Q) Mau nanya, buku yang bagus untuk mempelajari N5 apa ya? apakah mina no nihonggo Cukup?

A) Buku Minna no Nihongo merupakan salah satu buku panduan belajar bahasa Jepang yang materinya lengkap. Dari buku “Minna no Nihongo : Shokyuu I” saja mestinya pembelajar sudah mampu memahami tata bahasa, kosakata dan juga huruf kanji yang diujikan dalam JLPT N5. Namun, buku ini nampaknya bukanlah buku yang bisa dipelajari sendiri, melainkan memerlukan bimbingan dari guru bahasa Jepang yang cakap. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali penggunaan tata bahasa atau makna dari kosakata dan ungkapan tertentu yang perlu dijelaskan lebih detail agar pembelajar jadi lebih mudah memahaminya. Ditambah lagi, jika kamu bukan pembelajar bahasa Jepang yang sudah memahami aksara Jepang namun ingin mempelajarinya sendiri akan lebih baik kalau kamu menggunakan buku lain dengan pengantar bahasa Indonesia. Buku ini juga tidak berfokus pada materi JLPT saja, sehingga kalau untuk digunakan sebagai latihan ujian JLPT rasanya kurang cukup, ya… Jadi, selain menggunakan buku ini kamu juga perlu secara aktif bertanya kepada guru/orang yang memahami bahasa Jepang. Kalau kamu ingin mempelajari bahasa Jepang untuk lulus JLPT, sebaiknya kamu mencari buku yang isinya seperti kumpulan soal JLPT/prediksi soal JLPT, buku yang membahas lebih spesifik tentang tata bahasa, kosakata, ataupun soal cerita pada level JLPT yang diinginkan, atau bisa juga belajar dari web Kepo Jepang bagian JLPT untuk lebih fokus pada materi yang akan diujikan sekaligus berlatih mengerjakan soal-soalnya. Semangat terus ya belajarnya!

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Saya belum hafal kata keterangan mohon dibantu

A) Kata keterangan / adverbia (fukushi) tentunya bisa dipahami jika kita belajar dari contoh kalimat dan mencoba membuat kalimat sendiri menggunakan adverbia yang telah dipelajari. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini.

Q) Cara cepat (bisa) bahasa Jepang?

A) Cara untuk bisa cepat menguasai bahasa Jepang tentu dengan semakin sering belajar dan berlatih bahasa Jepang. Hal yang terpenting adalah fokus dan konsisten untuk meluangkan waktu belajar dan berlatih bahasa Jepang. Penjelasan lebih lengkap silahkan lihat halaman ini ya.  

Q) Langkah yang mudah belajar bahasa jepang untuk pemula?

A) Untuk yang baru belajar bahasa Jepang, kalian bisa mulai dari belajar huruf Jepang, yaitu Hiraganadan Katakana. Kemudian coba pelajari ungkapan salam sederhana ya! Setelah itu, kamu bisa mulai belajar dan menghafal kosakata bahasa Jepang! Lebih lengkapnya lihat halaman ini ya!