Tanjoubi omedetou!

Ungkapan di atas adalah ungkapan selamat yang digunakan ketika ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang. Omedetou secara harfiah berarti “selamat”. Namun, tidak hanya itu saja, di dalamnya mengandung makna yang lebih dalam.

Artikel ini akan membahas asal mula kata omedetou sebagai ungkapan selamat, penjelasan makna yang lebih dalam dan contoh-contoh ungkapan selamat yang sering digunakan orang Jepang.

Untuk lebih memahami penggunaan kata omedetou ini, yuk langsung simak saja penjelasan di bawah ini.

Penjelasan “Omedetou

Seperti yang kalian ketahui, omedetou digunakan ketika kalian ingin mengucapkan “selamat” atas kebahagiaan yang sedang dirasakan oleh seseorang atau bahkan diri kalian sendiri dalam berbagai macam kesempatan. Lalu, apakah makna omedetou itu sendiri?

Etimologi omedetou berasal dari kata medeitashi yang mengalami perubahan bentuk kata (konjugasi; katsuyou-kei) menjadi medetai (menyenangkan, menggembirakan).

Adapun medeitashi berasal dari kata mederu (mencintai, mengagumi, memuji) dan itashi (kesan sangat, dahsyat, besar sekali yang dirasakan). Sehingga medeitashi sendiri memiliki makna “perasaan emosional yang penuh cinta atau rasa kagum terhadap orang lain” atau secara sederhana bisa diartikan “perasaan yang menyenangkan atau menggembirakan”.

Dengan kata lain, kata omedetou lahir dari kata yang mengandung makna rasa kagum atas kebahagiaan melihat orang lain dalam kegembiraan. Penggunaan “o” di depan adalah awalan bentuk sopan. Selain itu, untuk menambah kesopanan dan formalitas, kalian bisa menambahkan gozaimasu di belakangnya menjadi omedetou gozaimasu.

Sebagai tambahan, omedetou adalah “selamat” yang berupa doa atau ucapan yang disampaikan kepada orang lain. Dalam bahasa Indonesia kata “selamat” juga memiliki makna “aman” atau “terbebas dari bahaya dan bencana”. Untuk bahasa Jepang “selamat” makna kedua akan dibahas di artikel lainnya.

Contoh Kalimat

Berikut beberapa contoh kalimat yang menggunakan kosakata omedetou.

Ben’ron-taikai de yuushou sarete omedetou gozaimasu.
Karera wa senpai ni shoushin omedetou to itta.
Shiken ni goukaku shite, omedetou.
Watashi wa karera ni, musume-san no otanjou omedetou to itta. 
Akemashite omedetou gozaimasu.
Nyuugaku shiken ni goukaku shita sou desu ne. Omedetou!
Chotto osoi kedo tanjoubi omedetou!
Sotsugyou omedetou! Kongo no katsuyaku wo inotte iru yo.
Kaigyou omedetou gozaimasu.
Tenshoku omedetou! Suteki-na mirai ga otozuremasu you ni!

Kesimpulan

Demikian penjelasan kata omedetou yang digunakan untuk mengucapkan “selamat” atas kebahagiaan yang sedang dirasakan oleh seseorang atau event-event penting seperti tahun baru. Kalian bisa hanya menggunakan omedetou saja, tetapi jika orang yang bersangkutan adalah atasan atau yang lebih senior dari kalian sebaiknya menggunakan omedetou gozaimasu

Sampai di sini dulu penjelasan kosakata bahasa Jepang kali ini. Semoga mudah dipahami dan selalu bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa mencoba membuat contoh kalimat sendiri untuk memperlancar bahasa Jepang kalian. Dan tentunya ikuti terus informasi bahasa Jepang dan seputar Jepang lainnya di Kepo Jepang!

Sebelum mempelajari kosakata lainnya, yuk terlebih dahulu perhatikan beberapa hal di bawah ini!

Ungkapan apa yang digunakan ketika ingin mengucapkan “selamat” dalam bahasa Jepang?

Kalian bisa menggunakan kata “omedetou” yang bisa diucapkan kepada teman sebaya atau orang-orang yang sudah dekat dengan kalian. Atau “omedetou gozaimasu” yang lebih formal dan sopan jika orang yang bersangkutan adalah atasan, guru atau senior kalian.

Apakah “omedetou” ditulis dengan kanji?

“Omedetou” memiliki huruf kanji tersendiri, tetapi dalam penggunaannya saat ini lebih banyak menggunakan huruf hiragana, penggunaan kanjinya sudah sangat jarang ditemukan.

“Omedetou” digunakan untuk ucapan selamat apa saja?

“Omedetou” bisa kalian gunakan untuk mengucapkan “selamat” atas kebahagiaan yang dirasakan orang lain atau yang dirasakan bersama, seperti kelahiran, pernikahan, promosi jabatan, tahun baru, kelulusan, dan momen-momen bahagia lainnya.

Apakah di Jepang umum memberikan hadiah sebagai ucapan selamat?

Memberi hadiah untuk mengucapkan selamat adalah kebiasaan yang umum dilakukan di Jepang, terutama pada saat peristiwa pernikahan, tahun baru, kelahiran atau natal. Selain hadiah barang, orang Jepang juga terbiasa mengirimkan kartu ucapan selamat pada saat ulang tahun, pernikahan atau tahun baru.

Untuk kalian yang ingin memperbanyak perbendaharaan kata bahasa Jepangnya, jangan lupa untuk membaca kosakata lainnya yang ada di Kepo Jepang ya!