Toshokan wa doko desuka?
Perpustakaan ada di mana?

Toshokan adalah istilah bahasa Jepang untuk “perpustakaan”. Namun, selain toshokan kalian juga bisa menggunakan kata toshoshitsu. Lalu apakah perbedaan kedua istilah ini?

Melalui artikel ini, Kepo Jepang akan menjelaskan arti, makna, dan perbedaan kedua istilah ini dan bagaimana penggunaannya dalam kalimat bahasa Jepang.

Untuk lebih jelasnya, langsung simak saja penjelasan di bawah ini.

Penjelasan “Toshokan” dan “Toshoshitsu

Secara sederhana baik toshokan maupun toshoshitsu adalah istilah bahasa Jepang yang bisa kalian gunakan untuk menyebutkan “perpustakaan”. Namun, ada sedikit nuansa makna yang berbeda di antara keduanya.

Arti dan Makna “Toshokan

Kata toshokan terdiri dari 2 kata, yaitu tosho (buku) dan kan (bangunan, rumah, aula). Dengan melihat makna ini saja dapat disimpulkan bahwa toshokan menunjukkan sebuah bangunan tempat buku-buku berada.

Dalam kamus bahasa Jepang, toshokan dideskripsikan sebagai sebuah fasilitas untuk mengumpulkan, mengatur, menyimpan dan menggunakan buku, catatan dan bahan lain yang diperlukan untuk masyarakat umum untuk berkontribusi pada pendidikan, penelitian dan rekreasi.

Unsur-unsur yang membuat sebuah tempat bisa dikatakan toshokan adalah adanya :

  • Tempat, bangunan, buku, dokumen, dan catatan lainnya
  • pengguna
  • dan petugas perpustakaan yang menghubungkan 2 unsur di atas, serta terlibat dalam kegiatan untuk mewujudkan fungsi perpustakaan.

Arti dan Makna “Toshoshitsu

Toshoshitsu secara sederhana diartikan ruangan tempat menyimpan buku. Toshokan dan toshoshitsu hanya dibedakan oleh kan (bangunan, aula, rumah) dan shitsu (ruangan). Berdasarkan pengertian ini, bisa kita ketahui bahwa skala toshoshitsu jauh lebih kecil dibandingkan toshokan.

Di Jepang sendiri, toshoshitsu biasanya digunakan untuk menyebutkan perpustakaan-perpustakaan kecil yang ada di salah satu ruangan yang terdapat di sekolah, perusahaan, atau kantor pemerintah. Namun, untuk perpustakaan sekolah pada umumnya disebut gakkou toshokan (perpustakaan sekolah).

Perbedaan “Toshokan” dan “Toshoshitsu

Seperti yang disebutkan di atas, dengan melihat makna dari kedua istilah di atas sendiri bisa kita katakan salah satu perbedaan dari toshokan dan toshoshitsu adalah ukuran atau skala dari tempat yang digunakan untuk menyimpan buku.

Toshoshitsu umumnya merujuk pada ruangan tertentu di sebuah bangunan yang digunakan sebagai perpustakaan. Sedangkan, toshokan biasanya menunjukkan bangunan khusus di mana fungsi perpustakaan dijalankan.

Selain itu, dikarenakan bangunan yang lebih besar toshokan umumnya menyediakan fasilitas yang beragam. Bukan hanya buku saja, tetapi disediakan juga ruangan audiovisual, ruang baca khusus, dan tempat lain dengan berbagai fungsi. Di sisi lain, toshoshitsu memberikan kesan hanya sebagai tempat membaca buku yang disediakan di ruangan tersebut.

Hal terakhir yang paling membedakan toshokan dan toshoshitsu adalah, toshokan umumnya ada orang (pustakawan) yang mengelola perpustakaan tersebut secara eksklusif. Sedangkan toshoshitsu benar-benar menggambarkan sebuah ruangan berisi buku dan bisa digunakan untuk membaca.

Contoh Percakapan Bahasa Jepang di Perpustakaan

Teman-teman yang sedang belajar bahasa Jepang pasti ingin tahu kan ungkapan apa saja yang perlu kita ucapkan ketika ingin meminjam buku di perpustakaan dalam bahasa Jepang?

Nah, Kepo Jepang sudah pernah membuat artikel contoh kaiwa di perpustakaan loh. Kalau mau tahu seperti apa, langsung klik link di bawah ini ya!

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahami penggunaan istilah di atas, coba perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Toshokan

Toshokan de inshoku wo shite wa ikemasen.
A : Toshokan wa nan-ji kara nan-ji made desuka?
B : Asa ku-ji kara yuugata go-jihan made desu.
A : Repooto, mou dekita?
B : Uun, mada. Jugyou owattara, toshokan de yarou to omou.
Kadai wo kaku tame, toshokan de hon wo nan-satsu ka karita.
Kono toshokan ni wa shoseki, chizu, shashin, shinbun ga osamerarete iru.
Kono chikaku ni toshokan wa arimasuka?
Shiyakusho no chikaku ni atarashii toshokan ga dekiru yotei desu.
Watashi-tachi no machi ni wa koukyou toshokan ga arimasen. 
Houkago ni wa yoku toshokan ni ikimasu.
Ichibu no hitobito wa, toshokan wo benkyou no basho toshite shiyou shite imasu.
Gakkou ni iku tochuu de, toshokan ni yoru.
Ano toshokan wa getsu-youbi to dai san kin-youbi wa heikan desu.
Toshokan ni yotte hon wo kaeshite, sorekara baito ni iku. 

Toshoshitsu

Toshoshitsu wa shizuka de ochitsuite ite, ki wo chirasu mono ga arimasen.
A : Itsumo doko de benkyou wo shite imasuka?
B : Toshoshitsu desu.
Kono kaisha no toshoshitsu wa san-gai ni arimasu.
Toshoshitsu de wa shaberu na!
Kanojo wa toshoshitsu ni iru yo.
Kono toshoshitsu ni wa eigo no hon ga takusan arimasu.

Kesimpulan

Itulah penjelasan dua kosakata bahasa Jepang toshokan dan toshoshitsu yang sama-sama berarti “perpustakaan”. Kedua istilah ini pada intinya memiliki fungsi yang sama, tetapi umumnya toshokan dideskripsikan sebagai tempat yang lebih luas dan memiliki banyak fungsi, sedangkan toshoshitsu umumnya digambarkan sebagai sebuah ruangan dalam bangunan yang digunakan sebagai perpustakaan. 

Sampai di sini dulu penjelasan bahasa Jepang kali ini. Semoga penjelasan kosakata bahasa Jepang di atas mudah dimengerti, dipahami, dan bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar bahasa Jepang. Jangan lupa simak terus informasi bahasa Jepang dan berita seputar Jepang di web maupun sosial media Kepo Jepang.

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa bahasa Jepangnya “perpustakaan”?

A) Perpustakaan dalam bahasa Jepang bisa disebut 図書館 (toshokan) atau 図書室 (toshoshitsu).

Q) Apa artinya 図書館 (toshokan)?

A) 図書館 (toshokan) artinya perpustakaan.

Q) Apa perbedaan 図書館 (toshokan) dan 図書室 (toshoshitsu)?

A) 図書館 (toshokan) biasanya menunjukkan bangunan khusus di mana fungsi perpustakaan dijalankan, dan ada orang (pustakawan) yang mengelola perpustakaan tersebut secara eksklusif. Sedangkan 図書室 (toshoshitsu) merujuk pada ruangan tertentu di sebuah bangunan yang digunakan sebagai perpustakaan.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan informasi lain tentang Jepang, jangan lupa baca halaman ini ya!