Kamar sewa seperti apa yang sebaiknya dipilih oleh wanita yang tinggal sendirian di Jepang? Mungkin sebagian besar membayangkan kamar dengan toilet terpisah, kamar mandi, dapur dan sebagainya, namun satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah masalah keamanan.

Jepang dikenal sebagai negara yang aman dibandingkan dengan negara lain, sayangnya kejahatan yang mengincar wanita yang tinggal sendirian terjadi di mana-mana, oleh karena itu jauh lebih baik untuk melakukan tindakan pencegahan.

Berikut ini, saya akan memperkenalkan hal-hal yang harus diperhatikan oleh wanita yang sedang mencari kamar sewa.

Sponsor LINK

Pilihlah Properti yang Memiliki Fasilitas Keamanan

Perasaan aman akan berbeda apabila Anda tinggal di kamar sewa atau bangunan dengan sistem keamanan yang tinggi. Misalnya, penggunaan kunci otomatis atau penggunaan double-lock. Bukan hanya pintu, jauh lebih baik menggunakan double-lock untuk jendela juga.

Selain itu, jenis kuncinya pun merupakan kunci khusus dengan alur rumit yang sulit ditiru dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Adanya CCTV di pintu masuk, lift, tempat parkir sepeda, dan kendaraan akan berguna tidak hanya untuk investigasi apabila terjadi kejahatan tetapi untuk mencegah tindakan kejahatan. Untuk hal ini, mansion yang biasanya terdapat pintu masuk bersama, memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan apato biasa.

Mencari Kamar Kos di Jepang! Perbedaan Mansion, Apato dan Share House

Pilihlah Properti yang Memiliki Petugas Penanggung Jawab

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sebagian besar mansion memiliki pintu masuk umum dan biasanya di sekitar pintu masuk terdapat ruangan yang dihuni oleh petugas penanggung jawab. Petugas tinggal di sana dan tentunya akan sering berjumpa dengan penghuni mansion. Hal ini jauh lebih aman karena dengan mengingat wajah dari para penghuni mansion, petugas dengan mudah akan mengetahui jika ada orang mencurigakan yang datang.

Akan tetapi, walaupun ada ruangan khusus untuk petugas penanggung jawab, beberapa dari mereka terkadang tidak memperlihatkan wajahnya karena berdiam di sudut ruangan, hal ini tentu saja tidak ada gunanya untuk masalah keamanan.

Jika di Indonesia, lantai 1 dan bangunan-bangunan di sampingnya dijadikan toko yang dikelola oleh pemilik bangunan, selain itu di pintu masuk pun ada satpam yang berjaga dan ada peringatan “Tamu Wajib Lapor Selama 24 Jam” di setiap rumah kosan, oleh karena itu, dalam hal pencegahan kejahatan, tingkat keamanannya jauh lebih baik dibandingkan dengan apato di Jepang. Bagaimanapun di Jepang, yang paling penting adalah pertahanan diri sendiri.

Pilihlah Kamar yang Ada di Lantai 2 ke Atas

Selanjutnya, mengenai posisi kamar sewa. Kejahatan lebih sering terjadi di lantai satu terutama ketika kamar dalam keadaan kosong atau Anda sedang tidak ada di tempat, oleh karena itu demi faktor keamanan alangkah lebih baik jika Anda memilih kamar sewa di lantai 2 ke atas.

Sebagai tambahan, jauh lebih aman jika sebelumnya Anda memeriksa apakah orang dari luar bisa memanjat dan masuk langsung dari balkon atau tidak.

Jika Anda tinggal di lantai 2 ke atas, Anda akan terhindar dari kejahatan pencurian pakaian dalam atau barang cucian lainnya. Untuk hal ini, agar lebih aman sebisa mungkin Anda menyediakan tempat yang tidak terlihat dari luar untuk mengeringkan cucian. Akhir-akhir ini, Anda juga bisa menemukan properti sewa yang sudah menyediakan pengering di kamar mandi, lho. Penting untuk Anda perhatikan, jika Anda mengeringkan cucian di tempat yang terlihat dari luar, akan mudah diketahui bahwa Anda adalah wanita yang tinggal sendirian.

Pilihlah Properti yang Dikhususkan untuk Wanita

Memang masih sedikit, tapi ada properti yang dikhususkan untuk wanita. Biasanya peraturannya cukup ketat, misalnya pria dilarang masuk walaupun saudara atau harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari petugas penanggung jawab. Namun hal ini tentu saja membuat penghuni merasa lebih aman.

Mungkin properti-properti seperti ini banyak terdapat di lokasi yang dekat dengan universitas dan sekolah kejuruan atau properti yang umumnya dihuni oleh pelajar. Seperti halnya di Indonesia, ada rumah kosan khusus pria dan wanita.

Ada langkah-langkah yang harus diperhatikan ketika memilih share house apabila Anda tidak memilih mansion dan apato. Setiap properti mungkin akan berbeda-beda, tapi sebagian besar share house biasanya tidak memperbolehkan orang luar datang sendirian, namun tetap jauh lebih aman jika Anda memilih share house khusus wanita.

Saat Anda melakukan survei, sebaiknya Anda perhatikan apakah para penghuni share house bisa dipercaya atau tidak, jangan lupa untuk memeriksa ruangan bersama dan melihat apakah digunakan dengan baik atau tidak, periksa juga apakah barang pribadi diletakan sesuai dengan tempatnya dan apakah ada orang yang sering menimbulkan kegaduhan atau tidak.

Kelebihan dan Kekurangan Share House yang juga Populer di Kalangan Orang Asing!

Tinggal di Daerah yang Aman

Sebisa mungkin periksalah daerah sekitar. Sebagai contoh, dibandingkan pusat kota akan jauh lebih aman jika Anda memilih tinggal di daerah yang dekat dengan TK atau sekolahan, di mana terdapat banyak orang-orang dewasa yang mengawasi anak-anak mereka dan area di mana banyak keluarga tinggal.

Selain itu, jika Anda menghindari berjalan sendirian dengan jarak jauh dari stasiun ketika pulang sekolah maupun bekerja, sebisa mungkin pilihlah tempat tinggal yang dekat dengan stasiun. Jika Anda harus berjalan agak jauh dari stasiun, sebaiknya pilihlah jalan dengan jalur yang dilalui banyak orang, jadi jangan lupa untuk melakukan simulasi perjalanan pulang pergi sekolah atau bekerja.

Kesimpulan

Akhir-akhir ini, di daerah pusat kota banyak properti sewa yang menyediakan sistem keamanan yang baik, tentu saja properti dengan fasilitas yang baik memiliki harga sewa yang relatif mahal. Hal ini tentunya akan membutuhkan biaya lebih, oleh karena itu cobalah untuk menemukan kamar sewa yang sesuai dengan Anda dengan memprioritaskan dan mempertimbangkan hal-hal yang Anda rasa cukup penting.

Anda sendiri dapat meningkatkan sistem keamanan dengan menggunakan alat-alat pencegah kejahatan yang disesuaikan dengan gaya hidup Anda setelah Anda menghuni kamar sewa tersebut.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Urusan Keamanan bagi Wanita yang Tinggal Sendiri di Jepang