Sebelumnya Kepo Jepang pernah membahas aisatsu (ungkapan salam) sumimasen (mohon maaf) yang juga bisa diartikan “permisi”, misalnya ketika kalian mencoba menanyakan suatu hal kepada orang lain. Kali ini akan dibahas ungkapan aisatsu lain yang digunakan untuk menyatakan “permisi” yaitu shitsurei shimasu. Apa itu shitsurei shimasu? Yuk, langsung simak saja penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penjelasan “Shitsurei shimasu

Secara harfiah shitsurei shimasu berarti “saya melakukan hal yang tidak sopan” atau “saya bersikap kasar”. Pada dasarnya shitsurei shimasu berarti “permisi” dengan kandungan makna “memohon maaf” karena sudah mengganggu, istilah ini digunakan dalam situasi yang jauh lebih formal dan resmi dibandingkan sumimasen. Shitsurei shimasu umumnya digunakan saat :

(1) Ketika ingin memanggil pelayan di sebuah restoran
(2) Saat mendekati orang asing untuk menanyakan arah
(3) Saat memasuki kantor klien

Jika dilihat berdasarkan arti literalnya, ungkapan ini menunjukkan permohonan maaf karena sudah mengganggu atau telah menggunakan waktu mereka yang berharga. Karena berkesan resmi dan kaku, hindari untuk menggunakannya saat bersama keluarga atau teman terdekat kalian.

Ungkapan yang jauh lebih formalnya adalah shitsurei itashimasu yang banyak digunakan dalam dunia bisnis. Paling sering digunakan saat berbicara dengan orang yang dalam status sosial posisinya ada di atas kita, seperti atasan atau tamu yang sangat penting yang mungkin mengunjungi perusahaan tempat kalian bekerja. Umum digunakan juga dalam email, saat menelepon klien dan rekan kerja, atau ketika wawancara kerja. Shitsurei shimasu dan shitsurei itashimasu memang memiliki arti yang sama yaitu “permisi”, tapi pastikan kalian menggunakannya dalam situasi yang tepat. Shitsurei shimasu untuk keadaan yang lebih kasual dan shitsurei itashimasu untuk suasana yang jauh lebih resmi dan sopan.

Sebagai tambahan, ada juga ungkapan shitsurei shimashita atau shitsurei itashimashita yang umumnya digunakan untuk meminta maaf terhadap lawan bicara. Jangan sampai tertukar dalam penggunaanya.

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk “Permisi”

Selain shitsurei shimasu / shitsurei itashimasu dan sumimasen ada istilah bahasa Jepang lain yang bisa digunakan untuk mengungkapkan “permisi”, yaitu :

Chotto

Chotto digunakan sebagai cara sederhana untuk membuat orang lain memperhatikan bahwa kalian ingin berbicara dengannya tentang sesuatu. Yang menarik dari kata ini adalah, intonasi saat mengucapkannya akan memberikan makna yang berbeda. Intonasi yang agak keras namun sopan bermakna “permisi”, sedangkan intonasi turun bisa bermakna penolakan atas ajakan seseorang. Chotto yang bermakna “permisi” bisa kalian gunakan misalnya saat mencoba mendapatkan bantuan dari karyawan toko. Pastikan kalian mengucapkannya dalam intonasi yang baik dan sopan, tetapi cukup keras sehingga kalian dapat memastikan bahwa orang lain mendengarnya dan berbalik arah.

Ojama shimasu

Kata “permisi” yang sering kali digunakan ketika memasuki ruangan dan “mengganggu” seseorang. Bisa dipakai ketika kalian berkunjung ke rumah teman atau memasuki kamar pribadi mereka. “Jama” berarti gangguan dan awalan “o” dan akhiran “shimasu” menunjukan bentuk sopan sehingga membentuk arti “maafkan saya karena mengganggu Anda”.

Ketika kalian meninggalkan rumah teman, ada banyak cara untuk mengucapkan selamat tinggal, tetapi salah satu pilihan yang bisa kalian gunakan adalah ojama shimashita yang merupakan ungkapan yang sama seperti di atas, tetapi dikonjugasikan ke dalam bentuk lampau, dengan kata lain bisa diartikan “permisi dan maafkan saya karena sudah mengganggu Anda”.

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahaminya, mari kita lihat penggunaan kata shitsurei shimasu dan shitsurei itashimasu pada contoh-contoh kalimat di bawah ini.

Osaki ni shitsurei shimasu.
Sore de wa soro soro shitsurei shimasu.
Mou osoi kara shitsurei shimasu.
Asa hayaku ni shitsurei itashimasu. Shukkin mae ni otsutae subeki koto ga aru node denwa sasete itadakimashita. 
Shitsurei itashimasu ga, orinpikku no ankeeto ni go kyouryoku itadakemasudeshou ka.
Shitsurei itashimasu. Mensetsu ni ukagaimashita Tanaka desu. Yoroshiku onegai itashimasu.
Shitsurei shimasu ga, Kabukichou e no ikikata o oshiete itadakenaideshou ka.
O torikomi no tokoro shitsurei itashimasu.
Kono hen de shitsurei itashimasu.
Totsuzen no meeru de shitsurei shimasu. Watashi, kabushikigaisha Mitsui no Yamada to moushimasu.
Oishogashii tokoro shitsurei shimasu.

Kesimpulan

Shitsurei shimasu dan shitsurei itashimasu adalah bentu ungkapan salam yang digunakan dalam nuansa formal, sopan dan resmi. Budaya Jepang dikenal sangat sopan, salah satunya adalah ketika berhadapan dengan lawan bicara. Dan ungkapan shitsurei shimasu bisa dikatakan sebagai ungkapan yang memiliki arti yang sama dengan sumimasen, tetapi nuansanya jauh lebih sopan dari sumimasen. 

Semoga ungkapan dan penjelasan yang diberikan melalui artikel ini mudah dipelajari dan dipahami, serta bisa kalian gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk terus berlatih agar semakin lancar bahasa Jepangnya dan ikuti terus informasi seputar bahasa Jepang dan Jejepangan lainnya, hanya di Kepo Jepang!