Artikel kali ini akan membahas kosakata mizu. Apa arti dari mizu? Yuk, langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penjelasan “Mizu

Mizu adalah bahasa Jepang untuk air. Digunakan secara umum untuk menyebutkan air apapun, baik air yang mengalir (untuk mandi, mencuci, dan sebagainya) atau air yang diminum. Huruf kanji mizu yang digunakan saat ini merupakan shoukeimoji, yaitu karakter kanji yang lahir berdasarkan gambaran atau bentuk benda aslinya. Kanji mizu sendiri lahir dari gambaran keadaan air yang mengalir di sungai (lihat gambar di bawah). 

sumber gambar

Mizu merupakan cara baca Jepang (kunyomi), sedangkan cara baca Chinanya (onyomi) adalah sui. Cara baca ini biasanya digunakan untuk menyusun kanji mizu dengan kanji lain sehingga membentuk kosakata baru seperti suidou (aliran air), suibun (kelembapan, kada air), dan sebagainya.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mizu digunakan untuk menunjukkan air yang mengalir maupun air yang kita minum. Namun, untuk air yang kita minum, biasanya mizu lebih sering digunakan ketika menunjukkan air dingin, dan biasanya menggunakan awalan o untuk memperhalus menjadi omizu. Selain omizu, kalian juga bisa menggunakan kata ohiya untuk air dingin. Sedangkan untuk air panas dalam bahasa Jepang digunakan istilah oyu.

Contoh Kalimat

Berikut contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata mizu.

Kono mae kamera wo mizu no naka ni otoshite shimaimashita.
Basuketsu ni mizu wo irete kudasai.
Kono mizuumi wa mizu ga kirei de, toumei-na garasu no you desu.
Sono damu wa kawa no nagare wo koko de seki tomete, mizu wo tameru tame ni tsukurareta.
Jibun no kao ga mizu ni utsutte iru no ga mieta.
Watashi-tachi wa hijouji ni sonaete mizu to kan’pan wo oite imasu.
Sore wa osen sareta mizu ni yotte okoru byouki de aru.
Kawa no mizu wa suishou no you ni suki tootte ita.
Hana ni mizu wo yaru no wo wasurete karashite shimatta. 
Shuu ni ichido mizu wo torikaete kudasai.
Kono ido wa mizu ga kareru koto wa nai.
Mizu wa wareware no nichijou seikatsu ni kakasenai.

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat kosakata mizu yang termasuk ke dalam golongan kata benda (meishi). Jadi, mizu digunakan untuk menunjukkan air secara umum, baik air yang mengalir (digunakan untuk mandi, masak, mencuci, dan sebagainya), maupun air yang diminum.

Bagaimana penjelasannya? Semoga mudah dipahami ya. Jangan lupa buat contoh kalimat versi kalian agar kosakatanya mudah untuk diingat. Semangat terus belajar bahasa Jepangnya dan terus ikuti info-info bahasa Jepang di blog Kepo Jepang ya!