan (fukushi) seperti hontou ni pada kalimat di atas. Selain itu, hontou juga termasuk ke dalam kelas kata sifat golongan II. Dalam kamus bahasa Jepang-Indonesia, hontou dijelaskan sebagai berikut :

  1. Hontou (no) : benar, betul, sungguh, serius
  2. Hontou (ni) : benar-benar, betul-betul, sungguh, sangat
  3. Hontou (wa) : sebenarnya, sesungguhnya, pada hakekatnya

Adapun dalam kamus bahasa Jepang Daijiten, penjelasan makna hontou adalah sebagai berikut :

  1. Menunjukkan hal yang bukan kebohongan atau penyamaran, tetapi sebuah kenyataan. Sebuah kebenaran yang sesungguhnya.
  2. Sungguh-sungguh, tulen, asli, keadaan yang benar adanya.
  3. Sesuai dengan aslinya, tidak ada perubahan.

Penggunaan “Hontou ni” sebagai Ungkapan Ekspresi Sehari-hari

Dalam percakapan sehari-hari, pasti kalian sering mendengar orang Jepang mengucapkan hontou ni. Bisa dikatakan orang Jepang mengatakan hontou ni untuk mengungkapkan sesuatu yang serius, dahsyat, atau mengungkapkan perasaan terdalam dari lubuk hatinya.

Dalam percakapan sehari-hari, ungkapan hontou ni biasa digunakan untuk merespon ketertarikan dan keseriusan kalian terhadap hal yang dibicarakan orang lain, memastikan kebenaran dan kenyataan dari apa yang dikatakan lawan bicara, serta mengungkapkan perasaan dan suasana terkejut atas apa yang dikatakan orang lain. Dalam nuansa sangat kasual bisa saja kalian hanya merespon dengan hontou? Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu “benarkah?”, “serius?” atau bahasa kasual yaitu “beneran?” dan “masa sih?”.

Kanojo to wakareru kamo. (Aku sama pacar kayanya bakal putus.)
Hontou ni? (Beneran?)

Selain itu, hontou ni juga digunakan ketika menceritakan dan mengungkapkan hal “serius” yang kalian alami, pikirkan atau rasakan sendiri, dalam hal ini bisa diartikan “benar-benar”, “sungguh” atau “sangat”. Ketika mengucapkan ungkapan hontou ni, seolah-oleh ada penekanan bahwa yang dikatakan ini memang benar-benar nyata dan serius adanya. 

Sebagai ungkapan ekspresi, umumnya hontou ni digunakan untuk nuansa kasual atau non-formal. Selain itu, hontou ni juga bisa digunakan untuk situasi yang bernuansa baik maupun buruk. Dalam nuansa lebih kasual, kalian juga bisa menggunakan maji de sebagai pengganti hontou ni, sedangkan untuk nuansa yang lebih halus dan formal kalian bisa menggunakan hontou desuka.

Sebagai tambahan, walaupun ungkapan ini sering diucapkan, sebaiknya hindari untuk mengucapkannya secara berulang-ulang.

Contoh Kalimat

Untuk memudahkan kalian memahami makna dan penggunaan kata hontou dan ungkapan hontou ni di atas, mari kita simak beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Hontou

Ikken muzukashisou da ga, hontou wa yasashii.
Ano uwasa wa hontou da.
Kore wa hontou no kinu wo tsukatta doresu desu.
Kare koso hontou no eiyuu da.
Kore wa hontou no shinju desu. 
Hontou no koto wo iu to, watashi, ano hito ga amari suki dewa arimasen.
Ano hito wa buaisou desu ga, hontou wa shinsetsu desu.
Kare ni hontou no koto wo uchiakete goran nasai. Sou sureba kitto yurushite kureru to omoimasu.
Kare wa nanika to riyuu wo tsukete hontou no koto wo iou to shinai.
Kare wa uso to hontou wo kokimazete hanashita.
Kanojo no kotoba ga hontou ka dou ka handan ga tsukanai.
Kare no itta koto wa hontou kamoshirenai.
Kore ga hontou da to shinjiru beki juubun-na riyuu ga aru.
Hontou nara, kare ga ayamaru beki desu yo ne.
Hontou no koto wo itte kudasai.

Hontou ni

A : Oshigoto, isogashii ndesuka?
B : Ee, tamani hayaku kaeru koto mo aru ndesu ga, hotondo mai-ban shuuden desu.
A : Hontou ni isogashii ndesu ne.
Kore, hontou ni oishii ryouri deshita.
A : Tomo-kun wa umaku yaru yo, kitto!
B : Hontou ni shinpai da wa.
A : Raigetsu, kono biru ga kowasaremasu.
B : Hontou ni?
Hontou ni sou suru tsumori desuka?
Hontou ni subarashii ensou deshita.
Boku wa hontou ni kanojo no koto ga suki desu.
A : Kanojo to wakareru kamo.
B : Hontou ni?
Hontou ni oshii koto wo shita.
Dandan samuku natte kite hontou ni iya desu.
A : Kanojo, ni-gatsu ni shiken ni ochita ndatte.
B : Hontou ni?
Sore wa hontou ni yaku ni tatsu mono desu kara, zehi kau beki desu. 
Sore wa hontou ni subarashii iken desu yo.
Kare ga shiken ni ochita to wa hontou ni zan’nen da.
A : Chuuka-ryouri-ten ni mawaru teeburu ga arimasu ne. Doko no kuni no hito no hatsumei ka shitte imasuka?
B : Shirimasen. Doko no kuni no hito desuka?
A : Nihon-jin ni yotte hatsumei sareta ndesu.
B : Hontou desuka? Chuugoku-jin da to omoimashita.

Kesimpulan

Itulah penjelasan kata hontou dan ungkapan ekspresi hontou ni yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya, kedua kata ini digunakan untuk mengungkapkan sesuatu hal yang bersifat “benar-benar”, “sungguh”, “serius” atau sesuai dengan kenyataan. Semoga dengan penjelasan di atas dan dengan adanya contoh-contoh kalimat bisa mempermudah kalian untuk memahami penggunaan kata hontou dan ungkapan hontou ni.

Sampai di sini dulu penjelasan bahasa Jepang kali ini. Kepo Jepang akan selalu berusaha memberikan penjelasan serinci mungkin dan tentunya dengan kata-kata yang mudah kalian pahami. Jangan lupa berikan saran dan kritik kalian agar Kepo Jepang bisa semakin lebih baik. Pastikan juga untuk membaca artikel lain dan informasi-informasi terbaru seputar Jepang di Kepo Jepang.

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, yuk kita simak beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa artinya “hontou”?

A) “Hontou” dalam bahasa Indonesia bisa diartikan ke dalam beberapa kata tergantung konteks kalimatnya itu sendiri. Di antaranya adalah, benar-benar, sungguh, sangat, asli dan tulen.

Q) Apa artinya “hontou ni”?

A) “Hontou ni” bisa digunakan sebagai ungkapan respon atau pernyataan. Sebagai respon bisa diartikan benarkah? atau serius? Sedangkan sebagai pernyatan bisa diartikan benar-benar, betul-betul, atau sangat.

Q) Kapan ungkapan “hontou ni” digunakan?

A) “Hontou ni” biasa digunakan untuk merespon ketertarikan dan keseriusan kalian terhadap hal yang dibicarakan orang lain, memastikan kebenaran dan kenyataan dari apa yang dikatakan lawan bicara, serta mengungkapkan perasaan dan suasana terkejut atas apa yang dikatakan orang lain. Serta, digunakan ketika menceritakan dan mengungkapkan hal “serius” yang kalian alami, pikirkan atau rasakan sendiri.

Q) Apakah “hontou ni?” dan “hontou desuka?” maknanya sama?

A) Sebagai ungkapan ekspresi keduanya memiliki makna yang sama. Biasa digunakan ketika kita memastikan kebenaran atau kenyataan atas apa yang dibicarakan lawan bicara. Namun, “hontou ni” nuansanya lebih kasual dan non-formal, sedangkan “hontou desuka” lebih hormat dan sopan.

Jika kalian masih penasaran dengan pertanyaan lainnya seputar Jepang dan bahasa Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya!