Bagi Anda yang tinggal sendirian di Jepang baik sebagai pelajar, karyawan maupun pekerja magang, mungkin akan bertemu kesempatan di mana Anda harus pindahan. Apabila waktu tersebut datang, apakah yang pertama kali harus dilakukan? Kemudian, persiapan seperti apa yang harus dilakukan agar berjalan lancar?

Tinggal di luar negeri, hidup sendirian tanpa bantuan keluarga terdekat adalah pengalaman pertama dalam hidup! Oleh karena itu, saya akan memperkenalkan beberapa poin penting agar Anda yang hidup sendirian bisa pindahan dengan tenang.

Sponsor LINK

Alur Sampai Hari Pindahan

Waktu untuk memberitahukan masalah pindahan kepada agen sewa rumah atau pemilik rumah sebagian besar dilakukan 1 bulan sebelum hari pindahan. Oleh karena itu, terhitung dari mulai mencari tempat tinggal baru, mengurus perjanjian, menentukan agen pindahan, sebaiknya persiapan dimulai 2 bulan sebelum pindahan.

Alur dan Prosedur Penting saat Pindah dari Tempat Tinggal Sewa di Jepang


Mari kita perhatikan alur dari saat menentukan waktu pindahan sampai pindah ke tempat tinggal yang baru :

① Menentukan tempat tinggal baru dan melakukan kontrak sewa
② Melakukan prosedur pindahan (jika menggunakan agen pindahan)
③ Menghubungi agen sewa rumah atau pemilik rumah perihal pindahan ※~1 bulan sebelum pindahan (disesuaikan dengan ketentuan yang ada dalam surat perjanjian sewa)
④ Persiapan pindahan (pengepakan barang, memisahkan barang-barang yang tidak akan digunakan lagi)
⑤ Perubahan alamat ※ 2 minggu sebelum pindahan ~
⑥ Persiapan untuk tempat tinggal baru ※ di mulai saat hari pindahan ~

Setelah Anda memasuki tempat sewa baru, periksalah keadaan kamar baru Anda. jika tempat Anda menggunakan gas, untuk membuka saluran gas buatlah janji kunjungan dengan petugas gas 1-2 minggu sebelum pindahan.

Alur Pencarian Kamar Sewa di Jepang dari Proses Perjanjian Sewa hingga Menghuni Kamar Sewa

Alur Sampai Menentukan Waktu Pindahan

Mencari Agen Pindahan dan Memperkirakan Biaya Pindahan

Anda mungkin tidak memerlukan jasa pindahan jika Anda pindah tidak terlalu jauh, misalnya pindahan bukan dikarenakan ganti sekolah ataupun pekerjaan, tapi karena tempat tinggal yang baru harga sewanya lebih murah atau perjalanan pulang pergi ke sekolah dan kantor lebih praktis.

Apabila ada orang yang mau membantu mengangkut barang-barang Anda dengan mobil mereka, Anda cukup membayar uang makan siang dan biaya bensin saja. Atau hanya mengeluarkan biaya rental jika Anda menyewa mobil. Akan sangat beruntung jika ada orang yang membantu. Akan tetapi, tentu saja ada orang yang tidak ingin merepotkan kenalan mereka dan rela mengeluarkan sedikit uang untuk meminta bantuan petugas profesional.

Di Jepang, menggunakan jasa agen atau perusahaan pindahan adalah hal yang umum walaupun Anda pindahan hanya seorang diri, banyak sekali agen pindahan yang mungkin akan membuat Anda bingung. Walaupun setiap perusahaan pindahan sama-sama memiliki “Rencana Pindahan Tunggal”, namun rincian untuk jumlah dan berat barang biasanya berbeda-beda. Oleh karena itu sebisa mungkin Anda meminta perkiraan ke beberapa perusahaan pindahan kemudian membandingkannya baru memutuskan akan menggunakan yang mana.

Cara Menekan Biaya Serendah Mungkin saat Pindahan di Jepang

Menyesuaikan Hari Pindahan

Jika Anda menggunakan agen pindahan, umumnya Anda harus menentukan hari dan tanggal yang diinginkan untuk mengangkut barang pindahan, namun selama masa sibuk pindahan di bulan Februari sampai April mungkin Anda harus menyesuaikan dengan jadwal. Setelah semua barang diangkut keluar, bersihkanlah kamar Anda, kemudian pihak agen sewa rumah atau pemilik rumah akan mengecek bersamaan dengan Anda sebelum Anda meninggalkan kamar sewa tersebut.

Apabila Anda pindah ke tempat yang tidak terlalu jauh dan Anda bisa mengatur waktu pindahan ke tempat yang baru lebih cepat dari waktu keluar dari tempat sewa yang lama, maka Anda akan memiliki jadwal yang lebih leluasa. Kira-kira alurnya seperti ini, menghuni kamar sewa baru ⇒ pindahan ⇒ kembali ke tempat sewa lama untuk mengurus prosedur keluar tempat sewa (pindahan). Namun, untuk beberapa hari Anda harus membayar biaya sewa untuk dua tempat yang tentunya tidak baik untuk masalah pengeluaran biaya. Anda harus memastikan kembali apakah biaya sewa bisa dihitung berdasarkan harian atau tidak.

Mengepak Barang Pindahan

Setelah memutuskan untuk pindah, segeralah mulai mengemas barang-barang Anda. Kardus dan selotip untuk mengemas barang bisa Anda dapatkan di agen atau perusahaan pindahan, namun Anda juga bisa menemukan kardus secara gratis di supermarket, dan membeli selotip yang lebih murah di toko serba 100 yen, jika Anda ingin menghemat uang, Anda bisa menggunakan cara ini.

Terlebih dahulu kemaslah barang-barang yang tidak akan digunakan sementara waktu di tempat yang lama maupun tempat yang baru, kemudian untuk 2-3 hari terakhir kemaslah pakaian untuk baju ganti dan barang-barang pribadi seperti akan liburan singkat ke dalam 1-2 tas punggung. Yang terakhir, tinggalkan beberapa alat pembersih sederhana dan kantong plastik sampah untuk membersihkan kamar.

Sebagai tambahan, saat melakukan kontrak sewa rumah di Jepang, sebagian besar memberlakukan peraturan pemulihan kamar. Pemulihan kamar adalah mengembalikan keadaan kamar ke keadaan yang sama dengan saat Anda memasuki kamar tersebut, selain goresan dan kotoran, jika ada barang yang hilang Anda juga diharuskan menggantinya. Berhati-hatilah untuk tidak membawa kunci cadangan, remote AC dan barang lainnya yang ada di kamar tersebut.

Pisahkan Barang-barang yang Tidak Diperlukan

Hal yang seringkali membuat orang asing bingung adalah pemilahan barang-barang yang tidak diperlukan. Sampah di Jepang dipisahkan dengan teratur, sampah dibuang sesuai dengan ketentuan di waktu yang sudah ditetapkan, oleh karena itu, sebelum Anda pindah cermati kalendar sampah di tempat Anda. Jika Anda tidak membuang sampah di waktu yang tepat, Anda akan pindahan bersama dengan sampah yang banyak.

Mengapa Sampah di Jepang Harus Dipisahkan? Bagaimana jika Tidak Mematuhinya?


Terutama, untuk barang-barang yang tidak digunakan dan berukuran besar yang tidak bisa dimasukan ke dalam plastik sampah, Anda perlu meminta tolong kepada petugas kantor administrasi daerah untuk mengambil sampah Anda, lebih cepat akan jauh lebih baik. Anda bisa juga meminta agen pindahan untuk membawa sampah tersebut tapi pastikan untuk mendiskusikannya terlebih dahulu.

Mengawasi Pengangkutan Barang dari Tempat Lama ke Tempat Baru

Apabila Anda menggunakan jasa agen pindahan, Anda perlu mengawasinya di hari yang sudah ditentukan. Tentu saja Anda tidak perlu membantunya, namun apabila mereka perlu menanyakan sesuatu, jika Anda hadir maka Anda bisa langsung menjawabnya.

Setelah pengangkutan barang dari tempat lama selesai, Anda pindah ke tempat baru sendiri. Apabila barang pindahan akan dimasukan ke tempat baru di hari yang sama, Anda harus tiba di lokasi sesuai dengan waktu yang sudah Anda sepakati dengan petugas dari perusahaan pindahan. Setelah menghuni tempat baru, kali ini Anda perlu mengawasi barang-barang pindahan yang akan dimasukkan. Apabila barangnya banyak dan ruangannya terbagi-bagi, berilah instruksi dengan benar.

Hari Pindahan! Prosedur Pindahan dan Hal-hal yang Harus Disiapkan

Berapakah Biaya yang Dibutuhkan untuk Pindahan Tunggal

Ngomong-ngomong, berapakah biaya yang dibutuhkan untuk pindahan seorang diri di Jepang?

Apabila Anda menggunakan jasa agen atau perusahaan pindahan, biaya pindahannya kira-kira ditentukan oleh tiga hal, yaitu jumlah barang, jarak perjalanan dan waktu pindahan. Apabila Anda pindahan di kota atau daerah yang sama, tidak ada perabot dan furnitur berukuran besar dengan rencana pindahan tunggal di waktu pindahan biasa, biayanya sekitar 30.000 yen dan 40.000 yen jika Anda pindahan di musim sibuk pindahan.

Musim sibuk pindahan biasanya dari bulan Februari sampai April, pada waktu ini biaya pindahan biasanya 10.000 yen lebih mahal dibandingkan waktu lainnya. Di waktu pindahan biasa pun (di luar Februari sampai April), jika ada hari libur besar biasanya banyak orang menggunakannya untuk pindahan yang dapat mengakibatkan kenaikan biaya pindahan untuk sementara, oleh karena itu tanyakan kembali saat Anda menghubungi pihak perusahaan pindahan.

Sebagai tambahan, jika semua barang bawaan Anda bisa dimasukkan ke dalam kardus sebaiknya Anda tidak perlu menggunakan jasa agen atau perusahaan pindahan tetapi gunakanlah metode pengiriman barang oleh kurir seperti “KURONEKOYAMATO” dan sebagainya. Rata-rata, Anda bisa mengirimkan sampai 10 kardus, selain itu biaya kurir pengiriman jauh lebih murah dibandingkan agen pindahan. Terutama, jika barang berat dan mudah pecah yang Anda miliki jumlahnya sedikit, jauh lebih baik menggunakan jasa kurir pengiriman barang. Penjadwalannya mudah karena Anda bisa menentukan tanggal dan waktu pengiriman dan barang akan datang sesuai dengan waktu yang sudah dijanjikan.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah bisa membayangkan sebagian besar mengenai alur saat pindahan di Jepang? Ada 2 poin utama mengenai penyesuaian jadwal pindahan yang harus Anda perhatikan, yaitu :

① Hubungi agen sewa rumah atau pemilik rumah mengenai kepindahan Anda sesuai dengan “batas pemberitahuan kepindahan” yang sudah diputuskan dalam surat perjanjian sewa
② Jangan sampai Anda melakukan double booking untuk waktu pindahan dari tempat yang lama, pindah ke tempat yang baru dan pengangkutan barang pindahan (mengangkut dari tempat lama maupun mengangkut ke tempat yang baru)

Saat Anda pindah, Anda bisa meminta saran dan bantuan dari orang yang bertanggung jawab di sekolah maupun tempat Anda bekerja, senior maupun atasan. Pastikanlah untuk bertanya kepada mereka.