Yomu – Yomimasu – Yomimashita

Ketiga kata di atas berarti “baca / membaca”, tetapi secara detail memiliki perbedaan makna. Yomu merupakan kata kerja “baca” secara dasar yang tercantum dalam kamus, sehingga disebut jishou-kei (kata kerja bentuk kamus).

Melalui artikel ini, Kepo Jepang akan menjelaskan arti dan makna kata kerja yomu dan perbedaannya dengan dokusho yang juga berarti yomu. Selain itu, kalian juga bisa dengan mudah memahami kata yomu dengan memperhatikan contoh-contoh yang akan diberikan di akhir artikel.

Untuk lebih jelasnya, yuk langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penjelasan “Yomu

Dalam bahasa Jepang “baca” atau “membaca” bisa menggunakan dua kata, yaitu yomu dan dokusho. Sebelum memahami perbedaan kedua kata ini, mari kita pahami terlebih dahulu makna dari kata yomu yang paling banyak digunakan untuk menunjukkan kegiatan “membaca”.

Arti dan Makna “Yomu

Seperti yang sudah disebutkan di atas, dalam bahasa Jepang yomu termasuk ke dalam kelas kata kerja, tepatnya kata kerja golongan 1 atau go-dan-doushi. Secara sederhana dalam bahasa Indonesia yomu diartikan “baca” atau “membaca”. Adapun dalam kamus Daijiten, dijelaskan beberapa pengertian yomu sebagai berikut.

  1. Membaca suatu teks bacaan dengan suara lantang.
  2. Membaca suatu teks bacaan yang berisi huruf, kalimat, angka dan sebagainya untuk memahami isi dan maknanya.
  3. Melihat dan memahami bagian luar suatu hal untuk memahami dan menyimpulkan sesuatu yang tersembunyi. Dalam artian mengetahui dan meramalkan sesuatu atau memprediksi dan berspekulasi akan suatu hal.
  4. Memperhitungkan dan memahami suatu perkara.

Dengan melihat beberapa pengertian yomu di atas, dapat disimpulkan bahwa makna “membaca” dari kata yomu bukan berarti hanya membaca “buku” saja, tetapi bisa juga digunakan untuk “membaca hal lain”, seperti keadaan, situasi, dan kondisi tertentu.

Adapun perubahan bentuk kata kerja yomu bisa kalian lihat di halaman ini.

Perbedaan “Yomu” dan “Dokusho

Seperti yang sudah disebutkan di atas, selain yomu kalian juga bisa menggunakan kata dokusho untuk menunjukkan “kegiatan membaca”. Berbeda dengan yomu yang merupakan kata kerja, dokusho termasuk ke dalam kata benda (meishi).

Lalu apakah yang membedakannya dengan yomu?

Apabila kalian perhatikan dokusho ditulis dengan 2 karakter Kanji, yaitu doku (membaca) yang merupakan on’yomi dari yomu dan sho (tulisan). Dengan pemahaman makna melalui dua Kanji dokusho dapat disimpulkan bahwa makna “membaca” dari kata dokusho hanya bisa digunakan untuk menunjukkan kegiatan “membaca buku” atau membaca teks bacaan.

Berbeda dengan kata yomu yang maknanya lebih luas dan bisa digunakan untuk menggambarkan kegiatan “membaca” selain teks bacaan, dokusho hanya bisa digunakan untuk kegiatan “membaca” tulisan atau teks bacaan. Oleh karena itu, kata dokusho sering digunakan ketika menyebutkan hobi membaca. Lihatlah contoh kalimat di bawah ini!

Watashi no shumi wa dokusho desu.

Sebagai tambahan, karena dokusho itu sendiri merupakan kata benda dan menggambarkan “kegiatan membaca”, maka ketika kalian akan menggunakannya sebagai kata kerja diperlukan penambahan suru. Dengan menambahkan suru maka kata dokusho berubah menjadi kata kerja golongan 3 atau fukisoku-doushi.

Contoh Kalimat

Untuk memahami penggunaan kata yomu dan dokusho, mari kita perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Yomu

Isshuukan ni ni-satsu gurai man’ga wo yomimasu.
Mai-asa, shawaa wo abite, shinbun wo yonde, koohii wo nomimasu.
Megane wo kakete, hon wo yonda.
Otouto wa ongaku wo kiki nagara, man’ga wo yonde imasu.
Hima no toki, shousetsu wo yomimasu.
Hon wo yomanai nara, hayaku kaeshite kudasai.
Densha no naka de, shinbun wo yonde kimashita.
Kondo, eigo no shousetsu wo yonde mitai.
Kono hon wa yomeba yomu hodo, omoshiroku narimasu.
Kare wa muzukashisou-na hon wo yonde iru.
Watashi wa onee-san ni nikki wo yomaremashita.
Okaa-san no shumi wa shousetsu wo yomu koto desu.
Sono hon, yomuna!
Kore wa yomu beki hon da.
Kanojo wa tegami wo yomi oeta.

Dokusho

Kanojo wa nani yori mo dokusho ga suki da. 
Dokusho wo suru to rirakkusu dekimasu.
Dokusho wa nou ni ii desu.
Kare wa tabenagara dokusho wo tsudzuketa.
A : Shuumatsu wa itsumo donna fuu ni sugoshiteru no?
B : Fudan wa, kinjo no kafe de hitori de dokusho shiteru yo. Yasumi no hi wa, hitori de jikan wo sugosu no ga suki dakara.
Watashi no musume wa dokushoka da. Nani mo nai hi wa ichi-nichijuu dokusho shiteru wa.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang kata kerja yomu (baca) dalam bahasa Jepang. Perlu kalian ingat bahwa yomu bisa digunakan untuk menggambarkan kegiatan “membaca” teks maupun bukan teks, seperti situasi, keadaan atau hal lainnya. Selain itu, untuk kegiatan membaca teks bacaan kalian juga bisa menggunakan kata dokusho.

Semoga penjelasan istilah “membaca” dalam bahasa Jepang di atas bisa dimengerti dengan mudah ya. Jangan lupa untuk terus berlatih agar semakin lancar bahasa Jepangnya dan ikuti terus informasi seputar bahasa Jepang dan Jejepangan lainnya, hanya di Kepo Jepang!

Q) Apa bahasa Jepangnya “membaca”?

A) Bahasan Jepangnya “membaca” adalah 読む (yomu).

Q) Termasuk ke dalam kata kerja golongan berapakah “yomu”?

A) “Yomu” termasuk ke dalam kata kerja golongan 1, atau disebut juga “go-dan-doushi”. Kata kerja yang mengalami 5 tahapan perubahan.

Q) Apa artinya 読む (yomu)?

A) 読む (yomu) artinya adalah “membaca”. Selain membaca buku, tulisan maupun teks bacaan, 読む (yomu) juga bisa digunakan untuk menggambarkan kegiatan “membaca” keadaan, situasi, dan hal di luar teks bacaan lainnya.

Q) Apa bedanya 読む (yomu) dan 読書 (dokusho)?

A) Makna “membaca” 読む (yomu) lebih luas dibandingkan dengan 読書 (dokusho). Selain menggambarkan kegiatan “membaca” buku atau tulisan 読む (yomu) juga bisa digunakan untuk menggambarkan kegiatan membaca keadaan, situasi dan kondisi. Sedangkan 読書 (dokusho), sesuai dengan Kanjinya hanya menunjukkan kegiatan membaca teks bacaan saja. Selain itu, 読む (yomu) termasuk ke dalam kelas kata kerja, sedangkan 読書 (dokusho) adalah kata benda yang memerlukan penambahan “suru” apabila ingin diubah menjadi kata kerja.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan info-info menarik tentang Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.