Todana no ue ni kazarimono ga arimasu.
Ada hiasan di atas rak buku.

“Lemari” dalam bahasa Jepang disebut todana. Namun, selain todana ada juga istilah lain seperti shokkidana, oshiire, dan sebagainya.

Melalui artikel ini Kepo Jepang akan menjelaskan pengertian todana dan memperkenalkan beberapa istilah lain yang juga diartikan “lemari”.

Untuk lebih jelasnya, langsung simak saja penjelasan di bawah ini.

Penjelasan “Todana

Kanji todana (lemari) ditulis dari gabungan kanji to (pintu) dan tana / dana (rak, papan). Dalam kamus digital Daijiten, todana dijelaskan sebagai furnitur yang bagian atas, bawah, kanan-kirinya dikelilingi papan, memiliki pintu di bagian depan dan digunakan sebagai rak atau ruang penyimpanan untuk baju, makanan, alat makan, dokumen dan lain sebagainya. 

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk “Lemari”

Todana digunakan untuk menyebutkan lemari secara umum, tetapi, dalam bahasa Jepang ada istilah lain yang digunakan untuk menyebutkan lemari sesuai dengan fungsinya yang lebih spesifik.

Shokkidana

Lemari yang digunakan untuk menyimpan peralatan dapur atau peralatan makanan.

Oshiire

Secara harfiah oshiire bisa dikatakan kloset atau lemari dinding, digunakan sebagai tempat menyimpan perlengkapan tidur (futon, dan sebagainya) dan peralatan rumah tangga di rumah bergaya Jepang. Area ini didasarkan pada satu tikar tatami, dan umumnya dibagi menjadi tingkat atas dan bawah, dengan pintu geser.

Tansu

Furnitur untuk menyimpan pakaian, dokumen, peralatan makan, dan lain-lain. Umumnya terdiri dari laci geser dan lemari yang sebagian besar terbuat dari kayu, tetapi, ada pula yang terbuat dari baja.

Kuroozetto

Diambil dari bahasa Inggris “closet”, biasanya digunakan untuk menunjukkan lemari atau ruang yang digunakan untuk menyimpan pakaian dan peralatan. Jika oshiire umumnya ditemukan di rumah bergaya Jepang dengan alas tatami, maka kuroozetto banyak digunakan di rumah bergaya modern. Selain itu, seringkali memiliki gantungan di bagian atasnya yang digunakan untuk menggantung pakaian, dan dipisahkan oleh pintu lipat atau geser bergaya barat.

Contoh Kalimat

Contoh Kalimat Todana

Untuk lebih memahaminya, mari kita lihat penggunaan kata todana pada contoh-contoh kalimat di bawah ini.

Sara wo todana e shimatte kuremasuka?
Kono todana ni joumae ga tsuite iru.
Todana no naka ni, kagi wo oite okimashita.
Gurasu wa nagashi no ue no todana no naka ni arimasu.
Kare wa sono todana no yoko ni isu wo okimashita.
Kono todana wa ki de tsukurarete iru.
Uwagi wa sono todana no naka ni kakete kudasai.
Okaa-san wa kinou ikea de atarashii todana wo kaimashita.
Kaidan no shita ni aru todana ni tenisu raketto wo irete kudasai.

Contoh Kalimat Shokkidana, Oshiire, Tansu dan Kuroozetto

Naifu to fooku wo shokkidana ni katazukete okinasai.
Sono shokkidana wa ookikute takusan no kirei-na shokki ga haitte iru.
Sara wo kirei ni arattara, shokkidana ni modoshite kudasai.
Oshiire kara futon wo dashimasu.
Kooto wo tansu ni shimai nasai.
Waishatsu wa shinhitsu no tansu ni arimasu.
Kutsu wa kuroozetto no naka ni arimasu.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang beberapa kata dalam bahasa Jepang yang bisa digunakan untuk menyebut lemari. Jadi, todana digunakan untuk menyebutkan lemari secara umum, yang digunakan untuk menyimpan pakaian, makanan, alat makan, peralatan rumah tangga, dokumen dan lain sebagainya. Sedangkan istilah lainnya digunakan secara lebih spesifik sesuai dengan fungsinya.

Semoga penjelasan tentang beberapa istilah bahasa Jepang untuk lemari di atas bisa dimengerti dengan mudah ya. Jangan lupa untuk terus berlatih agar semakin lancar bahasa Jepangnya dan ikuti terus informasi seputar bahasa Jepang dan Jejepangan lainnya, hanya di Kepo Jepang!

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini!

Q) Apa bahasa Jepangnya “lemari”?

A) Ada beberapa istilah bahasa Jepang untuk “lemari”, di antaranya 戸棚 (todana), 押し入れ (oshiire), タンス (tansu), 食器棚 (shokkidana), dan クローゼット (kuroozetto).

Q) 戸棚 (todana) artinya apa?

A) 戸棚 adalah “lemari” dalam bahasa Jepang. Secara umum, yang digunakan untuk menyimpan pakaian, makanan, alat makan, peralatan rumah tangga, dokumen dan lain sebagainya.

Q) 押し入れ (oshiire) itu yang seperti apa?

A) 押し入れ (oshiire) adalah kloset atau lemari dinding khas Jepang. Biasanya ada di ruangan-ruangan yang masih menggunakan tatami. Di anime Doraemon “oshiire” ini adalah tempat Doraemon tidur.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan info-info menarik tentang Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.