Q) Kak, apa perbedaan partikel wa dan ga?

A) Partikel “wa” merupakan partikel penanda topik. Menunjukan subjek pembicaraan atau topik kalimat. Contoh : Kore wa hon desu. / Ini adalah buku. “Kore” adalah topik dari kalimat ini, tetapi yang menjadi fokus utama dalam kalimat ini adalah yang dibicarakan setelah “wa” yaitu “hon (buku)”. Sebagai tambahan, partikel “wa” sering kali dihilangkan bersamaan dengan subjek dalam sebuah kalimat, jiga subjek tersebut berupa kata ganti orang seperti “watashi (saya)”. Partikel “ga” sendiri memiliki fungsi yang beragam. Salah satunya menunjukkan subjek dari kalimat intransitif, memberikan penegasan terhadap subjek yang ada dalam kalimat, atau sebagai penunjuk objek. Pada umumnya partikel “wa” menunjukkan topik kalimat dan pada kalimat “ga” biasanya tidak memiliki topik kalimat. Partikel “ga” menekankan apa atau siapa yang mengambil tindakan. Dalam penggunaan partikel “wa”, kata yang datang setelahnya (hon dalam contoh di atas) adalah kata yang menjadi fokus utama dalam kalimat. Namun, dalam kalimat berpartikel “ga”, kata sebelum partikel “ga” lah yang menjadi fokus utamanya, atau yang ditekankan. Selain itu, jika sebuah kata yang diikuti “wa” seringkali dihilangkan, maka kata yang diikuti partikel “ga” tidak bisa dihilangkan karena akan membuat kalimat tersebut menjadi tidak sempurna. Contoh : (1) これはわたしのペンです。/ Kore WA watashi no pen desu. / Ini adalah pensil saya. Kalimat ini menunjukkan bahwa topiknya adalah “kore” dan yang menjadi fokus pembicaraa adalah “watashi no pen”. (2) これがわたしのペンです。/ Kore GA watashi no pen desu. Partikel “ga” menunjukkan bahwa “hanya” pulpen ini lah yang milik saya. Penggunaan partikel “wa” dan “ga” mungkin sering membingungkan. Untuk lebih memahaminya, silakan baca penjelasan dan contoh-contoh kalimat di artikel tentang partikel “wa” dan partikel “ga”. Semoga penjelasan singkat ini mudah dipahami dan bisa menjawab pertanyaan di atas.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Sebenarnya, apa artinya もの di dlalam kalimat?そういうものです 冬は寒いだものだ 早く暖かくなって欲しいものだ 彼もなかなかやるものだね

A) Makna “mono” dalam tatabahasa Jepang cukup banyak tergantung konteks kalimat yang disampaikan. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini ya!

Q) konnichiwa.shitsumon ga arundesuga. Penjelasan dari kata keterangan tokuni bagaimana ya kak ? Arigatou gozaimashita

A) Secara sederhana “toku ni” diartikan “khususnya” atau “terutama”. Untuk penjelasan bagaimana penggunaannya dalam kalimat, silakan baca halaman ini ya!

Q) Apa arti kalimat ini? (やっぱり)我が家が一番 atau (やっぱり)うちが一番

A) Kedua kalimat di atas terdiri dari kosakata yang sama. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini ya!