Nani wo shite imasuka?

Kalian pasti pernah mendengar pertanyaan seperti kalimat di atas. Artinya adalah “apa yang sedang (kamu) lakukan?”. Ungkapan pertanyaan di atas merupakan salah satu kalimat tanya dalam bahasa Jepang yang mungkin sering diucapkan dan didengar dalam kehidupan sehari-hari di Jepang.

Untuk lebih memahami penggunaan ungkapan di atas, kali ini Kepo Jepang akan membahas arti keseluruhan kata dalam kalimat tanya di atas dan kalimat tanya lain yang bisa digunakan dalam nuansa kasual atau non-formal. Lebih jelasnya, langsung simak saja penjelasan di bawah ini.

Penjelasan “Nani wo shite imasuka?

Ungkapan pertanyaan di atas adalah sebuah kalimat tanya dalam bahasa Jepang yang digunakan ketika kita hendak menanyakan apa yang sedang dilakukan atau dikerjakan seseorang. Kalimat tanya ini terdiri dari :

Oleh karena itu, arti dari kalimat di atas secara keseluruhan adalah “apa yang sedang (kamu) lakukan?”, atau sederhananya diartikan “sedang apa?”. Kata ganti orang (kamu), bisa saja berubah-ubah tergantung siapa “seseorang” yang sedang dibicarakan, bisa saja artinya berubah menjadi kalian, dia, atau mereka. 

Nani wo shite imasuka? sendiri merupakan bentuk kalimat tanya dalam nuansa sopan dan halus (teinei-go), yang tentunya umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam situasi resmi dan formal. Untuk ungkapan yang lebih kasual yang bisa digunakan dalam percakapan sehari-hari dengan orang terdekat, bisa digunakan nani wo shite iru (no)? atau nani shiteru (no)?, dengan nada pengucapan yang naik. Dalam bahasa Indonesia bisa diartikan “sedang apa?” atau “lagi apa?”.

Sebagai tambahan, nani wo shite imasuka?  bisa juga digunakan ketika menanyakan pekerjaan seseorang. Sebagai contohnya, coba perhatikan kalimat di bawah ini!

A : Otou-san wa nani wo shite imasuka?
B : Nihongo wo oshiete imasu.

Informasi Tambahan

Nani wo shite imasuka? memang sudah termasuk ke dalam bentuk kalimat yang sopan, tetapi jika kalian hendak menggunakannya dalam dunia bisnis atau kerja, ada beberapa perubahan yang bisa kalian gunakan untuk menunjukkan kesopanan dan kehormatan (sonkei-go). Berikut beberapa bentuk sonkei-go dari nani wo shite imasuka? untuk digunakan dalam dunia kerja atau bisnis :

  • Nani wo nasatte irasshaimasuka?
  • Nani wo sarete irasshaimasuka? 
  • Nani wo nasatte imasuka? 
  • Nani wo sarete imasuka? 
  • Nani wo shite irasshaimasuka?

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahami penggunaan kalimat tanya di atas, mari kita simak beberapa contoh kalimat di bawah ini.

A : Ima, nani wo shite imasuka?
B : Terebi wo mite imasu.
A : Okaa-san wa nani wo shite imasuka?
B : Haha wa heya wo souji shite imasu.
A : Nani shiteru no?
B : Man’ga yonderu wa.
A : Kare wa nani wo shite iru?
B : Geemu wo yatte iru.
A : Tanaka-san wa nani wo shite imasuka?
B : Kaigi wo shite imasu.
A : Kanojo wa nani wo shite iru to omou?
B : Mattaku wakaranai.
A : Nani shiteru no?
B : Tada kutsuroideru dake.
A : Nee, nani shiteru no?
B : Toku ni nani mo shitenai yo. Anata wa?
A : Nani wo shite iru no?
B : Ima, raishuu shimekiri no gakkou no shukudai wo shite iru yo.
A : Nani wo shite imasuka?
B : Yuuhan wo junbi shite imasu.

Kesimpulan

Itulah penjelasan kalimat tanya nani wo shite imasuka? yang digunakan untuk menanyakan apa yang sedang dilakukan atau dikerjakan seseorang. Kalimat tanya ini pun bisa digunakan untuk menanyakan pekerjaan seseorang. Kalimat yang bernuansa sopan dan halus ini secara umum digunakan dalam situasi formal atau semi-formal dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga penjelasan ungkapan bahasa Jepang di atas bisa dengan mudah kalian pahami dan mengerti. Jangan lupa ikuti terus informasi seputar bahasa Jepang dan hal-hal berbau Jepang lainnya di blog dan semua media sosial Kepo Jepang ya.

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa artinya 何をしていますか (nani wo shite imasuka)?

A) 何をしていますか (nani wo shite imasuka) adalah kalimat tanya yang digunakan untuk menanyakan hal apa yang sedang dilakukan atau dikerjakan seseorang. Secara harfiah diartikan “apa yang sedang (kamu) lakukan?”, “sedang apa?”, atau bahasa kasualnya “lagi apa?”. Namun, kalimat tanya ini bisa juga digunakan untuk menanyakan pekerjaan seseorang yang diartikan “apa pekerjaan Anda?”.

Q) Apa bahasa Jepangnya “sedang apa?” atau “lagi apa?”?

A) “Sedang apa?” atau “lagi apa?” dalam bahasa Jepang adalah 何をしていますか?(nani wo shite imasuka?) yang secara umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan bernuansa sopan dan halus. Atau 何をしている(の)? (nani wo shite iru [no]?) dan 何してる(の)?(nani shiteru [no]?) yang bisa digunakan sebagai percakapan sehari-hari yang bernuansa kasual atau non-formal.

Q) Apa bedanya 何をしていますか?(nani wo shite imasuka?) dan 何をしている? (nani wo shite iru?)?

Q) 何をしていますか?(nani wo shite imasuka?) memiliki kesan sopan dan halus, dan umum digunakan dalam situasi formal atau semi-formal. Sedangkan 何をしている? (nani wo shite iru?) bernuansa kasual atau non-formal dan digunakan dalam percakapan sehari-hari dengan orang-orang yang sudah cukup akrab dengan kita.

Q) Bagaimana mengucapkan 何をしていますか?(nani wo shite imasuka?) kepada atasan di tempat kerja?

A) Dalam dunia kerja ada istilah sonkei-go atau bahasa sopan. Adapun kalimat yang bisa menggantikan 何をしていますか?(nani wo shite imasuka?) di antaranya adalah “nani wo nasatte irasshaimasuka?”, “nani wo sarete irasshaimasuka?”, “nani wo nasatte imasuka?”, “nani wo sarete imasuka?”, atau “nani wo shite irasshaimasuka?”.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan info-info menarik tentang Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.