Memahami bacaan ketika mempelajari suatu bahasa adalah salah satu hal yang sangat penting. Begitu juga ketika kalian belajar bahasa Jepang. Namun, banyak sekali pembelajar bahasa Jepang yang sering kali merasa kesulitan menghadapi persoalan tentang “membaca” ini.

Oleh karena itu, melalui artikel ini Kepo Jepang akan mencoba berbagi tips yang mungkin bisa membantu kalian meningkatkan kemampuan membaca dalam bahasa Jepang. Mau tahu bagaimana? Langsung simak saja selengkapnya di bawah ini.

Melatih dan Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Jepang

Membaca mungkin memang terkesan mudah, tetapi memahami bacaan adalah masalah yang berbeda. Ketika mempelajari bahasa asing, salah satu kesulitan yang sering dihadapi pembelajar adalah memahami bacaan terutama bacaan panjang. Jika kita tidak mengetahui inti dari bacaan tersebut, kita akan kesulitan memahami maksudnya.

Jadi, apakah ada cara terbaik untuk belajar membaca bahasa Jepang dan memahaminya dengan mudah? Cobalah cara-cara di bawah ini untuk belajar membaca bahasa Jepang dengan mudah.

Memahami Bahwa Bahasa Jepang Menggunakan 3 Huruf

Sebagai pengguna huruf alfabet (Romaji), salah satu kesulitan dalam belajar bahasa Jepang bagi pembelajar Indonesia adalah penggunaan 3 jenis huruf selain Romaji, yaitu Hiragana, Katakana, dan Kanji. Oleh karena itu, langkah pertama sebelum mulai berlatih membaca bahasa Jepang kalian harus terlebih dahulu mengenal dan memahami penggunaan ketiga jenis huruf ini.

Untuk lebih memahami ketiga huruf yang digunakan oleh orang Jepang, silakan baca kembali di halaman ini.

Tingkatkan Kemampuan Kosakata dan Tata Bahasa Jepang

Kalian tidak akan bisa meningkatkan kemampuan dan keterampilan membaca teks bahasa Jepang jika kalian tidak menguasai kosakata dan tata bahasa Jepang. Pemahaman terhadap kosakata dan tata bahasa adalah pondasi utama untuk membantu kalian meningkatkan kemampuan dan keterampilan membaca, menulis, dan berbicara. Dengan menguasai berbagai variasi kosakata maka bahan teks bacaan kalian akan lebih beragam.

Sama halnya dengan tata bahasa, kalian perlu mempelajari lebih banyak struktur agar dapat memahami isi dan konteks dari teks bacaan tersebut. Mungkin kalian bisa membaca keseluruhan isi teks, tetapi jika kalian tidak memahami tata bahasa yang digunakan maka kalian akan kesulitan memahami keseluruhan konteks bacaan tersebut.

Kalian bisa membaca tips belajar kosakata di halaman ini, dan mempelajari berbagai macam kosakata di halaman ini. Jangan lupa juga untuk membaca artikel-artikel yang memuat berbagai macam tata bahasa sesuai JLPT di halaman ini.

Kenali Struktur Bacaan Bahasa Jepang

Buku-buku bahasa Jepang pada umumnya ditulis dengan dua cara. Ada yang sama dengan sistem penulisan buku pada umumnya (kiri -> kanan), dan dari atas ke bawah (tategaki). Cara penulisan dengan tategaki ini masih banyak digunakan untuk buku umum, novel dan karya-karya sastra lainnya.

Tentu saja bacaan dengan menggunakan struktur penulisan standar pun banyak. Misalnya, berita-berita di media online umumnya ditulis dari kiri ke kanan. Namun, sebagai pembelajar bahasa Jepang ada baiknya kalian mencoba berbagai macam bahan bacaan. Dengan mengenali struktur bacaan kalian tidak akan dibuat pusing ketika berlatih membaca untuk meningkatkan kemampuan kalian.

Menyesuaikan Bahan Bacaan dengan Kemampuan Bahasa Jepang Kalian

Adalah sebuah kesalahan besar ketika kalian berlatih membaca menggunakan teks yang tidak sesuai dengan kemampuan kalian. Sebelum memulai latihan membaca, ketahuilah sejauh mana kemampuan bahasa Jepang kalian sehingga kalian bisa mencari bahan bacaan yang tepat.

Misalnya untuk pemula kalian bisa mulai membaca menggunakan buku-buku anak, atau buku pelajaran seperti Minna no Nihongo. Untuk pembelajar yang levelnya sudah lebih tinggi bisa mulai membaca berita-berita sederhana, cerita-cerita pendek, atau novel dengan cerita ringan. Dan bagi teman-teman yang sudah cukup terbiasa dengan tulisan bahasa Jepang, kalian bisa memilih berita harian yang cukup panjang, artikel bahasa Jepang di berbagai media, novel, dan bahan bacaan lainnya. Sebagai tambahan, kalian juga bisa menggunakan buku latihan membaca (dokkai) JLPT yang sesuai dengan level kalian.

Hindarilah Membaca Bacaan Jepang dalam Bentuk Romaji

Setelah menguasai ketiga huruf yang disebutkan di atas, berikutnya adalah melatih diri membaca bacaan bahasa Jepang. Namun, usahakanlah jangan mengandalkan Romaji saat membaca bahasa Jepang. Jika kalian terlalu terbiasa membaca Romaji, ini akan memperlambat kelancaran kalian dalam membaca tulisan dalam huruf Jepang.

Jika kalian pembelajar pemula yang belum terbiasa dengan Kanji, carilah teks bacaan yang menggunakan tulisan hiragana atau menambahkan Furigana (tambahan Hiragana di atas Kanji dan Katakana). Dengan begitu, kalian akan terbiasa menghadapi teks bacaan dalam huruf Jepang yang akan membantu meningkatkan kemampuan membaca kalian.

Jadikan Membaca Teks Bahasa Jepang sebagai Kebiasaan

Cara terbaik untuk melatih kemampuan bahasa Jepang kalian adalah dengan rajin membaca teks bahasa Jepang. Manfaatkanlah setiap teks bacaan yang ditulis dalam bahasa Jepang untuk dijadikan sebagai bahan latihan. 

Menjadikan membaca teks bahasa Jepang sebagai kebiasaan dapat meningkatkan keterampilan membaca dan pemahaman bahasa yang lebih baik, selain itu kalian juga bisa meningkatkan pengetahuan akan variasi kosakata dan tata bahasa, serta meningkatkan keterampilan menulis dan berbicara kalian.

Untuk menjadikan membaca teks bahasa Jepang sebagai sebuah kebiasaan, tentukanlah target membaca. Misalnya, dalam satu hari berlatih membaca 2-3 halaman teks bahasa Jepang atau berlatih membaca selama 15-30 menit. Cara ini sangat efektif untuk memulai kebiasaan membaca. 

Berikut beberapa kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan untuk membantu kalian menjadikan membaca teks bahasa Jepang sebagai sebuah kebiasaan :

Membaca Berita

Jika kalian ingin meningkatkan kemampuan membaca kalian, mulailah membaca berita dalam bahasa Jepang. Di zaman serba digital ini, kalian akan dengan mudah menemukan berita bahasa Jepang secara online. Selain mengasah kemampuan membaca, kalian juga bisa mengikuti perkembangan terkini di Jepang.

Menjelajahi Dunia Manga

Untuk kalian yang sudah terbiasa membaca manga, mungkin bisa mencoba dengan membaca manga dalam bahasa Jepang. Kalian bisa menyesuaikan bacaan dengan genre yang kalian sukai. Selain membantu melatih membaca, kalian juga bisa menjalankan hobi yang menyenangkan. 

Menggunakan Terjemahan Bahasa Jepang Ketika Menonton Drama, Anime atau Film

Saat ini sudah banyak sekali media platform untuk menonton drama, anime atau film Jepang. Misalnya yang paling banyak digunakan adalah Netflix. Ketika teman-teman menonton, cobalah gunakan terjemahan bahasa Jepang. Selain melatih kemampuan membaca, tentunya kalian juga bisa melatih pendengaran dan pemahaman dari setiap percakapan yang diucapkan dalam drama, anime atau film tersebut. Dengan mencoba cara ini, selain belajar bahasa Jepang kalian juga bisa menikmati kegiatan yang menyenangkan.

Terjemahan dalam media seperti ini mungkin cukup cepat, tetapi saat ini ada teknologi di mana kalian bisa memperlambat video yang tentunya akan memudahkan kalian. Lakukanlah kegiatan seperti ini secara berulang sampai kalian bisa terbiasa membaca terjemahan bahasa Jepang dengan kecepatan normal.

Menggunakan Aplikasi Membaca Teks Bahasa Jepang

Di era digital saat ini ada banyak sekali aplikasi untuk belajar membaca bahasa Jepang. Dengan menggunakan aplikasi membaca seperti ini, kalian bisa melakukannya di manapun dan kapan pun. Selain praktis berlatih dengan menggunakan aplikasi juga akan menyenangkan. Berikut beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk berlatih membaca teks bahasa Jepang :

Membaca Teks Bacaan yang Disertai Terjemahan

Selain meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Jepang, kalian juga perlu memahami isi dan maksud dari bacaan tersebut. Oleh karena itu, menggunakan teks bacaan yang disertai terjemahan dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris akan membantu meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman kalian terhadap teks bacaan Jepang.

Kalian bisa menggunakan novel, manga, atau buku cerita bahasa Jepang yang sudah memiliki terjemahan dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Cara lain yang bisa kalian lakukan adalah melalui media hiburan seperti drama, anime, film atau musik. Gunakan terjemahan Jepang dan bacalah lirik lagu dalam bahasa Jepang, kemudian pahamilah isi dan maksudnya dengan membaca kembali terjemahannya.

Tentu saja ketika belajar membaca teks bahasa Jepang jauh lebih baik jika kalian bisa memahami isinya tanpa harus melihat terjemahan. Namun, terkadang ada beberapa konteks yang mungkin tidak bisa kita mengerti. Sehingga, dengan membaca kembali teks terjemahan kalian akan semakin memahami apa yang sebelumnya kalian tidak pahami.

Dengan menggunakan metode ini, maka kemampuan membaca dan pemahaman kalian terhadap teks bacaan bahasa Jepang akan semakin membaik.

Gunakanlah Kamus yang Baik dan Mudah Dipahami

Keberadaan kamus sangatlah penting untuk membantu kalian memahami isi dan maksud dari teks bacaan yang kalian baca. Kalian bisa menggunakan buku kamus, kamus elektronik, maupun kamus online. Namun, pastikan kamus-kamus tersebut bisa kalian pahami isinya dan cukup memiliki reputasi yang baik dari kalangan pengguna kamus.

Kalian bisa menggunakan kamus Jepang-Indonesia, Jepang-Inggris atau Jepang-Jepang, yang penting penjelasan makna dalam kamus tersebut bisa kalian mengerti dengan baik. Kalian bisa mencari tahu kamus-kamus terbaik apa saja yang bisa kalian gunakan. Salah satu kamus Jepang-Indonesia yang paling banyak digunakan adalah kamus Kenji Matsuura. Adapun untuk kamus elektronik dan online ada banyak pilihan yang bisa kalian gunakan.

Sebagai tambahan, menggunakan kamus Jepang-Jepang akan sangat memudahkan kalian dalam memahami bacaan bahasa Jepang. Pengertian masing-masing kosakata biasanya jauh lebih detail dibandingkan kamus lain. Namun, tentu saja jauh lebih baik digunakan jika kalian sudah termasuk ke dalam level menengah sekitar JLPT N3.

Membaca dengan Sistem Tiga Langkah

Membaca langsung teks bacaan secara keseluruhan memang tidak menjadi masalah, tetapi ketika kalian hendak melatih pemahaman membaca sekaligus ada baiknya kalian melakukannya secara bertahap.

Pertama, tandailah kosakata-kosakata yang tidak kalian mengerti. Jika ada Kanji yang tidak kalian ketahui, carilah cara bacanya terlebih dahulu. Kemudian bacalah teks tersebut dengan suara keras untuk meningkatkan kemampuan pengucapan dan kelancaran membaca kalian. Jika ada beberapa paragraf, bacalah satu persatu. Setelah itu, carilah arti dan makna dari kosakata dan tata bahasa yang tidak kalian pahami. Apabila kalian sudah bisa memahami maksud dari isi bacaan tersebut, baca kembali secara keseluruhan.

Dengan menggunakan metode ini, selain kalian berlatih membaca kalian juga bisa meningkatkan pemahaman kalian terhadap isi teks bacaan.

Fokus Pada Sumber Bacaan Tertentu Sampai Kalian Memahaminya

Seperti disebutkan di atas, ada banyak sekali sumber teks bacaan yang bisa kalian gunakan untuk melatih kemampuan membaca. Agar berhasil mencapai tujuan kalian, sangatlah penting untuk menghindari membanjiri diri kalian dengan terlalu banyak bahan teks bacaan secepat mungkin.

Dalam artian, ketika kalian berlatih membaca jangan beralih ke teks bacaan lainnya sampai kalian benar-benar memahami isi dan maksud dari bacaan tersebut. Dengan melakukan hal ini, teknik membaca kalian akan meningkat dan pemahaman kalian terhadap bacaan pun akan semakin membaik.

Berlatih Membaca dengan Suara Keras

Melatih diri untuk membaca teks bacaan bahasa Jepang dalam suara keras bisa membantu meningkatkan kemampuan membaca kalian. Dengan cara ini, kalian tidak hanya melatih cara baca saja, tetapi juga melatih pengucapan dan intonasi setiap kata bahasa Jepang yang ada dalam teks tersebut dan kalian akan bisa menjadi lebih baik dalam membaca teks bahasa Jepang.

Berlatih dengan cara ini pun bisa membantu meningkatkan kecepatan membaca kalian. Pada saat awal tidak masalah jika kalian menggunakan kecepatan lambat. Dengan menggunakan suara yang keras, kalian akan tahu di mana kalian harus berhenti, memperlambat, atau mempercepat bacaan kalian. Semakin kalian sering berlatih dengan cara ini, maka kemampuan dan kecepatan membaca kalian akan semakin membaik.

Membaca Sambil Mendengarkan

Ada banyak sekali bahan bacaan bahasa Jepang yang menyediakan versi audio. Metode ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca kalian. Pertama, dengarkanlah terlebih dahulu versi audio dari sebuah teks bacaan tanpa ikut membacanya. 

Setelah selesai, ulangi kembali audio tersebut dan bacalah secara bersamaan. Tandai kata-kata atau bagian yang kalian rasa sulit ketika kalian membaca sambil mengikuti audio yang asli. Lakukanlah metode ini secara berulang-ulang, sampai kalian bisa menyamakan kecepatan dan pelafalan kalian dengan audio yang asli. Metode ini tidak hanya membantu kemampuan membaca kalian saja, tetapi juga membantu memperbaiki pelafalan dan kecepatan membaca.

6 Situs Menarik yang Bisa Digunakan Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Bahasa Jepang

Banyak sekali sumber bacaan secara online yang bisa kalian gunakan untuk melatih kemampuan membaca bahasa Jepang. Berikut beberapa di antaranya!

Koleksi Cerita Rakyat Tradisional Jepang Fuku Musume

Untuk teman-teman pemula, kalian bisa mencoba situs “Hukumusume Fairytale Collection”. Ada banyak sekali pilihan cerita rakyat Jepang dari berbagai genre. Bahan bacaan sebagian besar menggunakan Hiragana yang disertai terjemahan bahasa Inggris. Selain itu disediakan juga versi audio untuk mempermudah kalian dalam memahami pelafalan yang tepat. Selain membantu meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman kalian terhadap teks bahasa Jepang, kalian juga akan mengenal berbagai macam cerita rakyat yang ada di Jepang.

e-hon

Variasinya memang tidak sebanyak “Hukumusume”, tetapi cerita anak bergambar di “e-hon” bisa kalian gunakan untuk berlatih membaca bahasa Jepang. Sayangnya situs ini tidak menyediakan terjemahan. Namun, karena cerita anak isinya jauh lebih mudah dipahami untuk pelajar pemula.

Watanoc

Bagi teman-teman yang sudah menguasai JLPT N4 dan N3, situs ini bisa menjadi pilihan untuk berlatih membaca bahasa Jepang. “Watanoc” merupakan majalah digital yang menggunakan bahasa Jepang sederhana. Setiap artikel dilabeli level JLPT N4 atau N3 sehingga kalian bisa memilih artikel yang sesuai dengan kemampuan kalian. Selain itu, setiap kosakata dalam artikel bisa kalian klik untuk mengetahui artinya (bahasa Inggris). Jadi, selain melatih membaca kalian juga akan dengan mudah memahami isi dari bacaan tersebut.

NHK Web Easy

Jika kalian ingin mencapai level yang lebih tinggi dalam membaca bahasa Jepang, cobalah menggunakan “NHK Web Easy”. Situs ini memuat artikel berita terbaru dalam bahasa Jepang yang mudah. Setiap harinya ada 3-4 berita terbaru yang dimuat.

Setiap artikel menambahkan Furigana (Hiragana yang ditulis di atas Kanji dan Katakana) untuk memudahkan kalian membaca keseluruhan artikel. Selain itu, disediakan juga versi audio dengan kecepatan lambat yang bisa membantu kalian melatih pelafalan dalam membaca masing-masing artikel.

Selain melatih kemampuan membaca dan pemahaman terhadap teks bahasa Jepang, kalian juga bisa mengetahui informasi terbaru yang ada di Jepang.

Matcha

Situs yang cukup terkenal ini menyediakan artikel “Matcha Yasashii Nihongo”, di mana kosakata dan tata bahasa yang digunakan selevel dengan JLPT N4. Sama halnya dengan artikel berita NHK, artikel pada segmen “Yasashii Nihongo” pun menambahkan Furigana untuk memudahkan kalian membacanya.

Yang lebih menarik, artikel-artikelnya berisi  berita-berita menarik seputar kuliner, tempat pariwisata, dan budaya-budaya Jepang yang bisa menambah pengetahuan kita selama membaca.

Hiragana Times

“Hiragana Times” adalah majalah digital yang bisa membantu kalian belajar memahami teks bacaan bahasa Jepang. Majalah ini menggunakan dwi-bahasa, bahasa Jepang dan Inggris. Penulisan dalam bahasa Inggris pun ditambahkan Furigana untuk mempermudah. Sayangnya majalah digital ini merupakan konten berbayar, sehingga pembaca yang tidak berlangganan hanya bisa mengakses konten secara terbatas.

Kesimpulan

Perlu kalian ingat bahwa tanpa berlatih kalian tidak akan bisa meningkatkan keterampilan membaca bahasa Jepang. Seperti yang sudah disebutkan di atas, banyak sekali sumber bacaan yang bisa kalian gunakan untuk belajar membaca, baik itu dalam bentuk buku, website, maupun aplikasi. Temukanlah mana cara yang paling kalian sukai dan gabungkanlah beberapa strategi yang kalian rasa bisa kalian lakukan untuk belajar membaca bahasa Jepang. Dengan begitu, keterampilan membaca dan pemahaman kalian terhadap teks bacaan bahasa Jepang akan berkembang dengan baik.

Ingatlah jika kalian mendedikasikan waktu dan usaha maka kalian akan bisa mencapai tujuan kalian untuk terampil dalam membaca bahasa Jepang. Lakukanlah latihan membaca secara rutin, jadikan kebiasaan dan jangan terlalu terburu-buru, tetapi lakukanlah perlahan-lahan, selangkah demi selangkah. 

Semoga tips-tips di atas bisa membantu kalian dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Jepang. Jangan lupa simak terus informasi seputar bahasa Jepang dan berita seputar Jepang di website maupun sosial media Jepang lainnya.

Untuk mengingat kembali tips-tips di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Bagamaina cara meningkatkan kemampuan membaca untuk pemula?

A) Sebelum kalian melatih kemampuan membaca teks bahasa Jepang, pastikan kalian menguasai Hiragana dan Katakana terlebih dahulu, agar kalian bisa membaca teks bacaan sederhana dalam bahasa Jepang.

Q) Apa hal yang penting yang perlu dilakukan sebagai pemula ketika berlatih membaca bahasa Jepang?

A) Pastikan kalian menghindari bacaan bahasa Jepang dalam bentuk Romaji (alfabet). Menggunakan alfabet akan menyusahkan kalian dalam melafalkan setiap kosakata. Gunakanlah bacaan yang menggunakan furigana untuk memudahkan kalian membaca teks bacaan bahasa Jepang.

Q) Bagaimana cara belajar membaca bahasa Jepang agar tidak membosankan?

A) Gunakanlah media yang menyenangkan seperti aplikasi membaca di smartphone, membaca manga, cerita pendek, cerita rakyat, atau lirik lagu. Dengan begitu belajar membaca akan jauh lebih menyenangkan.

Q) Bagaimana cara mudah untuk memahami isi dan maksud bacaan bahasa Jepang?

A) Sebelum memulai belajar pastikan kalian sudah menguasai kosakata dan tata bahasa Jepang dasar. Ketika mulai berlatih membaca lakukanlah selangkah demi selangkah. Misalnya, pertama tandailah kosakata-kosakata yang tidak kalian ketahui dan tata bahasa yang tidak kalian mengerti. Langkah kedua, bacaan keseluruhan teks dengan perlahan. Setelah selesai carilah arti dan makna dari kosakata dan tata bahasa yang tidak kalian mengerti. Pahami isi bacaan secara keseluruhan. Kemudian baca kembali keseluruhan teks secara berulang sampai kalian memahami isi bacaan tersebut sepenuhnya. Jika teks tersebut memiliki terjemahan akan sangat membantu, tetapi sebelum melihat terjemahan berusahalah untuk memahaminya sendiri terlebih dahulu.

Masih ingin tahu lebih banyak tentang bahasa Jepang dan hal-hal yang berhubungan dengan Jepang? Pastikan kalian cek halaman ini juga ya!