Tanaka-san wa chuuryuu kaikyuu no hito desu.
Tanaka adalah orang dari kelas menengah.

Tanaka-san wa kurasu no naka de ichiban takai desu.
Tanaka paling tinggi di kelas.

Dua bahasa Jepang di atas memiliki arti yang sama, yaitu “kelas”. Tapi, dengan melihat arti kalimatnya, tentu kalian bisa membedakan kedua makna dari kosakata tersebut.

Artikel ini akan menjelaskan istilah-istilah bahasa Jepang yang digunakan untuk menunjukkan “kelas” sebagai tingkatan. Selain kaikyuu, masih ada beberapa kosakata lainnya yang menunjukkan “kelas” sebagai tingkatan, termasuk kata kurasu sendiri.

Untuk lebih jelasnya, langsung simak saja penjelasan lengkap di bawah ini yang disertai dengan contoh-contoh kalimat yang akan memudahkan kalian memahami makna setiap istilah yang akan diperkenalkan.

Penjelasan “Kaikyuu

Perhatikan kembali kalimat di atas. Kata “kelas” dalam kalimat kedua merujuk pada ruang kelas, atau tempat diadakannya kegiatan belajar-mengajar. Sedangkan “kelas” pada kalimat pertama merujuk pada tingkatan sosial.

Dalam bahasa Indonesia, kata “kelas” memiliki berbagai macam makna. Selain sebagai ruang yang digunakan untuk belajar, yang dalam bahasa Jepang disebut kyoushitsu, “kelas” dalam bahasa Indonesia juga bermakna tingkatan, golongan, dan sekumpulan orang, yang dalam bahasa Jepang bisa disebut dengan istilah kaikyuu.

Dalam kamus bahasa Jepang digital Daijiten, kaikyuu dijelaskan sebagai berikut :

  1. Tingkat atas dan bawah, seperti posisi atau status sosial dalam masyarakat. Pangkat.
  2. Kelompok sosial yang memiliki perbedaan kepentingan dan dibentuk oleh status sosial, pekerjaan, latar belakang pendidikan, harta benda, dan lain-lain. Misalnya, roudousha kaikyuu (kelas pekerja), shihonka kaikyuu (kelas kapitalis), dan sebagainya.
  3. Susunan, tingkatan yang diklasifikasikan menurut kriteria tertentu.
  4. Klasifikasi kelompok dalam olahraga, seperti taijuubetsu kaikyuu (kelas berat).

Dapat disimpulkan bahwa penggunaan kata kaikyuu lebih merujuk pada individu atau kelompok orang yang diklasifikasikan berdasarkan kriteria tertentu.

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk “Kelas (Tingkatan)”

Seperti sebagian besar kosakata Jepang yang bisa diungkapkan dengan beberapa istilah, “kelas” yang menunjukkan tingkatan pun bisa diungkapkan dengan kosakata selain kaikyuu, di antaranya adalah sebagai berikut.

Toukyuu 

Sama halnya dengan kakikyuu, toukyuu juga digunakan untuk menunjukkan tingkatan, peringkat, jabatan, pangkat atas-bawah atau superioritas dalam sebuah kelompok. Biasanya juga digunakan untuk menunjukkan tingkatan kualitas suatu hal.

Kyuu 

Kanji kyuu seperti pada kata kaikyuu ini, jika berdiri sendiri diartikan kelas, level, rangking, dan tingkatan. Secara umum, kyuu lebih banyak digunakan sebagai akhiran yang disandingkan dengan kanji lain sehingga membentuk kata baru. Berikut beberapa kata yang memiliki makna “kelas” tertentu yang menggunakan kata kyuu.

  • Koukyuu : kelas atas
  • Kakyuu : kelas rendah
  • Saikoukyuu : kelas teratas (top class)
  • Doukyuu : sejajar (kelas yang sama)
  • dan sebagainya.

Kurasu

Kurasu diambil dari bahasa Inggris “class”. Seperti pada contoh kalimat di atas, kurasu bisa digunakan untuk menunjukkan ruang kelas tempat belajar (singkatan dari kurasuruumu) dan bisa juga digunakan untuk menunjukkan kelas sebagai tingkatan, seperti pada kata hai kurasu (high class, kelas tinggi/atas)

Sebelum memahami penggunaan istilah-istilah di atas, yuk kita ingat kembali penjelasan kata kaikyuu!

Apa bahasa Jepangnya “kelas”

Kelas dalam bahasa Jepang bisa diartikan “kaikyuu”, yang merujuk pada kelas atau tingkatan status individu maupun kelompok.

Lalu, apa perbedaan “kaikyuu (kelas)” dan “kyoushitsu (kelas)”?

Keduanya secara umum diartikan “kelas”. Tapi, “kaikyuu” merujuk pada kelas atau tingkatan status dalam kelompok, sedangkan “kyoushitsu” berarti “kelas” yang merujuk pada ruangan yang digunakan untuk belajar.

Contoh Kalimat

Berikut contoh-contoh kalimat yang menggunakan istilah-istilah bahasa Jepang yang sudah dijelaskan di atas.

Kaikyuu

Kare to watashi de wa kaikyuu ga chigaimasu.
Kare no otousan wa saikou kaikyuu no keisatsukan desu.
Ano hito wa jouryuu kaikyuu da.
Watashi no hou ga kare yori kaikyuu ga ue desu.
Kakumei wa jouryuu kaikyuu no botsuraku wo hikiokoshita.
Mukashi wa, jouryuu kaikyuu wa noumin wo yoku sakushu shita.
Kuruma wa imaya subete no kaikyuu no hitobito no koutsuu shudan to natta.
Kare wa kaikyuu sabetsu no haishi wo shuchou shita.
Koko ni sunde iru hitotachi wa jouryuu kaikyuu ni zoku suru.
Roudou kaikyuu no shokugyou wa kougyou roudou to douyou ni shukougyou wo fukumu.
Kore wa kaikyuu sabetsu no nai shakai no shuusanshugi wo shuchou suru seiji riron de aru.
Nenrei kaikyuu-betsu no tenshoku-sha wariai no suii wo miru to, kaku nenrei kaikyuu tomoni, oomune tenshoku-sha wariai wa joushou keikou ni aru.

Toukyuu

Itsutsu no toukyuu ni wakeru.
Toukyuu de ieba derakkusu-kyuu no hoteru de atta.
Kore wa A-toukyuu no niku desu.
Kono jugyou wa shoshinsha no hairu saisho no toukyuu desu. 
Toukyou no sono atarashii hoteru wa itsutsu hoshi no toukyuu ni natta.
Toukyuu ni yorite gekkyuu onaji karazu.

Kyuu

Koukyuu-sha wa chii no shouchou de aru.
Kare no sofu wa koukyuu gunjin datta.
Kanojo wa saikoukyuu no mono shika konomanai.
Kanojo wa itsumo koukyuu-hin ni kakomarete iru.
Watashi wa konna koukyuu resutoran de shokuji wo suru yoyuu wa nai.

Kurasu 

Watashi tachi wa haikurasu-na resutoran ni itta. (high-class)
Kare wa waruudo kurasu no haiyuu da.
Kore wa A-kurasu no hoteru desu.
Supootsu senshu no regyuraa kurasu.
Kakusha no kanbu kurasu ga riyou suru ryoutei.

Kesimpulan

Itulah penjelasan beberapa istilah dalam bahasa Jepang yang bisa digunakan untuk menunjukkan “kelas” tingkatan. Dapat disimpulkan bahwa istilah-istilah di atas merujuk pada “kelas” sebagai tingkatan, jabatan, pangkat, kelompok, atau golongan.

Sebagai tambahan, penggunaan kata kurasu yang diambil dari bahasa Inggris bisa digunakan untuk kelas “tingkatan” maupun “kelas” untuk belajar. Dengan membaca contoh-contoh kalimat di atas dengan teliti, kalian akan bisa dengan mudah memahami kapan harus menggunakan istilah-istilah tersebut dengan tepat.

Sampai di sini dulu penjelasan bahasa Jepang kali ini. Semoga penjelasan di atas bisa kalian pahami dengan mudah dan tentunya membantu meningkatkan kemampuan bahasa Jepang kalian. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yang membahas penggunaan tatabahasa dan partikel dalam kalimat bahasa Jepang juga ya. Ikuti terus informasi seputar bahasa Jepang dan Jejepangan lainnya, hanya di Kepo Jepang!