Artikel kali ini akan membahas “sayang” dalam bahasa Jepang. Dalam bahasa Indonesia, “sayang” mempunyai 2 makna, yaitu cinta atau kasih, dan kasihan atau perasaan menyesal. “Sayang” yang akan dibahas kali ini adalah “sayang” yang bermakna cinta atau kasih, yang bahasa Jepangnya adalah itoshii.

Penjelasan “Itoshii

Selain berarti sayang, itoshii juga bisa diartikan kasih, tersayang, terkasih, dan seringkali di dalamnya mengandung makna kerinduan dan perasaan ingin melindungi terhadap seseorang yang sangat dekat dengan kalian. Kata itoshii ini umumnya diungkapkan untuk menyatakan rasa sayang kepada anak-anak, lawan jenis, dan hewan peliharaan, tapi terkadang bisa juga diungkapkan untuk benda mati atau barang. 

Seringkali ungkapan itoshii ini tidak mengharapkan balasan yang sama dari pihak lawan yang disayangi, tetapi hanya menunjukkan betapa dalamnya perasaan sayang kalian terhadap hal tersebut. 

Itoshii termasuk ke dalam kata sifat golongan I, disebut juga “i-keiyoushi” atau kata sifat berakhiran -i. Apabila bertemu dengan kata benda, kata itoshii tidak mengalami perubahan. Namun, jika dihadapkan dengan kata kerja maka itoshii berubah menjadi itoshiku + kata kerja.

Sebenarnya itoshii ini berkesan sedikit formal dan jadul, oleh karena itu, itoshii cukup jarang digunakan. Dan untuk mengungkapkan rasa kasih, sayang, cinta ataupun suka, orang Jepang lebih sering menggunakan kata suki atau ai.

Contoh Kalimat

Berikut contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata itoshii.

Kare wa watashi ni totte itoshii hito da.
Kekkon shite kanari tatte mo, zutto itoshii tsuma da.
Umareta bakari no wagako wa nanimono ni mo kae gatai itoshii sonzai desu.
Watashi wa anata ni itoshii hito ga arawareru koto wo inotteimasu.
Ano okaa-san wa kanojo wo “itoshii ko yo” to yobikaketa.
Watashi wa itoshii anata ni mondai ga okiteinai koto wo inotteimasu.
Onee-san wa itoshii shinyuu ni ai ni iku.
Watashi no itoshii mono.
Kimi ga itoshii desu.
Itoshii petto.

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat tentang itoshii yang bermakna sayang, kasih, tersayang, dan terkasih. Untuk “sayang” yang bermakna “kasihan” atau “perasaan menyesal” akan aku bahas di artikel lainnya ya.

Sampai di sini dulu belajar bahasa Jepangnya. Semoga mudah dipahami dan bermanfaat buat kali. Jangan lupa kepoin terus info-info seputar Jepang di blog Kepo Jepang ya!!