Artikel kali ini akan membahas kosakata shokugyou. Apa itu shokugyou? Yuk, langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penjelasan “Shokugyou

Shokugyou diartikan sebagai “profesi”. Dalam kamus bahasa Indonesia, profesi diartikan sebagai bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian tertentu (keterampilan, kejuruan, dan sebagainya). Dalam kamus digital bahasa Jepang Daijisen, shokugyou diartikan sebagai pekerjaan yang dilakukan orang setiap hari untuk mempertahankan mata pencaharian mereka. Sama halnya dengan kata “profesi” yang dijelaskan dalam bahasa Indonesia, shokugyou juga merujuk kepada pekerjaan yang membutuhkan keahlian dan kemampuan (chishiki) tertentu.

Mungkin di antara kalian sering merasa bingung perbedaan antara shokugyou dengan shigoto (pekerjaan). Keduanya merupakan sinonim karena merujuk pada kegiatan mengerjakan sesuatu untuk mencari nafkah atau penghasilan. Namun, shigoto digunakan dalam cakupan yang lebih luas, sebagai contoh, sesuatu yang dikerjakan tanpa kemampuan khusus bisa dikatakan shigoto, tetapi shokugyou digunakan hanya untuk pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus. Untuk lebih jelasnya, kosakata shigoto akan dibahas di artikel lain.

Contoh Kalimat

Berikut contoh-contoh kalimat yang menggunakan kosakata shokugyou.

Kare wa oshieru to iu shokugyou wo jishin no bijinesu wo hajimeru tame ni ni-nen mae ni hanaremashita.
Hotondo no kyoushi wa shokugyou wo tada shigoto de wa naku tenshoku to kan’gaeteimasu.
Onee-san wa isha wo shokugyou toshite erabimashita.
Watashi wa houritsu wo isshou no shokugyou ni shitai to omotteiru.
Shokugyou no sentaku wa yoku kan’gaeru hitsuyou ga aru.
Kono shokugyou wa keiken ga hitsuyou da.
Yatto tanoshii shokugyou wo erabeba, shigoto mo ku ni narimasen.
Kyou de wa, kichintoshita shokugyou wo mochi, otto ni keizaiteki ni izonsuru hitsuyou ga nai josei ga fueteiru.
Donna shokugyou ni kimeru ka mayotteita ga, kimi no jogon wa jibun no mirai wo hakkiri saseru noni yakudatta.
Shokugyou sentaku no sai ni sensei ga soudan ni notte kureta.
Kokuseki ya seibetsu mata wa shokugyou nado de hito wo sabetsu shite wa ikenai.

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat dan padat tentang kosakata shokugyou (profesi). Jadi, bisa disimpulkan bahwa shokugyou digunakan untuk menyebutkan kegiatan pekerjaan yang dilandasi kemampuan atau keterampilan tertentu, di mana cakupannya lebih sempit dibandingkan shigoto.

Apakah penjelasannya mudah kalian pahami? Semoga bahasa Jepang yang saya sampaikan kali ini pun bisa bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari kalian ya! Jangan lupa untuk terus berlatih agar semakin lancar bahasa Jepangnya dan ikuti terus informasi seputar bahasa Jepang dan Jejepangan lainnya, hanya di Kepo Jepang!