Okada sensei no kadai, dekita?
Tugas guru Okada udah beres?

Kare wa ninmu wo nashi togeta.
Dia (laki-laki) telah menyelesaikan tugasnya.

Baik kadai maupun ninmu pada kedua kalimat di atas termasuk ke dalam kategori kata benda dalam bahasa Jepang. Keduanya pun secara umum diartikan “tugas”. Lalu, apakah perbedaan kedua istilah ini?

Selain kedua istilah di atas, masih ada beberapa istilah lain yang bisa diartikan “tugas”. Oleh karena itu, melalui artikel ini Kepo Jepang akan berusaha menjelaskan istilah-istilah yang bisa kalian gunakan untuk menyatakan “tugas”.

Untuk lebih jelasnya langsung simak saja penjelasan di bawah ini.

Penjelasan “Kadai” dan “Ninmu

Dengan melihat kedua contoh kalimat di atas, pasti kalian bisa membedakan makna “tugas” dari kadai dan ninmu. Mari kita perhatikan penjelasan lengkap kedua kosakata ini.

Arti dan Makna “Kadai

Kadai umumnya digunakan sebagai istilah ketika “tugas” diberikan kepada siswa, pekerja, atau orang-orang tertentu. Dalam kamus bahasa Jepang, kadai dijelaskan sebagai berikut :

  1. Permasalahan, subjek, atau hal yang perlu diperbaiki yang diberikan kepada seseorang.
  2. Masalah atau pekerjaan yang harus diselesaikan.

Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa kadai adalah semacam subjek permasalahan yang harus ditemukan jawabannya oleh seseorang. Kadai sendiri umumnya digunakan untuk menunjukkan “permasalahan” atau “tugas” yang ada di sekolah (biasanya digunakan di jenjang perkuliahan), tempat kerja, atau masyarakat secara umum.

Arti dan Makna “Ninmu

Dalam kamus bahasa Jepang, ninmu dijelaskan sebagai sebuah tugas yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Ninmu mengacu pada tanggung jawab seseorang untuk melakukan tugas yang mau tidak mau harus dikerjakan. “Tugas” ini diberikan oleh seorang individu atau kelompok yang harus diselesaikan oleh seseorang dalam posisi publik untuk sesuatu yang sangat penting. Jadi, bisa dikatakan bahwa penerima ninmu ini adalah “seorang individu”.

Secara makna ninmu dan kadai bisa saling menggantikan. Hanya saja ninmu tidak bisa digunakan untuk menunjukkan “tugas sekolah” dan lebih banyak digunakan ketika membicarakan “tugas” secara umum yang biasanya digunakan dalam dunia kerja atau masyarakat.

Selain “tugas”, ninmu juga umum diartikan “kewajiban”, “tanggung jawab”, “misi”, atau “pekerjaan”.

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk “Tugas”

Berikut beberapa istilah Jepang lainnya yang memiliki makna “tugas” dan bisa kalian gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Tsutome

Tsutome secara umum diartikan “kewajiban”, “tugas”, atau “pekerjaan”. Maknanya hampir sama dengan ninmu. Namun, tsutome biasanya merujuk pada “tugas” atau “kewajiban” di mana seseorang atau kelompok dalam posisi tertentu harus melakukannya dalam lingkungan masyarakat secara umum.

Gimu

Secara harfiah gimu diartikan “tugas” atau “tanggung jawab”. Gimu umumnya merujuk pada tugas yang harus dilakukan secara legal dan moral sesuai dengan posisi sosial masing-masing. Gimu umumnya merujuk pada “tugas” dan “tanggung jawab” yang secara etika berhubungan dengan hukum, di mana pihak yang dikenai “tugas” mau tidak mau harus melakukannya.

Sekimu

Maknanya hampir sama dengan gimu, merujuk pada “tugas” dan “kewajiban” yang harus dilakukan dan dipenuhi sebagai bagian dari tanggung jawab pribadi.

Shokumu

Secara harfiah shokumu diartikan sebagai “tugas pekerjaan”. Jadi, istilah ini merujuk pada tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seseorang dengan penuh tanggung jawab di lingkungan pekerjaan.

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahami penggunaan istilah di atas, coba perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Kadai

Kyou no kadai wa, kono shorui wo junbi suru koto desu.
Tanaka sensei kara no kadai ga oosugiru.
Kono kadai wo oereba, gogo wa aku darou.
A : Sensei, konshuuchuu no kadai wo teishutsu dekinai to omoimasu.
B : Raishuu dashite mo kamaimasen yo.
Kyou, kadai wo dasanakereba naranai noni wasuremashita.
Hiru no jugyou ga hajimaru mae ni, toshokan de kadai wo shite shimaimasu. 
Tsuginaru shigoto e no kadai wo joushi ni dasareta.
Kyouju wa gakusei-tachi ni muzukashii kadai wo ataeta.

Ninmu

Watashi tachi no ninmu wa, kono toshi no hito-bito wo mamoru koto da.
Kare wa jibun no ninmu wo suikou shinakereba narimasen.
Watashi wa, kongo no kaisha no unmei wo kimeru hodo no ookina ninmu wo makasaremashita.
Kono juuyou-na ninmu wo buka ni takusu koto ni shimashita. 
Kare wa sono ninmu wo jibun no chikara dake de kanryou shimashita.
Anata no saisho no ninmu wa yosan wo minaosu koto desu. 
Yuunou-na keiji ga sono higeki no gen’in wo chousa suru ninmu ni atatta.

Istilah Lainnya

Kodomo ga yaritai koto wo dekiru you ni sasaeru no wa oya no tsutome desu.
Anata ni wa kono sagyou wo suru gimu ga aru. 
Ano hito wa tsuini sekimu wo hatashita.
Kare wa shokumu wo okotatta toshite togamerareta.

Kesimpulan

Itulah penjelasan beberapa kosakata bahasa Jepang yang artinya “tugas”. Kadai bisa dikatakan adalah istilah yang maknanya paling luas karena bisa mengacu pada “tugas sekolah” maupun “tugas pekerjaan”, mapun “tugas umum”. Adapun ninmu lebih umum digunakan untuk “tugas” yang berhubungan dengan lingkungan kerja dan masyarakat. Selain itu ada juga sekimu, gimu, tsutome dan shokumu. Masing-masing memang bisa diartikan “tugas” tapi memiliki sedikit nuansa yang berbeda. Pastikan kalian menggunakannya dengan tepat ya.

Sampai di sini dulu penjelasan bahasa Jepang kali ini. Semoga penjelasan beberapa kosakata bahasa Jepang di atas mudah dimengerti, dipahami, dan bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar bahasa Jepang. Jangan lupa simak terus informasi bahasa Jepang dan berita seputar Jepang di web maupun sosial media Kepo Jepang.

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa bahasa Jepangnya “tugas”?

A) Ada beberapa istilah bahasa Jepang yang artinya “tugas”, yaitu 課題 (kadai), 任務 (ninmu), 務め (tsutome), 責務 (sekimu), 義務 (gimu), dan 職務 (shokumu).

Q) Apa artinya 課題 (kadai)?

A) 課題 (kadai) artinya “tugas”. Dalam hal ini bisa mengacu pada “tugas sekolah”, “tugas pekerjaan”, maupun “tugas umum” dalam lingkungan masyarakat.

Q) Apa artinya 任務 (ninmu)?

A) 任務 (ninmu) artinya “tugas”, “kewajiban”, atau “tanggung jawab”. 任務 (ninmu) lebih banyak digunakan ketika membicarakan “tugas” secara umum yang biasanya digunakan dalam dunia kerja atau masyarakat.

Q) Apa artinya 義務 (gimu)?

A) 義務 (gimu) Secara harfiah gimu diartikan “tugas” atau “tanggung jawab”. Gimu umumnya merujuk pada “tugas” dan “tanggung jawab” yang secara etika berhubungan dengan hukum, di mana pihak yang dikenai “tugas” mau tidak mau harus melakukannya.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan informasi lain tentang Jepang, jangan lupa baca halaman ini ya!