Simak berbagai contoh kanji yang berkaitan dengan angka dalam bahasa Jepang yuk!

Dalam percakapan bahasa Jepang, kita akan menemui situasi ketika kita menemukan kanji-kanji yang berkaitan dengan angka, seperti misalnya saat berbelanja ataupun yang lainnya. Untuk itu, kali ini mari belajar mengenai kanji-kanji yang berkaitan dengan angka!

List Kanji JLPT N5 yang Berkaitan dengan Angka

Berikut ini adalah beberapa kanji yang berkenaan dengan angka yang tergolong level dasar (N5) dalam bahasa Jepang.

Sebelum belajar lebih banyak lagi, coba perhatikan informasi tambahan seputar angka dalam bahasa Jepang pada artikel di halaman ini ya.

Kesimpulan

Bagaimana teman-teman? Apakah sudah bisa mengetahui dan mengingat huruf-huruf kanji yang berkaitan dengan angka?

Penulisan angka dalam bahasa Jepang sendiri bisa menggunakan aksara kanji maupun angka latin. Biasanya, penulisan angka dalam aksara kanji dilakukan dalam susunan vertikal, sedangkan angka latin digunakan pada susunan horizontal. Namun, secara umum penulisan angka di Jepang tidak jauh berbeda dengan Indonesia, kebanyakan menggunakan angka latin. Penulisan angka latin sendiri biasa digunakan saat menunjukkan jam, tanggal, maupun harga. Meskipun begitu, beberapa restoran tradisional ada yang menuliskan harga dalam aksara kanji dalam susunan vertikal lho!

Ada juga beberapa kata yang meskipun dituliskan horizontal tetap menggunakan angka dalam aksara kanji seperti 一人(ひとり)二人(ふたり)一日(いちにち)二日(ふつか)、dan seterusnya.

Semoga informasi yang dibagikan kali ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan mengenai bahasa Jepang ya! Jangan lupa untuk ikuti terus berbagai informasi seputar Jepang dari Kepo Jepang!

Untuk mengingat kembali pelajaran kanji tentang angka, yuk perhatikan informasi berikut ini.

Apa huruf kanjinya 1 sampai 10?

Huruf kanji untuk angka 1 sampai 10 adalah : 一(いち)、二(に)、三(さん)、四(し・よん)、五(ご)、六(ろく)、七(しち・なな)、八(はち)、九(きゅう・く)、十(じゅう).

Apa arti dari kanji 円?

Kanji 円 (えん)merupakan huruf kanji untuk satuan mata uang Jepang, yaitu Yen. Selain dibaca えん, kanji ini juga bisa dibaca まる(い) yang berarti bulat.

Yang manakah yang lebih umum digunakan dalam angka pada bahasa Jepang, huruf kanji atau huruf latin?

Seperti di Indonesia, dalam bahasa Jepang kebanyakan penulisan angka juga menggunakan huruf latin. Angka dalam huruf kanji biasa digunakan pada tulisan dengan susunan vertikal, meskipun ada beberapa kata yang tetap dituliskan dalam kanji sekalipun dituliskan secara horizontal seperti 一人(ひとり)、二人(ふたり)、一日(いちにち)、二日(ふつか)、dan sebagainya.

Q
A

Kembali ke halaman daftar Materi Kanji JLPT N5

Kali ini kita sudah belajar kanji JLPT N5. Bagaimana menurut kalian? Semoga mudah dipahami ya. Karena masih ada kanji-kanji lainnya yang perlu dipelajari, coba cek informasinya di sini yuk!