Ogenki desuka?

Pasti kalian pernah mendengar ungkapan bahasa Jepang di atas, bukan? Artinya adalah “apa kabar?“. Ogenki desuka merupakan ungkapan salam atau aisatsu yang cukup sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Lalu, bagaimana sih cara penggunaannya?

Melalui artikel ini, selain memperkenalkan cara penggunaannya Kepo Jepang juga akan menjelaskan makna dari ungkapan ogenki desuka itu sendiri. Untuk lebih mudah memahami penggunaan ungkapan salam ogenki desuka, yuk langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. Jangan lupa tonton juga video penjelasannya ya!

PenjelasanOgenki desuka

Aisatsu atau salam sapaan dalam bahasa Jepang ini bisa diartikan “apa kabar?” atau “apakah Anda sehat?” yang digunakan untuk menanyakan keadaan atau kabar dari lawan bicara secara formal. Aisatsu ini biasanya dipakai ketika kalian bertemu dengan orang yang sudah lama tidak bertemu. Namun, ungkapan salam ogenki desuka sebagian bersar digunakan ketika menulis surat, email, atau ketika menelepon seseorang.

Sebagai tambahan, ungkapan salam ini sebaiknya tidak diucapkan kepada orang terdekat kalian seperti keluarga, teman atau orang-orang yang sering kalian temui, karena akan menimbulkan kesan kaku dan aneh.

Secara harfiah ogenki desuka terdiri dari awalan “o” untuk menunjukkan rasa hormat dan sopan, kata genki yang berarti sehat atau semangat, dan desuka sebagai kata tanya. Oleh karena itu, dalam beberapa kesempatan yang bernuansa non-formal atau kasual, tidak masalah jika kalian hanya mengucapkan genki desuka? atau genki? saja dengan nada naik untuk bertanya.

Selain ogenki desuka, ada ungkapan hormat lainnya yang bisa digunakan untuk menanyakan kabar yaitu gokigenyou. Ungkapan ini sebenarnya bernuansa sangat formal, halus dan sopan. Oleh karena itu, cukup jarang digunakan. Selain itu, selain bermakna “apa kabar?”, gokigenyou pun bisa digunakan sebagai salam perpisahan yang diartikan “sampai jumpa”, seperti pada kalimat raishuu made gokigenyou (sampai jumpa kembali minggu depan).

Contoh Kalimat

Berikut beberapa contoh penggunaan ungkapan salam ogenki desuka?

A : Ogenki desuka?
B : Hai, okagesama de, genki desu.
Gokazoku wa ogenki desuka?
Sakura-chan genki?
Okaa-san e.
Ogenki desuka?
….

Kesimpulan

Itulah penjelasan arti, makna, dan bagaimana penggunaan ungkapan salam ogenki desuka. Dapat disimpulkan ogenki desuka adalah salam sapa untuk menyanyakan kabar seseorang dalam nuansa yang formal. Untuk nuansa yang lebih kasual, bisa digunakan genki desuka atau genki saja.

Semoga penjelasan aisatsu di atas mudah kalian pahami dan mengerti. Jangan lupa untuk mencoba mengaplikasikannya ya. Ikuti terus informasi terbaru seputar bahasa Jepang dan hal-hal menarik tentang Jepang, hanya di Kepo Jepang!