Suki-na kamoku wa nan desuka?
Apa mata pelajaran kesukaanmu?

Kamoku adalah istilah bahasa Jepang untuk menyebutkan “mata pelajaran”. Namun, selain kamoku kalian juga bisa menggunakan istilah kyouka.

Melalui artikel ini, Kepo Jepang akan menjelaskan arti dan makna kedua istilah ini. Kalian juga bisa lebih memahaminya melalui contoh-contoh kalimat yang diberikan di akhir artikel. Untuk lebih jelasnya, langsung simak saja penjelasan di bawah ini.

Penjelasan “Kamoku

Kamoku (mata pelajaran) dijelaskan secara rinci sebagai pengetahuan dan keterampilan yang harus dipelajari anak-anak melalui kelas di sekolah atau lembaga pendidikan lainnya. 

Dalam sistem sekolah di Jepang, ada 2 istilah yang digunakan untuk “mata pelajaran”, yaitu kamoku dan kyouka. Lalu apakah perbedaan dari keduanya? Secara harfiah, kyouka adalah mata pelajaran umum yang cakupannya lebih luas dibandingkan kamoku. Yang termasuk ke dalam golongan kyouka adalah Bahasa Nasional, Perhitungan, IPA, IPS dan Olahraga. Ini adalah mata pelajaran yang umum diberikan sampai tingkatan SMP.

Sedangkan kamoku, cakupannya lebih sempit dibandingkan kyouka. Dengan kata lain, kamoku adalah bagian dari kyouka. Sebagai contoh, kamoku dari IPA adalah Kimia, Fisika dan Biologi. Oleh karena itu, istilah kamoku umumnya digunakan dari mulai SMA ke atas. Akan tetapi, untuk beberapa kamoku seperti sejarah Jepang, sejarah dunia dan bahasa Inggris sudah dimasukkan sejak SMP.

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahaminya, mari kita lihat penggunaan kata kamoku pada contoh-contoh kalimat di bawah ini.

Eigo wa watashi no daisuki na kamoku da.
Kobun wa Yamada-san no ichiban futokui-na kamoku desu.
Kanojo wa zen-kamoku de A wo totta.
Kon-gakki wa san-kamoku rakudaiten wo totta.
Eigo wa juken kamoku toshite juuyoushi sarete iru.
Shin-nen’do no kamoku touroku wa shi-gatsu youka kara hajimaru.
Eigo wa chuugaku to koukou de wa ichiban juuyou-na kamoku no hitotsu desu.
Ashita made ni rishuu suru kamoku no touroku wo shinakereba narimasen.
Watashi tachi no koukou de wa, furansu-go ga sentaku kamoku desu.
Butsurigaku wa ichiban muzukashii kamoku da to omotte iru.
Tanaka-kun wa senkou kamoku toshite, sekai-shi wo erabimashita.
Watashi tachi wa koukou de ooku no kamoku wo benkyou shita.

Kesimpulan

Bagaimana penjelasan kosakata kamoku (mata pelajaran) di atas? Apakah bisa kalian pahami dengan mudah? Jadi, sekarang kalian sudah tahu kan, kalau kamoku adalah istilah yang digunakan untuk mata pelajaran yang lebih spesifik dan cakupannya lebih sempit, seperti Fisika, Biologi, Geografi dan sebagainya. 

Sampai di sini dulu ya pembahasan bahasa Jepang kali ini. Jangan lupa untuk terus berlatih agar semakin lancar bahasa Jepangnya dan ikuti terus informasi seputar bahasa Jepang dan Jejepangan lainnya, hanya di Kepo Jepang!

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa bahasa Jepangnya “mata pelajaran”?

A) “Mata pelajaran” dalam bahasa Jepang bisa disebut 科目 (kamoku) atau 教科 (kyouka).

Q) Apa artinya 科目 (kamoku)?

A) 科目 (kamoku) artinya “mata pelajaran”.

Q) Apa perbedaan 科目 (kamoku) dan 教科 (kyouka)?

A) 教科 (kyouka) adalah mata pelajaran umum yang cakupannya lebih luas dibandingkan kamoku. Yang termasuk ke dalam golongan kyouka adalah Bahasa Nasional, Perhitungan, IPA, IPS dan Olahraga. Ini adalah mata pelajaran yang umum diberikan sampai tingkatan SMP. Sedangkan 科目 (kamoku) cakupannya lebih sempit dibandingkan kyouka. Dengan kata lain, kamoku adalah bagian dari kyouka. Sebagai contoh, kamoku dari IPA adalah Kimia, Fisika dan Biologi. Oleh karena itu, istilah kamoku umumnya digunakan dari mulai SMA ke atas.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan informasi lain tentang Jepang, jangan lupa baca halaman ini ya!