Kono doresu kawaii desu ne.

Apakah kalian pernah mendengar ungkapan kawaii dalam sebuah percakapan bahasa Jepang seperti di atas? Kawaii dalam bahasa Indonesua bisa diartikan “lucu”, “imut”, “manis”, atau “cantik”, tergantung dari konteks kalimatnya itu sendiri.

Kawaii pada kalimat di atas bisa diartikan “lucu” atau “imut”. Arti kalimatnya sendiri adalah “gaun ini lucu ya”. Melaui artikel ini, Kepo Jepang akan membahas pengertian dan makna kata kawaii dan memberikan beberapa contoh untuk memudahkan pemahaman kalian.

Untuk lebih mudah memahami penggunaan kata kawaii, yuk langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. Jangan lupa tonton juga video penjelasannya ya!

Penjelasan “Kawaii”

Kawaii termasuk ke dalam kelas kata sifat golongan I, atau disebut juga i-keiyoushi. Dalam bahasa Indonesia, kawaii secara sederhana diartikan lucu, manis, imut, menarik, menawan, bagus, atau cantik. Kawaii biasa dipakai bukan hanya untuk mendeskripsikan orang saja, tetapi bisa juga digunakan untuk mendeskripsikan sebuah benda.

Contoh Kalimat

Untuk memahami penggunaan kata kawaii, mari kita simak beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Ano ko wa kawaii desu.
Kono fuku wa kawaii desu ne.
Kono neko, kawaii desu ne.
Kono kaban, kawaii!
A : Akai fuku to aoi fuku to, dochira ga kawaii desu ka?
B : Aoi fuku no hou ga kawaii desu.
Kurasu no naka de, Sakura-san ga ichiban kawaii desu.

Kesimpulan

Bagaimana teman-teman?! Sekarang sudah tahu kan kalau kata kawaii bisa digunakan bukan hanya untuk mendeskripsikan orang saja, tetapi bisa juga untuk binatang atau benda. Oh iya, ketika kalian menggunakannya dalam suasana non-formal, akhiran desu bisa kalian hilangkan. 

Semoga penjelasan kosakata bahasa Jepang di atas mudah kalian pahami dan mengerti. Jangan lupa baca artikel lainnya seputar Jepang dan bahasa Jepang di web Kepo Jepang ya.