Kare wa watashi no onee-san desu.
Dia adalah kakak perempuan saya.

Kata onee-san adalah istilah yang paling umum digunakan untuk menyebutkan kakak perempuan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Namun, tahukah kalian kalau onee-san juga bisa digunakan untuk lperempuan yang bukan kakak kandung kita?

Kali ini Kepo Jepang akan menjelaskan arti dan bagaimana penggunaan kata onee-san. Selain itu, akan diperkenalkan juga beberapa istilah lain yang juga berarti “kakak perempuan”. Untuk lebih memahami istilah di atas, langsung simak saja penjelasan di bawah ini. Jangan lupa tonton juga video penjelasannya ya!

PenjelasanOnee-san

Onee-san (kakak perempuan) adalah panggilan umum berbentuk sopan ketika kita memanggil kakak perempuan kita dan ketika membicarakan kakak perempuan orang lain.

Untuk ungkapan yang lebih sopan lagi, biasanya orang Jepang menggunakan onee-sama, kata ini juga memiliki nuansa keseganan terhadap orang tersebut. Dan untuk keadaan yang lebih informal atau kasual bisa digunakan nee-san, onee-chan dan nee-chan.

Onee-san juga umum digunakan kepada wanita asing atau tidak kita kenal dan ketika memanggil seorang wanita yang mungkin kita kenal tapi usianya jauh lebih tua, yang bisa diartikan Anda, dia atau wanita itu. Mungkin bisa disamakan juga seperti panggilan “mbak” atau “kak” di Indonesia ya. 

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk “Kakak Perempuan

Berikut bahasa Jepang lainnya yang bisa digunakan untuk panggilan kakak perempuan.

KanjiHiraganaCara BacaArti
姉上あねうえAneueIstilah kuno atau bahasa jepang lama yang berkesan sangat formal.
あねAneIstilah umum yang digunakan untuk membicarakan kakak (perempuan) kita sendiri.
姉貴あねきAnekiBahasa informal, kasual atau “slang” untuk kakak perempuan.
Istilah yang terkesan lebih kasar atau lebih gaul. Kanji “ki” mengacu pada sesuatu yang berharga, penting dan terhormat. Digunakan untuk merujuk pada anggota geng yang berpangkat lebih tinggi.
姉御あねごAnegoBahasa informal atau kasual untuk kakak perempuan.
Istilah ini biasa digunakan untuk menunjukkan keseganan dan kehormatan terhadap seorang wanita yang usianya lebih tua. Sama halnya dengan aneki, anego dalam manga atau drama biasa menggambarkan pemimpin dari geng perempuan.
姉君あねぎみAnegimi Istilah sangat sopan untuk kakak kandung perempuan.

Contoh kalimat

Untuk lebih memahami penggunaan istilah “kakak perempuan”, coba perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Onee-san, kaban wo karitemo ii?
Sakura-san no onee-san wa bijin desu ne.
Onee-san ni yoroshiku tsutaete kudasai.
Onee-san no yume wa anaunsaa toshite terebi ni shutsuen suru koto de atta.
Ano onee-san wa kono daigaku de ichiban yuumei na hito desu.
Ane wa furansu-go wo hanasu koto ga dekimasu.
Ane wa Tokyo Daigaku no gakusei desu.
Kodomo no koro, ane to yoku kenka shimashita.
Watashi no ane wa ryouri ni narete inai.
Ane wa daigaku no sensei no joshu toshite hataraite iru.

Kesimpulan

Panggilan kakak perempuan dalam bahasa Jepang mungkin berbeda-beda, tapi kata ane sendiri memiliki kanji yang sama. Dalam penggunaannya pastikan kalian tidak lupa apakah berbicara tentang kakak sendiri atau kakak orang lain dan tentu saja situasi formal atau tidak pun akan mempengaruhi istilah yang akan kalian gunakan.

Semoga bahasa Jepang yang aku sampaikan kali ini menarik dan mudah untuk dipahami. Jangan lupa untuk terus semangat belajar bahasa Jepang ya!

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa bahasa Jepangnya “kakak perempuan”?

A) “Kakak perempuan” bahasa Jepangnya adalah お姉さん (onee-san) atau 姉 (ane).

Q) Apa artinya お姉さん (onee-san)?

A) お姉さん (onee-san) artinya “kakak perempuan”, baik kakak perempuan sendiri maupun orang lain. Namun selain digunakan untuk menunjukkan kakak perempuan, “onee-san” juga umum digunakan kepada wanita asing atau tidak kita kenal dan ketika memanggil seorang wanita yang mungkin kita kenal tapi usianya jauh lebih tua, yang bisa diartikan Anda, dia atau wanita itu. Mungkin bisa disamakan juga seperti panggilan “mbak” atau “kak” di Indonesia ya. 

Q) Apa perbedaan お姉さん (onee-san) dan 姉 (ane)?

A) お姉さん (onee-san) bisa digunakan untuk menunjukkan kakak perempuan atau seorang wanita asing yang usianya lebih tua. Sedangkan 姉 (ane) hanya digunakan untuk menunjukkan kakak perempuan saja.

Q) Apa artinya “anego”?

A) “Anego” adalah panggilan untuk kakak perempuan yang bernuansa kasual atau informal. “Anego” lebih banyak digunakan untuk seorang wanita yang lebih tua dan biasanya digunakan untuk menunjukkan keseganan dan kehormatan terhadap seorang wanita yang usianya lebih tua. Sama halnya dengan aneki, anego dalam manga atau drama biasa menggambarkan pemimpin dari geng perempuan.

Masih penasaran dengan pertanyaan lain seputar bahasa Jepang dan info menarik tentang Jepang? Baca selengkapnya di halaman ini ya!