Kali ini aku akan bahas salah satu kosakata bahasa Jepang yaitu fuku. Apa itu fuku? Yuk, langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penjelasan “Fuku

Dalam bahasa Jepang, ada beberapa kata yang digunakan untuk menyebutkan “baju” atau “pakaian”. Fuku adalah kata yang paling umum digunakan untuk “baju” atau “pakaian”. Secara harfiah fuku berarti sebuah benda atau barang yang dikenakan pada tubuh, oleh karena itu baik pakaian yang dikenakan di bagian atas badan maupun di bagian bawah badan secara umum disebut fuku.

Selain fuku, ifuku juga digunakan untuk menyebutkan “baju” dan “pakaian”. Secara umum, makna ifuku sama dengan fuku, tapi penggunaannya lebih formal, istilah ini digunakan terutama saat berbicara tentang pembuatan dan penjualan pakaian. 

Jadi, jika dalam bahasa Indonesia “baju” lebih mengarah pada pakaian yang dikenakan untuk badan bagian atas, fuku dan ifuku merujuk pada pakaian yang dikenakan untuk tubuh, baik kaos, celana, kemeja, sweater, maupun mantel.

Youfuku dan Wafuku

Mungkin kalian juga pernah mendengar kedua istilah ini, apakah perbedaanya?

Youfuku

Youfuku adalah singkatan dari seiyoufuku, istilah ini mengacu pada pakaian yang dibuat dengan gaya barat. Umumnya merujuk pada jas, celana panjang, rok dan gaun (one piece dress). Istilah ini pertama kali muncul pada zaman Meiji ketika budaya barat secara perlahan mulai berkembang di Jepang. Orang-orang Jepang sendiri mulai menjadikan youfuku sebagai pakaian sehari-hari sejak zaman Showa. Youfuku sendiri termasuk bagian dari fuku dan ifuku. Jadi, pakaian ala barat (youfuku) juga terkadang disebut ifuku.

Wafuku

Pakaian yang sudah lama digunakan oleh orang Jepang atau disebut juga sebagai pakaian tradisional Jepang. Istilah ini muncul bersamaan dengan dimulainya penggunaan youfuku, yang digunakan untuk membedakan jenis pakaian ala barat dan asli Jepang. Sebelum muncul istilah wafuku, pakaian asli atau tradisional Jepang sendiri disebut kimono / kiru mono (benda yang dikenakan) dan hingga saat ini pakaian tradisional Jepang sendiri lebih terkenal dengan sebutan kimono. Wafuku sendiri mengacu pada pakaian-pakaian tradisional Jepang lainnya seperti hakama, furisode dan sejenisnya.

Contoh Kalimat

Berikut contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata fuku.

Q : Akai fuku to aoi fuku to, dochira ga kawaii desuka.
A : Aoi fuku no hou ga kawaii desu.
Harajuku de atarashii fuku wo kaitai.
Atatakai fuku wo kinasai.
Kanojo wa kuroi fuku wo kiteita.
Ano shiroi fuku wo kiteiru hito wa watashi no onii-san desu.
Onee-san wa taihan no okane wo fuku ni tsukau.
Kono fuku wo kite mite ii desuka.
Michiko wa itsumo charachara shiteita fuku wo kiteiru.
Ano mise wa yoku kodomo fuku no tokubai wo yaru.
Kore wa haha ga tsukutte kureta fuku desu.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang fuku yang merupakan bahasa Jepang untuk baju atau pakaian. Jadi, selain fuku, dalam bahasa Jepang baju dan pakaian bisa juga disebut ifuku. Sedangkan istilah youfuku digunakan untuk menunjukkan baju ala barat dan wafuku untuk menunjukkan baju atau pakaian tradisional Jepang.

Sampai di sini dulu belajar bahasa Jepangnya ya. Semoga selalu bermanfaat. Jangan lupa kepoin terus info terbaru seputar Jepang di Kepo Jepang!