Nihon no seikatsu wa dou desuka?

Tahukah kalian apa arti kata tanya dou desuka pada kalimat di atas? Secara sederhana dou desuka adalah cara sopan ketika mengungkapkan pertanyaan “bagaimana” kepada lawan bicara. Dalam nuansa kasual pengucapannya cukup dengan dou saja.

Untuk memahami lebih jelas tentang penggunaan kata tanya dou desuka, Kepo Jepang akan membahas arti, makna, penggunaan, dan bentuk kata tanya lain yang bisa digunakan untuk menggantikan dou desuka.

Selanjutnya, mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penjelasan “Dou desuka

Arti kalimat di atas adalah “bagaimana kehidupan di Jepang?”

Secara harfiah, kata dou pada dou desuka sudah memiliki arti “bagaimana” atau “dengan cara apa”. Desuka ditambahkan setelah dou untuk mengubahnya menjadi bentuk kata tanya yang lebih sopan dan halus. Oleh karena itu, dalam nuansa non-formal kalian cukup mengatakan dou saja ketika menanyakan “bagaimana” kepada seseorang.

Kata tanya dou umumnya digunakan untuk menanyakan beberapa hal kepada lawan bicara, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kesan atau pendapat lawan bicara tentang sesuatu.
  2. Menanyakan cara atau metode melakukan sesuatu.
  3. Menanyakan penilaian atas suatu gagasan.

Dikarenakan dou desuka sudah merupakan bentuk sopan, kata tanya ini bisa digunakan dalam berbagai suasana, termasuk dalam lingkungan kerja antar karyawan yang lebih junior dan senior. Namun, ketika kalian berhadapan dengan atasan, kolega bisnis, atau klien dari perusahaan lain, dou desuka kurang tepat untuk digunakan karena dirasa kurang sopan. 

Sebagai tambahan, dou desuka yang secara umum digunakan dalam percakapan sehari-hari memiliki nuansa keakraban dan kehangatan. Jadi, selain lebih sopan dari dou, penggunaan dou desuka pun masih memberikan nuansa kedekatan antara pembicara dan lawan bicara. 

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk Menyatakan “Bagaimana”

Seperti yang sudah disebutkan di atas, dou dengan penambahan desuka sudah merupakan bentuk sopan dan halus ketika menyatakan “bagaimana”. Namun, dalam situasi tertentu ada kata tanya lain yang lebih sopan yang bisa kalian gunakan untuk mengganti kata tanya dou desuka.

Dou deshouka

Kata tanya dou deshouka adalah ekspresi ketika bertanya kepada orang lain yang lebih sopan dari dou desuka dan digunakan saat mendengarkan pendapat. Walaupun memiliki nuansa yang sopan dan hormat, dou desuka mengandung makna bahwa kalian sangat yakin dengan apa yang kalian ucapkan, hanya saja kalian ingin mendengar bagaimana pendapat lawan bicara.

Oleh karena itu, sangat tepat untuk menggunakan dou deshouka dengan seseorang yang memiliki hubungan yang relatif dekat, seperti junior dan senior di kantor dengan hubungan yang dekat. Berhati-hatilah saat menggunakannya pada atasan karena akan memberikan kesan kasar.

Ikaga deshouka

Kata tanya ikaga deshouka memiliki nuansa sopan dan hormat yang lebih tinggi lagi dibandingkan dou deshouka. Kata tanya ini bisa digunakan ketika kalian bertanya kepada pihak lain tentang situasi, kondisi dan pendapat yang ingin kalian dengar dengan jelas. 

Ikaga deshouka umumnya digunakan dalam situasi di mana pembicara perlu merendahkan diri, seperti dalam percakapan dengan atasan atau mitra bisnis. Bentuk sopan ini juga dapat digunakan dalam situasi di mana pembicara berusaha menyampaikan saran secara lembut.

Di sisi lain, jika kalian menggunakannya dalam percakapan kasual dengan teman yang dekat, kalian mungkin akan dianggap menjauhkan diri dan kurang akrab, yang mungkin tidak cocok dalam situasi tersebut.

Informasi Tambahan

Kata tanya dou selain digunakan dengan desuka sebagai kata tanya, bisa juga digabungkan dengan kata lain, seperti dou yatte yang digunakan untuk menanyakan cara melakukan sesuatu. Namun, dou yatte umumnya digunakan sebagai bahasa lisan dan kasual, untuk bahasa sopan dari dou yatte yaitu dou no you ni.

Contoh Kalimat

Untuk memudahkan kalian memahami makna dan penggunaan istilah-istilah di atas, mari simak beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Dou / Dou desuka

A : Toukyou no seikatsu wa dou desuka?
B : Benri desu ga, toukyou wa yachin ga takai desu.
Taichou wa dou desuka?
Tenki wa dou desuka?
Eiga nanka dou?
A : Nihon-go no benkyou wa dou desuka?
B:Muzukashii keredo, shinbun mo yomeru you ni nattashi, nihon-go de joudan mo ieru you ni natta yo.
Hitori de kan’gaete inaide, tomodachi ni soudan shite mitara dou desuka?
Sonna ni nayamanaide, yatte mitara dou desuka?
Muri wo shinaide, tomodachi ni tanonde mitara dou desuka?
Itsuka issho ni ohiru gohan demo dou desuka?
Saki ni hiru-gohan wo taberu no wa dou?
Watashi no nihongo no hatsuon wa dou desuka?
Atarashii gakkou wa dou desuka? Tomodachi ga dekimashitaka?

Dou deshouka

Tanaka-sama no goyousu wa dou deshouka? 
Sukoshi tooku made dekakeru no wa dou deshouka?
Ashita no paatii wa dou deshouka?
Sono apuri wo riyou shitara dou deshouka?
Ichi-ji de dou deshouka?

Ikaga deshouka

Shibaraku gobusatashite orimasu ga, okarada no guai wa ikaga deshouka?
Kochira no shouhin wa, ima okaiage itadaku to sen-en biki to narimasu. Gokentou no hodo ikaga deshouka?
Otou-sama no taichou wa ikaga deshouka?
Okyaku-sama, onomimono wa ikaga deshouka?

Dou yatte

Eki made dou yatte ikimasuka?
Kore wo dou yatte naoshita ndesuka?
Kore dou yatte tsukau ka shitteru?
Sensei, dou yatte kanji wo oboetara ii desuka?
Kore wa dou yatte tabemasuka?

Kesimpulan

Itulah penjelasan bagaimana menggunakan kata tanya dou desuka dan beberapa kata tanya lainnya yang juga bisa digunakan untuk menanyakan “bagaimana”. Dapat disimpulkan bahwa dou desuka merupakan kata tanya dalam bentuk sopan dan mengucapkan dou saja sudah berarti “bagaimana” tetapi nuansanya lebih kasual. Pastikan kalian menggunakan setiap kata tanya sesuai dengan situasi, kondisi, dan siapa lawan bicara kalian.

Semoga penjelasan kata tanya dou desuka di atas bisa dengan mudah kalian pahami dan mengerti. Jangan lupa ikuti terus informasi seputar bahasa Jepang dan hal-hal berbau Jepang lainnya di blog dan semua media sosial Kepo Jepang ya.

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa bahasa Jepangnya “bagaimana”?

A) Bahasa Jepangnya “bagaimana” adalah “dou”, untuk lebih sopannya adalah “dou desuka”.

Q) Apa artinya “dou desuka”?

A) “Dou desuka” artinya adalah “bagaimana”.

Q) Bagaimana mengucapkan “dou desuka” kepada atasan di tempat kerja?

A) Walaupun “dou desuka” sudah termasuk sopan, tidak baik menggunakannya kepada atasan atau kolega bisnis. Sebaiknya gunakanlah “ikaga deshouka” yang jauh lebih sopan dan hormat.

Q) Apa bedanya “dou yatte” dan “dou desuka”?

A) Jika “dou desuka” menanyakan “bagaimana” untuk segala hal, “dou yatte” umumnya digunakan untuk menanyakan cara melakukan sesuatu. Jadi, secara harfiah artinya “bagaimana cara (kata kerja)?”.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan info-info menarik tentang Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.