Onaka ga itai.
Perut saya sakit.

Itai pada kalimat di atas merupakan salah satu kata sifat dalam bahasa Jepang. Apa arti itai? Bagaimana penggunaannya dalam kalimat?

Melalui artikel ini Kepo Jepang akan menjelaskan arti dan makna itai. Kalian juga bisa memahami penggunaannya melalui contoh-contoh kalimat di akhir artikel.

Untuk lebih jelasnya langsung simak saja penjelasan di bawah ini.

Penjelasan “Itai

Itai adalah kata sifat yang digunakan untuk menunjukkan rasa sakit yang diderita oleh seseorang. Itai termasuk ke dalam kata sifat golongan ke-1, disebut juga i-keiyoushi atau kata sifat berakhiran “i”.

Berikut beberapa penjelasan makna itai dalam kamus bahasa Jepang :

  1. Rasa sakit karena gangguan fisik atau luka.
  2. Rasa sakit karena luka secara mental, yang menimbulkan rasa sesak di hati dan menyiksa secara batin.
  3. Sebagai bahasa kiasan menunjukkan kelemahan yang dirasakan seseorang.
  4. Sebagai zokugo (bahasa sehari-hari) maknanya menunjukkan “hal yang tidak sedap dipandang mata”. Seperti hal-hal buruk dan kata-kata serta perbuatan yang tidak pada tempatnya, sehingga membuat lingkungan sekitar menjadi tidak nyaman. (Biasanya ditulis dengan Katakana.)

Dalam arti 1,2, dan 3, itai hanya bisa digunakan oleh orang pertama tunggal (watashi), atau orang kedua jika itai digunakan dalam kalimat tanya. Untuk makna ke 4, subjek biasanya orang kedua atau orang ketiga dalam teks biasa. Sedangkan dalam kalimat tanya, orang pertama juga bisa menjadi subjek.

Informasi Tambahan

Dikarenakan kata itai hanya bisa digunakan untuk diri sendiri, maka ketika kita hendak mengatakan orang lain yang ada dalam keadaan sakit, kata yang digunakan adalah itagaru.

Okaa-san ga totemo itagatte iru no ga wakatta.
Takumi wa tenisu wo shite ite ashi ni kega wo shi, hidoku itagatte imasu. 

Selain itu, kata byouki juga bisa diartikan “sakit”, tetapi lebih merujuk kepada “sakit” karena suatu penyakit yang ada dalam tubuh. Bisa digunakan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Byouki demo, kaisha ni ikanakereba naranai.
Byouki nara, hayaku isha ni miseta hou ga ii.

Contoh Kalimat :

Untuk lebih memahami penggunaan kata itai, coba perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Hidoku ha ga itai.
Kaze de atama ga itai.
Atama ga waresou ni itai.
Undou no ato wa karada juu ga itai.
Kutsu ga kitsukute ashi ga itai.
Hachi ni sasareru to totemo itai.
Atama ga itai no wa naorimashitaka.
Sensei, chuusha wa itai desuka.
Omae no koto wo kangaeru to mune ga itai.

Kesimpulan

Bagaimana teman-teman? Sekarang sudah mengerti kan arti dan makna itai, dan bagaimana penggunaannya dalam kalimat bahasa Jepang. Jadi itai (sakit) digunakan untuk menyatakan rasa sakit baik secara fisik maupun mental yang dirasakan oleh diri sendiri. Namun bisa juga digunakan oleh orang kedua, jika disampaikan dalam kalimat tanya. Adapun ketika ingin mengungkapkan rasa sakit yang dirasa oleh orang lain, kata yang digunakan adalah itagaru.

Sampai di sini dulu penjelasan bahasa Jepang kali ini. Semoga penjelasan kosakata-kosakata bahasa Jepang dan contoh-contoh kalimat di atas mudah dimengerti, dipahami, dan bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar bahasa Jepang. Jangan lupa simak terus informasi bahasa Jepang dan berita seputar Jepang di web maupun sosial media Kepo Jepang.

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

  • Q) Apa bahasa Jepangnya “sakit”?
  • Q) Apa artinya 痛い (itai)?
  • Q) Apa bedanya 痛い (itai) dan 痛がる (itagaru)?

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan info-info menarik tentang Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.