Q) Kak, apa perbedaan partikel de dan ni?

A) Pada dasarnya partikel “ni” secara umum bearti di, pada, ke, untuk. Sedangkan partikel “de” secara umum bearti di, dengan, sebab. Arti “di” pada partikel “ni” dan “de” sama-sama digunakan untuk menunjukkan suatu tempat atau lokasi. Namun, ada perbedaan yang sangat jelas di antara kedua partikel ini. Partikel “de” digunakan untuk menunjukkan lokasi berlangsungnya suatu aktivitas (bergerak), sedangkan partikel “ni” digunakan untuk menunjukkan keberadaan sesuatu (tidak bergerak). Contoh : 家で食べます。/ Ie de tabemasu. / Makan di rumah. (ada aktivitas) / 家にいます。/ Ie ni imasu. / Ada di rumah. (menunjukkan keberadaan saja). Sebagai tambahan, baik partikel “de” maupun “ni” memiliki fungsi lainnya selain menunjukkan lokasi atau tempat. Untuk lebih jelasnya silakan baca langsung di artikel partikel “de” dan partikel “ni”. Semoga penjelasan di atas membantu menjawab pertanyaannya.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Bisakah Sensei jelaskan macam macam penggunaan じゃない selain digunakan dalam kalimat negatif?

A) Pada umumnya じゃない digunakan dalam kalimat negatif kasual, tetapi bisa juga digunakan dalam bentuk untuk mengekspresikan konfrimasi. Untuk lebih jelasnya, silakan baca halaman ini ya!

Q) Untuk belajar kaiwa itu gimana ya Kak ?

A) Kaiwa secara sederhana diartikan sebagai “percakapan” dalam bahasa Jepang. Saat mempelajari bahasa Jepang, berlatih kaiwa alias percakapan menjadi salah satu cara untuk menguasai bahasa Jepang dengan lebih mudah. Penjelasan lengkapnya di halaman ini ya!

Q) Saya ingin melihat momiji. Kapan musim terbaik untuk melihatnya?

A) Berbeda-beda tergantung tempatnya. Di Tokyo paling bagus melihat momiji itu sekitar awal November – awal Desember. Di tempat dingin seperti Hokkaido, munculnya lebih cepat sekitar pertengahan September – Oktober.