Q) Bisakah Sensei jelaskan macam macam penggunaan じゃない selain digunakan dalam kalimat negatif?

A) じゃない (janai) merupakan akhiran kalimat (shuujoshi) yang pada umumnya digunakan sebagai penanda kalimat negatif dan merupakan bentuk kasual dari ~ではありません (~dewa arimasen). Contoh : 僕は学生じゃない。/ Boku wa gakusei janai. / Saya bukan pelajar. Namun selain digunakan sebagai penanda kalimat negatif, じゃない juga digunakan dalam kalimat afirmatif atau menandai pertanyaan untuk menegaskan, menambahkan komentar, menyampaikan konfirmasi, mengungkapkan pendapat, atau menunjukkan emosi seperti terkejut, kegembiraan, kemarahan, dan sebagainya. Contoh : (1) ねえこの服、すてきじゃない?/ Nee kono fuku, suteki janai? / Eh baju ini bagus kan? (2) 田中はもう帰ったんじゃない?/ Tanaka wa mou kaettan janai? / Tanaka bukannya sudah pulang? Jadi, bisa disimpulkan bahwa selain digunakan sebagai penanda kalimat negatif dalam nuansa kasual, じゃない juga digunakan dalam kalimat yang bernuansa menegaskan atau menyampaikan konfirmasi. Semoga penjelasannya mudah dimengerti dan bisa menjawab pertanyaan di atas.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Apa perbedaan妙danおかしい?

A) Baik 妙 (myou) maupun おかしい (okashii) bisa diartikan “aneh”. Namun, nuansa makna “aneh” dari kedua kata ini sedikit berbeda. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini ya.

Q) Apa aja bahasa gaul sehari hari di Jepang untuk anak muda

Beberapa bahasa gaul yang biasa digunakan sehari-hari oleh anak muda Jepang diantaranya adalah 超(chou)- banget, めっちゃ(meccha) – bener-bener, マジ・マジで (maji/maji de) – seriusan?!, dan lain-lain. Untuk lengkapnya, langsung saja cek halaman ini ya!

Q) Apa ada kisi-kisi ujian JFT untuk program tokutei ginou?

A) Mohon maaf karena Kepo Jepang tidak menyediakan kisi-kisi ujian JFT. Namun, untuk ujian JFT dasar sendiri isinya kurang lebih seputar pemahaman “Huruf dan Kosakata”, “Percakapan dan Ungkapan”, “Pendengaran”, dan “Pemahaman Bacaan”. Beberapa kriteria ini bisa dicari di website Kepo Jepang. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini.