Sore dewa, getsu youbi ni aimashou.
Kalau begitu, sampai jumpa di hari senin.

Pernahkah kalian mendengar ungkapan sore dewa seperti pada contoh kalimat di atas? Biasanya ungkapan ini digunakan untuk mengakhiri sebuah topik pembicaraan dan menyatakan kesimpulan tertentu. Selain sore dewa kalian juga bisa menggunakan sore ja untuk nuansa yang lebih kasual.

Untuk lebih memahami penggunaan ungkapan ini, Kepo Jepang akan menjelaskan makna sore dewa dan bagaimana penggunaannya yang benar. Kalian juga bisa lebih memahaminya melalui contoh-contoh kalimat yang akan diberikan.

Langsung simak saja penjelasan sore dewa di bawah ini.

Penjelasan “Sore dewa

Sore dewa adalah sebuah ungkapan dalam bahasa Jepang yang bisa digunakan sebagai bahasa tulisan maupun lisan. Dalam kamus bahasa Jepang-Indonesia, sore dewa diartikan “kalau begitu”. Adapun makna sore dewa yang dijelaskan dalam kamus Jepang Daijiten adalah sebagai berikut :

  1. Menanggapi hal-hal yang telah disampaikan sebelumnya untuk memberikan penilaian atau pendapat tentang topik yang sudah dibicarakan.
  2. Menunjukkan bahwa segala sesuatunya dimulai dan berakhir pada titik itu. Makna kedua ini hampir sama dengan makna pertama, bahwa sebelumnya ada pembicaraan yang sudah selesai, dan dibuka kembali untuk pembicaraan selanjutnya.
  3. Digunakan untuk menarik perhatian pendengar dan pembaca pada saat mengakhiri pendahuluan dan memasuki pokok bahasan utama, atau pada saat berganti topik.
  4. Sebagai ungkapan perasaan yang digunakan untuk salam perpisahan.

Berdasarkan penjelasan makna sore dewa di atas, dapat disimpulkan bahwa ungkapan ini digunakan ketika hendak mengungkapkan suatu hal dalam kalimat baru berdasarkan topik pembicaraan atau kalimat sebelumnya. Sebagai tambahan, dalam bahasa Indonesia selain “kalau begitu”, sore dewa juga bisa diartikan “jadi, ~” atau “nah, ~”.

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk “Kalau Begitu”

Selain sore dewa, ada beberapa ungkapan lain yang bisa kalian gunakan untuk menggantikan sore dewa. Di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Sou iu koto nara
  • Sore nara
  • Sore ja (kasual)
  • Dewa (hanya digunakan sebagai bahasa lisan)

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahami penggunaan ungkapan di atas, coba perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Sore dewa

A : Ane wa sen-kyuuhyaku-hachijuu-ni-nen umare desu.
B : Sore dewa watashi no ani to onaidoshi desu.
Sore dewa, ashita aimashou.
A : Chokoreeto keeki wo hitotsu kudasai.
B : Sumimasen, chokoreeto keeki wa sude ni urikirete shimaimashita. 
A : Sore dewa, ichigo keeki ni shimasu. 
Sore dewa, hajimemashou!
Sore dewa, shiawase to wa nan deshouka?
Mata aeru to ii ne. Sore dewa.
Sore dewa tsugi no shouhin no setsumei ni utsurimashou.
Sore dewa, issho ni utaimashou!
Sore dewa, kono ibento ni sanka shitai no wa dare desuka?
A : Ima chotto yoroshii desuka?
B : Moushiwakenai, kore kara choudo kaigi ni ikanai to ikenai nda. Moshi yokattara ashita no gogo nara sukoshi jikan ga aru yo.
A : Sore dewa ashita, ofisu ni tachiyorimasu ne.
Sore dewa, “utsukushii” to “kirei” no chigai ni tsuite, kuwashiku mite ikimashou!
Sore dewa saigo ni, nihongo no wakare no aisatsu wo shoukai shite ikimasu! 

Istilah Lain 

Sou iu koto nara, watashi ga gojitaku made otodoke shimasu.
A : Michi ga sugoku juutai shite iru you desu yo.
B : Sou iu koto nara, densha de ikimashou.
A : Kotoshi no benron-taikai no daihyou-sha wo kimenakereba naranai.
B : Sore nara watashi wa Issei-kun wo suisen shimasu.
A : Asa kara choushi ga warui desu.
B : Sore nara, hayaku kaette byouin e itta hou ga ii desu yo.
Sore ja, kimi no iken wo kikou.
Sore ja, ashita juu-ji ni ne!
Dewa, ashita sono koto ni tsuite kare ni tazunete mimasu.
Dewa, do youbi no gogo ni oai shimashou.

Kesimpulan

Bagaimana teman-teman, apakah kalian sudah mengerti penggunaan ungkapan sore dewa dalam bahasa Jepang? Jadi, sore dewa adalah ungkapan yang umumnya digunakan untuk memberikan penilaian, pendapat, atau tanggapan tentang topik pembicaraan atau kalimat sebelumnya. Selain itu, sore dewa juga bisa digunakan sebagai salam perpisahan.

Semoga penjelasan ungkapan bahasa Jepang di atas mudah dimengerti, dipahami, dan bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar bahasa Jepang. Jangan lupa simak terus informasi bahasa Jepang dan berita seputar Jepang di web maupun sosial media Kepo Jepang.

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa bahasa Jepangnya “kalau begitu”?

A) Kalau begitu dalam bahasa Jepang adalah それでは (sore dewa), tapi kalian juga bisa menggantinya dengan そういうことなら (sou iu koto nara), それなら (sore nara), それじゃ (sore ja), dan では (dewa).

Q) Apa artinya それでは (sore dewa)?

A) それでは (sore dewa) secara sederhana diartikan “kalau begitu”, “jadi..”, atau “nah”. Pada intinya それでは (sore dewa) ini digunakan untuk emberikan penilaian, pendapat, atau tanggapan tentang topik pembicaraan atau kalimat sebelumnya. Namun, di luar itu bisa juga digunakan sebagai salam perpisahan.

Q) Apa bedanya それでは (sore dewa) dan それじゃ (sore ja)?

A) それでは (sore dewa) adalah ungkapan yang berkesan lebih halus dan bisa digunakan sebagai bahasa lisan maupun tulisan dalam berbagai suasana. Sedangkan それじゃ (sore ja) merupakan bahasa kasual dari “sore dewa” dan umumnya hanya digunakan sebagai bahasa lisan saja.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan info-info menarik tentang Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.