Sebelumnya Kepo Jepang pernah membahas bagaimana cara mengungkapkan rindu kepada seseorang, yaitu aitai. Kali ini yang akan dibahas adalah kosakata “rindu” itu sendiri atau dalam bahasa Indonesia disebut juga “kangen”. Yuk, langsung simak saja penjelasannya di bawah ini.

Penjelasan “Koishii

Koishii (kangen, rindu) dijelaskan sebagai kata yang digunakan untuk mengungkapkan kerinduan kalian terhadap seseorang, tempat, kenangan, situasi atau hal-hal yang sudah lama terpisah dari kalian, seperti kampung halaman, teman masa kecil dan sebagainya. Dan bisa dikatakan orang, tempat, dan hal-hal tersebut sangatlah kalian sukai. Di dalamnya ada ungkapan makna dan perasaan bahwa kita ingin bersatu kembali dengan orang yang dirindukan atau merasakan kembali hal yang kita rindukan tersebut.

Koishii termasuk ke dalam golongan kata sifat 1 atau disebut juga “i-keiyoushi” atau kata sifat berakhiran -i. Jika diubah ke dalam kata kerja maka koishii berubah menjadi koishigaru (merindukan). Dan, apabila dihadapkan dengan kata kerja maka koishii berubah menjadi koishiku + kata kerja.

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahaminya, mari kita lihat penggunaan kata koishii pada contoh-contoh kalimat di bawah ini.

Nihon ni kaette kara, Indonesia no tabemono ga koishiku natte kimashita.
Indonesia no nasi goreng koishii.
Watashi wa koukou no koro ga koishii desu.
Wakareta hito ga koishii.
Samuku naru to kotatsu ga koishii.
Kinou atta bakari nanoni, kare no koto ga koishikute shikataga nai.
Kareshi ga totemo koishii.
Okaa-san wa ryuugaku shiteiru imouto wo koishigatteiru.
Yamada-san wa korehodo made ni hito ga koishii to iu koto wo ima made keiken shita koto wa nakatta to iimashita.
Shoka no bowattoshita nekki no naka no ame ga koishii desu.
Okaa-san no teryouri ga koishii desu.

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat tentang kosakata koishii yang termasuk ke dalam kata sifat golongan 1. Bisa digunakan ketika kalian rindu atau kangen kepada seseorang, situasi ataupun tempat tertentu. Kalian juga bisa mempelajari bagaimana mengungkapkan perasaan kangen kalian dengan membaca artikel aitai.

Semoga penjelasan di atas bisa dimengerti dengan mudah ya. Jangan lupa untuk terus berlatih agar semakin lancar bahasa Jepangnya dan ikuti terus informasi seputar bahasa Jepang dan Jejepangan lainnya, hanya di Kepo Jepang!