Belajar bahasa Jepang kali ini akan membahas satu kosakata yang identik banget sama Jepang, yaitu taiyou (matahari). Selengkapnya, langsung simak penjelasan di bawah ini ya.

Penjelasan “Taiyou

Taiyou adalah kosakata dalam bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut “matahari”. Namun, selain menggunakan kata taiyou, dalam bahasa Jepang juga bisa digunakan kosakata hi untuk menyebut matahari. Untuk perbedaan kedua kosakata ini, perhatikan penjelasan di bawah.

Perbedaan “Taiyou” dan “Hi”

Hal mendasar yang paling membedakan kedua kata ini bisa dilihat dari maknanya. Taiyou hanya bermakna sebagai matahari dan berdiri sendiri sebagai satu kosakata. Sebagai kata tunggal hi memiliki makna “matahari”, tetapi hi bisa digabung dengan beberapa kata lain dan membentuk kosakata yang berhubungan dengan “matahari”.

Taiyou

Taiyou diambil dari kosakata China (kango), tepatnya dari ideologi klasik China “Ekisei-Shisou”, sebuah teori yang membenarkan pergantian dinasti dari lima elemen, berdasarkan ajaran Konfusianisme. Dalam ideologi ini disebutkan bahwa dunia terdiri dari 2 energi “yin” dan “yang”, di mana kekuatan dua energi ini disebut tai’in (bulan), bintang yang bersinar di malam hari dengan sumber energi “yin”, dan taiyou (matahari), bintang yang menyinari siang hari dengan sumber energi “yang”, dari sinilah kata taiyou diambil.

Hi

Apabila taiyou diambil dari bahasa China, hi merupakan kata murni dari bahasa Jepang. Kanji you dalam taiyou sendiri dalam cara baca Jepang dibaca hi. Huruf kanji hi yang berarti “matahari” yang digunakan saat ini merupakan shoukeimoji, yaitu karakter kanji yang lahir berdasarkan gambaran atau bentuk benda aslinya. Dalam hal ini, kanji hi diambil dari gambaran “matahari” itu sendiri (lihat gambar di bawah). 

sumber gambar
Istilah Bahasa Jepang yang Menggunakan Hi (Matahari)

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kata hi jika digabungkan dengan beberapa kata lain akan membentuk istilah bahasa Jepang yang berhubungan dengan matahari. Beberapa di antaranya bisa kalian lihat di bawah ini.

  • Hinode : matahari terbit
  • Higure : senja, matahari terbenam
  • Hizashi : sinar matahari
  • Hiyake : terbakar sinar matahari (keadaan kulit)
  • Hiatari, hinata : tempat yang banyak memperoleh sinar matahari
  • Higasa : parasol (payung pelindung dari matahari)
  • Asahi : matahari pagi
  • Haruhi : sinar matahari di musim semi
  • Dan sebagainya.

Contoh Kalimat

Berikut contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata taiyou.

Marude taiyou ga shizunde shimatta you ni sora wa kuraku narimashita.
Chikyuu wa taiyou no mawari wo mawatteiru.
Taiyou no enerugii wa mujinzou desu.
Mondai wa, taiyou no enerugii wa kosuto ga taka sugiru to iu koto desu.
Taiyou ga akaruku kagayaite ita.
Taiyou ga noboru mae kara kotori ga saezuri hajimeta.
Taiyou kara hifu wo hogo suru noni boushi ga hitsuyou desu.
Ha wa atsui taiyou wo ukete shibonde shimatta.
Taiyou no hikari ga heya wo attakaku suru.
Taiyou wa hiru ni kagayaki, tsuki wa yoru ni kagayaku.
Totsuzen atsui kumo ga taiyou wo ootta.
Taiyou wa fuyu ni hayaku shizumu.
Taiyou ga yuki wo tokashita.
Taiyou ga mabushii.
Watashi-tachi ga yama no choujou ni tsuita toki, taiyou ga masa ni noborou to shiteita.

Kesimpulan

Itulah penjelasan kosakata taiyou (matahari). Jadi, “matahari” dalam bahasa Jepang bisa menggunakan kata taiyou atau hi. Tentu saja yang paling umum digunakan adalah taiyou, namun hi juga banyak digunakan ketika menyebutkan istilah-istilah bahasa Jepang yang berhubungan dengan “matahari”.

Semoga belajar bahasa Jepang kali ini pun menarik dan bermanfaat buat kalian ya. Jangan lupa terus berlatih untuk memperlancar kemampuan bahasa kalian. Terus ikuti info-info seputar bahasa Jepang di blog Kepo Jepang ya!