Ayo belajar kosakata dalam bahasa Jepang…Bahasa Jepang hari ini adalah Sensei (Guru).

Arti Kata “Sensei

Kata sensei (guru), selain digunakan untuk panggilan hormat bagi seseorang yang mengajar di sekolah atau institut pendidikan lainnya, digunakan juga untuk memanggil dokter, anggota parlemen, pengacara, seniman, musisi, penulis komik (mangaka), kritikus dan sebagainya. Sensei digunakan untuk menghormati kedudukan orang-orang tersebut. Perhatikan penggalan kata sensei bawah ini :

Sen : huruf kanji yang berarti lebih dulu atau terdepan
Sei : huruf kanji yang berarti hidup, lahir

Jadi, secara harfiah sensei memiliki arti orang yang hidup lebih dulu atau terlahir lebih dulu atau yang kehidupannya jauh di depan kita. Dengan kata lain, sensei adalah orang-orang yang memiliki pengalaman, pengetahuan dan pemikiran yang lebih dari kita.

Lalu, adakah kata lain dalam bahasa Jepang yang dikhususkan bagi guru pengajar?

Bahasa Jepang Lain untuk “Guru”

Bahasa Jepang yang secara khusus digunakan untuk menunjukkan guru pengajar bisa kalian lihat di bawah ini. Sebagai tambahan, kata-kata di bawah ini lebih digunakan untuk menunjukkan profesi seseorang atau kedudukan seseorang di dunia pendidikan dan biasanya jarang digunakan sebagai kata sapaan.

  • Kyoushi : biasanya guru yang mengajar di sekolah atau tempat les.
  • Kyouin : staf guru yang bekerja di lingkungan pendidikan baik di sekolah, universitas, maupun tempat pengajaran lainnya.
  • Kyouju : biasanya guru yang mengajar di universitas atau institut yang lebih tinggi. Mengajarkan pengetahuan dan keterampilan yang lebih khusus. Biasa diartikan juga sebagai “profesor”.

Contoh Kalimat :

Agar lebih mudah dipahami, yuk perhatikan contoh kalimat di bawah ini yang menggunakan bahasa Jepang “guru” yang sudah disebutkan di atas.

Yamada sensei wa suugaku wo oshieteimasu.
Bapak guru Yamada mengajar matematika.
Ano sensei wa totemo yasashii desu.
Guru itu sangat baik.
Watashi wa sensei ni okoraremashita.
Saya dimarahi oleh (Bapak atau Ibu) guru.
Kono gakkou ni wa sugureta kyoushi ga takusan imasu.
Sekolah ini memiliki banyak guru yang bermutu.
Kanojo wa koukou no ongaku no kyoushi desu.
Dia (perempuan) adalah guru musik di SMA.
Kare wa kyouin no shikaku wo toru tsumori desu.
Dia berencana mengambil sertifikasi sebagai guru.
Kono gakkou wa kyouin ga 20-nin imasu.
Sekolah ini memiliki 20 orang guru.
Kare wa igakubu no kyouju desu.
Dia (laki-laki) adalah guru (dosen, profesor) jurusan kedokteran.
Kono hon wa yuumei-na kyouju ni yotte kakaremashita.
Buku ini ditulis oleh profesor terkenal.

Kesimpulan

Sebagian besar orang mungkin mengira bahwa sensei hanya dipakai untuk memanggil guru sekolah atau pengajar saja. Dengan penjelasan yang sudah aku sampaikan melalui artikel kali ini, aku harap kalian jadi memahami makna luas dari kata sensei itu sendiri dan mengetahui bahasa Jepang lain yang digunakan untuk “guru”, baik itu yang mengajar di sekolah, universitas maupun fasilitas pendidikan lainnya. 

Semoga bahasa Jepang yang aku sampaikan kali ini pun bisa kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan tentunya selalu bermanfaat buat kalian. Jangan lupa selalu semangat belajar bahasa Jepangnya!