Watashi wa yamada sensei no koto wo sonkei shiteiru.
Saya menghormati guru Yamada.

Kata sonkei shiteiru pada kalimat di atas, merupakan bentuk ~te iru dari kata kerja sonkei suru. Sonkei suru merupakan kata kerja yang dibentuk dari kata benda sonkei (hormat) yang ditambahkan suru (melakukan), dan secara sederhana diartikan “menghormati” atau “menghargai”.

Melalui artikel ini, Kepo Jepang akan menjelaskan makna apa saja yang ada dalam kata sonkei yang merupakan akar kata dari sonkei suru, dan bagaimana penggunaannya dalam kalimat bahasa Jepang.

Untuk lebih memahami istilah di atas, langsung simak saja penjelasan di bawah ini.

Penjelasan “Sonkei suru

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sonkei suru merupakan kata kerja yang dibentuk dari kata benda sonkei (hormat, penghormatan, penghargaan) yang dibubuhi kata suru (melakukan). Kata kerja yang dibentuk dari kata benda seperti ini termasuk ke dalam kata kerja golongan 3, atau fukisoku-doushi.

Untuk memahami makna dari kata kerja sonkei suru, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa makna dari kata sonkei itu sendiri. Dalam kamus Daijiten, kata sonkei dijelaskan sebagai berikut :

  1. Mengenali sikap dan perilaku seseorang sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap orang tersebut.
  2. Mengakui dan menerima sikap, perilaku, kepribadian, dan prestasi seseorang sebagai yang terbaik.
  3. Perasaan luar biasa dan takjub atas tindakan atau pencapaian seseorang.
  4. Dalam tatabahasa merupakan bentuk peningkatan ungkapan, bahasa maupun gerakan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada seseorang. Istilahnya yaitu sonkei-go (bahasa kehormatan).

Berdasarkan beberapa penjelasan makna di atas, dapat disimpulkan bahwa kata sonkei menunjukkan tindakan menempatkan kedudukan seseorang di atas kita. Dalam artian, kita menganggap dan mengakui bahwa sikap, perilaku, tindakan, kepribadian, pengalaman dan prestasi yang dilakukan seseorang tersebut jauh lebih baik dari kita. Oleh karena itu, dalam bahasa Indonesia kata sonkei diartikan hormat, penghormatan, penghargaan. Dan ketika diubah menjadi kata kerja suru diartikan “menghormati”, “menghargai”, atau “mengagumi”.

Etimologi Kata “Sonkei

sonkei suru

Huruf kanji son pada kata sonkei berarti “memiliki nilai tinggi” dan “suatu hal yang penting”. Sedangkan kanji kei berarti “berterima kasih kepada orang lain”. Oleh karena itu, kata sonkei memiliki makna menghargai dan berterima kasih kepada orang lain.

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk “Menghormati”

Bahasa Jepang sangat dalam dan luas, serta memiliki kosakata yang beragam. Begitu pula istilah “menghormati” yang memiliki istilah lain selain sonkei suru. Di antaranya adalah sebagai berikut :

Sonchou suru

Sama halnya dengan sonkei suru, sonchou suru merupakan kata kerja yang dibentuk dari kata benda sonchou dan suru. Sonchou memiliki arti memperlakukan sesuatu sebagai hal yang berharga dan penting. Kata ini juga mendeskripsikan sikap dan perilaku kita ketika menghormati dan menghargai orang lain.

Keii suru

Begitu pula dengan keii suru, kata kerja yang dibentuk dari kata benda keii dan suru. Kata keii mengacu pada perasaan hormat, patuh, dan segan terhadap orang lain. Kata ini secara umum lebih banyak digunakan sebagai bahasa tulisan dibandingkan sebagai bahasa lisan.

Keiai suru

Kata keiai mendeskripsikan perasaan hormat dan kasih terhadap orang lain. Seringkali didefinisikan sebagai perilaku menghormati dan menghargai orang lain. Sedikit berbeda dengan sonkei, kata keiai mengandung nuansa keramahan dan keakraban.

Uyamau

Uyamau adalah cara baca Jepang (kunyomi) dari kanji kei pada kata sonkei. Maknanya adalah menghormati dan menghargai orang lain dan berterima kasih kepada orang tersebut dengan cara mengungkapkan perasaan itu dengan tindakan dan sikap hormat. Uyamau merupakan kata kerja golongan 1 (go-dan-doushi).

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahami penggunaan istilah-istilah di atas, mari kita perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Sonkei suru

Sonkei suru hashimoto sensei kara adobaisu wo morau koto ga dekite, hijou ni ureshii desu. 
Kanojo wa jibun no chikara de kotsukotsu to doryoku dekiru hito nanode, watashi wa sonkei shite iru.
A : Anata no koto tottemo sonkei suru yo.
B : Waa tereru! Arigatou.
A : Joushi no koto wo totemo sonkei shiteru nda.
B : Sonkei dekiru hito no moto de hatarakeru nante shiawase da yo!
Anata ga, ichiban sonkei suru hito wa donna hito deshouka?
Kare wa ii shachou da yo ne. Takusan no hito ga kare wo sonkei shite iru.
Tagaini sonkei shite, kyouchou shite iku koto de, danjo kankei ga umaku iku koto mo aru sou da.
Nani ga atte mo, watashi wa tsune ni otou-san wo sonkei shite iru yo.
A : Kon’ya no ensou, saikou deshita. Anata wo, totemo sonkei shite imasu. 
B : Arigatou. Tanoshin de itadakete ureshii desu.
Boku-tachi wa kare wo riidaa toshite sonkei shite imasu.

Istilah Lainnya

Kare wa mattaku tanin no kimochi wo sonchou shinai no. 
Watashi-tachi wa hoka no bunka mo jibun no bunka douyou ni sonchou shinakereba naranai.
Kare wa kankyaku ni keii wo harai, fukabuka to ojigi wo shita.
Kono machi wa sono shougun ni keii wo arawashite kinenhi wo sasageta.
Keiai sareru hito ni naru tame ni wa, mazu shinsetsu de aru koto ga taisetsu da. 
Watashi wa, toshiue no hito wo uyamau you ni oshierareta.
Aite wo chanto uyamau koto no dekiru hito wa, shinrai sareru darou.

Kesimpulan

Bagaimana teman-teman? Apakah kalian sudah mengerti arti, makna dan penggunaan kata sonkei suru? Jadi, kata sonkei suru merupakan kata kerja yang terbentuk dari kata benda sonkei dan suru yang secara umum diartikan “menghormati” atau “menghargai”. Istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan tindakan hormat kita kepada seseorang.

Semoga penjelasan istilah-istilah bahasa Jepang di atas mudah dimengerti, dipahami, dan bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar bahasa Jepang. Jangan lupa simak terus informasi bahasa Jepang dan berita seputar Jepang di web maupun sosial media Kepo Jepang.

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa bahasa Jepangnya “menghormati”?

A) Menghomati dalam bahasa Jepang ada beberapa istilah di antaranya 尊敬する (sonkei suru), 敬意する (keii suru), 尊重する (sonchou suru), 敬愛する (keiasi suru), dan 敬う (uyamau).

Q) Apa artinya 尊敬する (sonkei suru)?

A) 尊敬する (sonkei suru) artinya menghormati atau menghargai

Q) Apa itu 尊敬語 (sonkeigo)?

A) 尊敬語 (sonkeigo) adalah bentuk bahasa halus dan sopan yang digunakan untuk menunjukkan rasa hormat kepada lawan bicara.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan info-info menarik tentang Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.