Kono kotae wa tadashii desuka?
Apakah jawaban ini benar?

Selain diartikan “benar”, dalam bahasa Indonesia kata tadashii juga bisa diartikan “betul” atau “tepat”. Sedangkan dalam bahasa Jepang kalian juga bisa menggunakan istilah lain untuk menyatakan “benar”, yaitu seikai.

Untuk membedakan masing-masing makna dan istilah lainnya, Kepo Jepang akan membahas penjelasannya dalam artikel ini. Kalian juga akan bisa dengan mudah memahami perbedaannya melalui contoh-contoh kalimat yang akan diberikan.

Langsung simak saja penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penjelasan “Tadashii

Tadashii termasuk ke dalam kata sifat golongan I atau i-keiyoushi. Dalam kamus bahasa Jepang – Indonesia, kata tadashii diartikan benar, betul, tepat, cocok, dan tulus. Secara sederhana, makna arti-arti dari kata tadashii tersebut adalah sebagai berikut :

  • Tidak ada kesalahan
  • Hal yang dibenarkan baik oleh akal, pikiran, maupun norma yang berlaku
  • Hal yang sudah teratur dan terorganisir

Adapun, pengertian kata tadashii dalam kamus bahasa Jepang, Daijiten, diperjelas sebagaimana berikut ini :

  • Bentuk dan arah yang lurus dan benar, atau tidak ada kelainan.
  • Masuk akal, sesuai fakta, dan akurat.
  • Sesuai dengan aturan, moral, dan tata krama. Tidak mengganggu norma dan standar kehidupan (masyarakat).
Tadashii to omou koto wo shinasai. (Lakukan apa yang menurut kamu benar.)

Dapat disimpulkan, bahwa makna tadashii lebih merujuk pada kebenaran yang esensial atau mendasar. Oleh karena itu, bisa jadi kebenaran yang menggunakan tadashii mengalami perubahan tergantung dari sudut pandangnya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tadashii termasuk ke dalam kata sifat golongan I yang mengalami perubahan sesuai dengan konteks kalimat. Untuk melihat perubahan bentuk dari kata sifat golongan I, kalian bisa membacanya di artikel “Daftar Perubahan Kata Sifat”.

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk “Benar”

Selain menggunakan kata tadashi, ada beberapa istilah lain dalam bahasa Jepang yang memiliki arti yang sama dengan tadashii. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Seikai

Berbeda dengan tadashii yang termasuk ke dalam kelas kata sifat, seikai termasuk ke dalam kata benda (meishii). Seikai sendiri dalam bahasa Indonesia bisa diartikan, benar, tepat atau pasti. Makna yang terkandung di dalamnya adalah, kebenarannya sejalan dengan fakta, akurat dan tidak ada kesalahan. 

Zenmon seikai datta yo!  (Semua jawaban saya benar loh!)

Dapat disimpulkan seikai dan tadashii memiliki arti dan makna yang hampir sama. Namun, kebenaran yang disampaikan dengan kata seikai dilihat dari sudut pandang keseluruhan, sehingga tidak akan mengalami perubahan. Oleh karena itu, penggunaan kata seikai sering kali terkesan lebih formal dan resmi dibandingkan tadashii.

Seitou

Secara harfiah, seitou diartikan “benar”, “wajar”, atau “sah”. Kata seitou sendiri termasuk ke dalam kata sifat golongan II, atau na-keiyoushi. Makna yang terkandung di dalamnya menunjukkan kebenaran yang masuk akal, wajar, jujur, dan tulus.

Kata seitou lebih umum digunakan sebagai bahasa tulisan. Selain itu, kata benda yang bisa dimodifikasi oleh kata seitou umumnya terbatas.

Contoh Kalimat

Berikut beberapa contoh kalimat untuk memudahkan kalian memahami setiap makna dari istilah-istilah yang sudah disebutkan di atas.

Tadashii

Tadashii to omou koto wo shinasai.
Anata wa tadashii ketsudan wo shita to omou yo.
Watashi no hatsuon wo tadashiku naoshite kuremasenka? 
Sono uwasa wa tadashii ni chigai nai.
Sono houhou wa tadashii kamo shirenai. Demo, watashi wa hantai da.
Tadashii to omou bun no ban’gou wo maru de kakomi nasai.
Kono kotae ga kanarazushi mo tadashii to wa kagiranai.
Kare wa tadashii koto to machigatta koto wo kubetsu dekinai.
Watashi tachi wa tadashii jouhou wo motomete iru.
Watashi wa kare no koudou ga tadashikatta to shinjite iru.

Seikai

Watashi ga tsukatta suuchi ga tan ni seikai dewa nakatta to iu koto desu. 
Zenmon seikai datta yo! 
Seikai wa gojuu-ichi peeji wo mite kudasai.
Kasa wo motte deta no wa seikai datta.
Watashi ga anata ni soudan shita no wa seikai datta.

Seitou

Seitou-na riyuu ga attara gakkou wo yasunde mo ii yo.
Jibun wo seitou-ka shite iru dake da yo!
Kanojo ga sore wo kotowaru no ni wa seitou-na riyuu ga aru.
Watashi no kurushimi wa tsumi ni taisuru seitou-na mukui kamoshirenai.
Kimi ga sono you na koto wo kan’gaeru seitou-na riyuu wa nai.

Kesimpulan

Itulah beberapa istilah bahasa Jepang yang berarti “benar”. Bisa kalian perhatikan melalui contoh-contoh kalimat di atas, penggunaannya hampir sama, tetapi nuansanya mungkin sedikit berbeda. Kalian tentu saja bisa menggunakan ketiga istilah tersebut, tetapi pastikan kalian menggunakannya sesuai dengan situasi dan siapa lawan bicara kalian. Perlu digaris bawahi, bahwa di antara ketiga istilah di atas, tadashii lah yang paling umum dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelumnya, mari kita perhatikan kembali beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa artinya “tadashii”?

A) Dalam bahasa Indonesia, “tadashii” bisa diartikan benar, betul, tepat, dan cocok.

Q) Apa perbedaan “tadashii” dan “seikai”?

A) Perbedaan yang paling kentara dari “tadashii” dan “seikai” adalah kelas katanya, “tadashii” merupakan kata sifat, sedangkan “seikai” adalah kata benda. Pada dasarnya, arti kedua kata ini hampir sama persis, tetapi “tadashii” sering kali mengandung makna yang lebih subjektif sedangkan kebenaran “seikai” lebih akurat. Selain itu, “seikai” bernuansa lebih formal dan resmi dibandingkan “tadashii”.

Q) Apa perbedaan “tadashii” dengan “tadashiku”?

A) “Tadashii” biasanya digunakan sebagai predikat dalam kalimat, sedangkan “tadashiku” adalah kata sifat tadashii yang berubah ketika bertemu dengan kata kerja, maknanya menjadi melakukan (kata kerja) dengan “tadashii”.

Q) Contoh kalimat menggunakan kata “tadashii” dan “tadashiku”?!

A) Tadashii : Tadashii ketsudan (keputusan yang tepat/benar). Tadashiiku : Tadashiku naoshite kudasai (Tolong perbaiki dengan benar)

Semoga penjelasan kosakata bahasa Jepang di atas mudah kalian pahami, dan tentunya bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lainnya dan simak terus informasi-informasi terbaru seputar bahasa Jepang dan jejepangan lainnya di Kepo Jepang. Dan pastikan kalian membaca pertanyaan lainnya seputar Jepang dan bahasa Jepang di halaman ini ya!