Q) Permisi, Maaf kak Aku mau tanya.. Kadang kita dah belajar bener bener To kadang kita hd ngerasa down, sehingga jd malas.. Gimana solusinya ya kak? Terima kasih banyak ^_^

A) Terkadang, saat mempelajari bahasa Jepang, kadang ada kalanya kita merasa down atau jenuh, ya. Pertama-tama, kamu harus mencari tahu dulu kemungkinan mengapa kamu bisa merasa down atau jenuh? Apakah karena materi yang dipelajari itu-itu saja? Apakah karena metode pembelajaran yang digunakan kurang menarik? Apakah karena materi yang dipelajari sulit dipahami meskipun sudah dibaca berulang kali? Apakah karena kamu sudah merasa burn-out akibat terlalu banyak belajar? Nah, setelah mengidentifikasi penyebabnya, kamu bisa mengambil langkah untuk mengatasi rasa down atau jenuhnya. Misalnya, kalau alasannya adalah karena materi yang dipelajari itu-itu saja, kamu bisa mencari materi lain yang berbeda. Sebagai contoh, jika selama ini kamu hanya belajar kosakata, maka kamu bisa mencoba mempelajari tata bahasa atau huruf kanji saja. Lalu, jika kamu merasa metode pembelajaran yang kamu gunakan kurang menarik, kamu bisa mencoba belajar dengan cara lain seperti menonton anime, mendengar dan mengartikan lirik lagu, bermain game dalam bahasa Jepang, menggunakan flash card dalam belajar, dan sebagainya. Bagaimana jika materi yang dipelajari terasa sulit dipahami? Jika begini, kamu bisa kembali dulu ke materi lain yang lebih mudah, atau membaca kembali ke materi dasar. Mengulang materi dasar bukanlah sebuah kemunduran dalam belajar, justru bisa memperkuat pondasi kamu dalam pemahaman materi belajar lainnya loh! Terakhir, apabila kamu merasa down atau jenuh karena sudah burn-out akibat kebanyakan belajar, mungkin sebaiknya kamu refreshing dulu ya. Jadi, tutup dulu buku kamu dan lakukan hal-hal lain yang membuat pikiranmu lebih rileks. Jalan-jalan bersama teman-teman atau makan makanan yang enak, tidur yang cukup dan tontonlah film yang bagus. Jika pikiranmu sudah kembali segar, maka kamu bisa siap lagi belajar dengan lebih semangat! Intinya, cari tahulah lebih dulu penyebab rasa down atau jenuhmu lalu temukan cara untuk mengatasinya. Tetap semangat ya!

Coba cek pertanyaan-pertanyaan lain!

Q) Bisakah Sensei jelaskan macam macam penggunaan じゃない selain digunakan dalam kalimat negatif?

A) Pada umumnya じゃない digunakan dalam kalimat negatif kasual, tetapi bisa juga digunakan dalam bentuk untuk mengekspresikan konfrimasi. Untuk lebih jelasnya, silakan baca halaman ini ya!

Q) Sensei, apa arti wazawaza dalam kalimat?

A) Dalam kalimat “wazawaza” diartikan sesuai dengan maksud dan konteks dari kalimat tersebut. Untuk lebih jelasnya silakan baca di halaman ini.

Q) Bagaimana penggunaanげ?

A) Pola kalimat ~げ (~ge) yang termasuk ke dalam JLPT N2 ini digunakan untuk menyatakan dugaan atau kemungkinan. Untuk lebih jelasnya, silakan baca di halaman ini ya!