Q) saya mau bertannya tentang kuliah kedokteran, apakah orang asing bisa kuliah ke dokteran di jepang?,bagaiamana alur pendaftarannya dan susah apa gak untuk orang asing kuliah kedokteran? terimakasih semoga dijawab ya kak

A) Penerimaan mahasiswa asing di Fakultas Kedokteran di universitas Jepang tergantung pada masing-masing universitas. Ada universitas yang menerima mahasiswa asing untuk Fakultas Kedokteran ada juga yang tidak menerima mahasiswa asing sama sekali. Oleh karena itu, hal yang pertama harus diketahui adalah universitas mana saja yang Fakultas Kedokterannya menerima mahasiswa asing. Untuk daftar universitas swasta di Jepang yang banyak diminati mahasiswa asing, bisa dicek di halaman ini. (Alur Pendaftaran) Prosedur seperti pendaftaran dan sebagainya akan bisa diketahui setelah memilih universitas yang diinginkan. Hal ini dikarenakan sistem pendaftaran setiap universitas berbeda-beda. Jika pilihan universitas sudah ditetapkan, pendaftaran dilakukan secara individual sesuai dengan pedoman pendaftaran untuk mahasiswa internasional yang syarat dan ketentuannya pasti bisa ditemukan di website masing-masing universitas. Jangan lupa untuk memastikan apakah mahasiswa asing yang tinggal di luar Jepang bisa mendaftar atau tidak. (Tingkat Kesulitan) Sama halnya dengan kuliah kedokteran di manapun, tentu saja sulit. Di Jepangm Fakultas Kedokteran merupakan salah satu fakultas tersulit. Mahasiswa (baik orang Jepang maupun orang asing), diwajibkan menguasai dan mahir dalam bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Untuk mahasiswa asing sendiri, sebagian besar diharapkan memiliki kemampuan bahasa Jepang JLPT N2 atau N1, dan untuk bahasa Inggris memiliki TOEFL dengan level tertentu (berbeda-beda setaip universitas). Selain itu, pelajar asing pun mungkin akan diminta mengikuti ujian tertulis seperti matematika dan sains yang levelnya sama dengan pelajar Jepang. Tingkat kesulitan di universitas Jepang pun sangat dipengaruhi oleh peringkat universitas tersebut. Di halaman ini, bisa dilihat beberapa universitas swasta berdasarkan rangking. Selain itu, di setiap artikel universitas ada info mengenai fakultas yang tersedia, prosedur pendaftaran, dan sebagainya. Semoga penjelasannya membantu.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Saya ingin tahu tips agar bisa lulus JLPT.

A) Silakan baca halaman ini , dan coba ukur kemampuan JLPT kalian.

Q) Saya ingin kuliah di universitas Jepang, mohon berikan infromasi tentang beasiswa.

A) Informasi beasiswa bisa kalian temukan di artikel masing-masing universitas, silakan dicek di halaman ini .

A) Apakah lulusan S1 dari “luar” bisa mencari pekerjaan di Jepang? Contoh pekerjaan seperti pekerjaan kantoran misalnya

A) Lulusan S1 dari universitas di luar Jepang tentu bisa saja mendapatkan pekerjaan di Jepang, misalnya sebagai pekerja kantoran di Jepang, selama mereka memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya!