Kata shokudou umumnya identik dengan kantin-kantin yang ada di sekolah. Tapi sebenarnya penggunaan kata shokudou itu jauh lebih luas loh.

Artikel ini akan membahas lebih lengkap tentang makna dan penggunaan kata shokudou, disertai beberapa contoh kalimat yang akan mempermudah kalian dalam memahami penggunaan kata shokudou.

Untuk lebih jelasnya, yuk langsung simak saja penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penjelasan “Shokudou

Jika dilihat dari penulisan kanjinya, shokudou terdiri dari kanji shoku (taberu : makan) dan dou (aula, ruang publik). Jadi, secara harfiah shokudou bisa diartikan aula atau ruangan publik yang digunakan untuk makan. Dalam kamus digital bahasa Jepang Daijiten, kata shokudou dijelaskan sebagai berikut :

  1. Ruangan yang disediakan untuk makan. Dining room.
  2. Toko atau warung yang menyajikan berbagai jenis hidangan di mana pengunjung bisa makan. Biasanya mengacu ke tempat makan yang mudah untuk diakses.

Shokudou ini biasanya merujuk pada ruang tempat makan yang ada di hotel, kantor, pabrik, atau sekolah, dan sering kali terdapat juga di beberapa kapal laut dan kereta api.

Sebagai tambahan, pada zaman dahulu, kata shokudou digunakan khusus untuk “kantin” yang digunakan para biksu di Kuil Buddha kuno. Dan tentu saja, seiring berjalannya waktu, penggunaan kata shokudou ini semakin luas. Shokudou juga biasanya merujuk pada ruang makan di rumah-rumah (khususnya rumah Jepang), di mana ruang dapur, ruang makan dan ruang tamu ada di ruangan yang terpisah. Namun, saat ini kata daininggu (dining) lebih banyak digunakan untuk ruang makan yang ada di rumah-rumah.

Di Jepang, sistem gakusei shokudou (kantin sekolah) cukup terkenal loh. Shokudou ini disediakan di setiap jenjang sekolah mulai dari SD sampai universitas. Terkadang penyebutannya disingkat menjadi gakushoku.

Sebelum mempelajari contoh-contoh kalimat, yuk ingat kembali penjelasan yang sudah disampaikan di atas!

Apa arti dari kata “shokudou”?

Shokudou artinya kantin. Secara jelas, diartikan sebagai aula atau ruang tempat makan.

Di Jepang kantin (shokudou) biasanya ada di mana saja?

Shokudou umumnya merujuk pada kantin yang ada di hotel, kantor, pabrik, dan sekolah.

Contoh Kalimat

Berikut beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata shokudou.

Ano shokudou wa shuuya eigyou shite iru.
Obentou wa itsumo shokudou de tabemasu.
Hokenjo wa toshi ni ik-kai shokudou no eisei joukyou wo shiraberu.
Kono shokudou de wa donna shokuji wo dashite iru no?
Watashi wa ohiru gohan ni kaisha no shokudou de raamen wo tabeta.
Gakusei tachi wa gakkou no shokudou de toree wo motte retsu ni naranda.
Kono ressha ni wa shokudou-sha ga tsuite iru.
A : Bentou wo taberu no ga suki desuka, soretomo shokudou no gohan wo taberu no ga suki desuka?
B : Shokudou no gohan no hou ga suki desu. Benri dakara.
A : Sumimasen, hoteru no shokudou wa doko desuka?
B : Ik-kai ni arimasu.
Kurasu no minna ga gakusei shokudou no tabemono wo ki ni itte iru wakede wanai.

Kesimpulan

Itulah penjelasan kosakata shokudou (kantin) yang bisa digunakan baik di sekolah, hotel, kantor maupun tempat-tempat publik lainnya. Perlu kalian ingat, bahwa shokudou juga merujuk pada ruang makan yang ada di rumah, tetapi saat ini agak jarang digunakan. 

Sampai di sini dulu penjelasan bahasa Jepang di artikel ini. Semoga penjelasan tentang kosakata shokudou di atas bisa dimengerti dengan mudah ya. Jangan lupa untuk terus berlatih agar semakin lancar bahasa Jepangnya dan ikuti terus informasi seputar bahasa Jepang dan Jejepangan lainnya, hanya di Kepo Jepang!