Q) Untuk masa pandemi seperti ini siapa saja yang bisa masuk ke negara Jepang? Dan sampai kapan PSBB ditiadakan di Jepang??

A) Untuk masa pandemi seperti ini, hanya orang asing yang berasal dari beberapa negara tertentu yang diizinkan masuk ke Jepang. Namun, meski merupakan warga negara yang berasal dari negara yang masih dilarang untuk masuk, seperti Indonesia, terdapat kelonggaran bagi mereka yang kuliah, bekerja, serta yang berkeluarga di Jepang. Akan tetapi, mereka yang berkeluarga tampaknya memerlukan proses yang cukup lama untuk bisa mendapatkan visa, dibandingkan mereka yang kuliah atau bekerja (termasuk perjalanan bisnis). Kemudian mengenai PSBB, di Jepang digunakan istilah “deklarasi keadaan darurat”, yang setiap kali terus diperpanjang, sehingga akhir PSBB belum bisa diketahui secara pasti. Selain itu, “deklarasi keadaan darurat” di Jepang juga hanya diberlakukan di beberapa wilayah saja, tidak di seluruh Jepang, dan masa tersebut berbeda di setiap wilayah. Silahkan cari informasi terbaru mengenai hal tersebut di internet ya, misalnya melalui situs resmi kementerian luar negeri Jepang atau dari berbagai berita.

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

A) Apakah lulusan S1 dari “luar” bisa mencari pekerjaan di Jepang? Contoh pekerjaan seperti pekerjaan kantoran misalnya

A) Lulusan S1 dari universitas di luar Jepang tentu bisa saja mendapatkan pekerjaan di Jepang, misalnya sebagai pekerja kantoran di Jepang, selama mereka memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Selengkapnya silahkan lihat halaman ini ya!

Q) Belajar bahasa Jepang awal mulanya lewat apa?

A) Belajar bahasa Jepang bisa dimulai dari ungkapan salam sederhana dan huruf Jepang seperti Hiragana dan Katakana, ya! Setelah itu, cobalah mulai mengingat berbagai kosakata bahasa Jepang ya.. Selengkapnya lihat halaman ini yuk!