Tomodachi to asobimashita.
Bermain dengan teman.

Secara sederhana, asobu dalam bahasa Indonesia diartikan “bermain”. Namun, dalam bahasa Jepang, makna “bermain” yang dimiliki asobu bisa berbeda-beda tergantung konteks kalimatnya.

Oleh karena itu, melalui artikel ini Kepo Jepang akan menjelaskan makna dan arti dari asobu, serta bagaimana asal muasal kata asobu. Selain itu, kalian juga bisa mempelajari penggunaannya melalui contoh-contoh kalimat yang akan diberikan.

Untuk lebih lengkapnya, langsung simak saja penjelasan si bawah ini.

Penjelasan “Asobu

Asobu termasuk ke dalam kelas kata kerja golongan I atau go-dan-doushi. Sama seperti kebanyakan kata kerja bahasa Jepang, asobu merupakan bahasa asli Jepang (wago) yang ditulis dengan gabungan huruf kanji dan hiragana. Untuk mengetahui bentuk perubahan kata kerja asobu, bisa kalian lihat di halaman ini.

Arti Kata “Asobu

Selain “bermain”, kata asobu dapat diartikan menikmati diri sendiri, menghibur diri atau menghabiskan waktu untuk bersenang-senang dan melakukan hal yang disukai. Kata asobu juga sering kali menunjukkan keadaan bermalas-malasan dan tidak melakukan hal apapun, di mana secara sederhana sering diartikan “menganggur”.

Selain itu, asobu juga bisa menunjukkan makna yang bernuansa negatif, yaitu bergembira dengan perjudian, alkohol, dan hal kurang baik lainnya yang dilakukan hanya untuk mendapatkan kesenangan. Sebagai tambahan, dalam olahraga baseball, kata asobu juga sering kali digunakan ketika dengan sengaja melempar bola untuk menurunkan konsentrasi pemukul.

Etimologi Kata “Asobu

Kata asobu awalnya dipercaya sebagai kata yang bermakna “kamisama (tuhan) yang bertindak secara bebas”, di mana dalam kepercayaan Shinto ada pertunjukan seni atau hiburan untuk kamisama selama melakukan ritual tertentu yang disebut asobi. Oleh karena itu, dahulu kata asobu dianggap sebagai kata kerja yang sangat luhur karena hanya bisa dilakukan oleh kamisama.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tindakan bebas dan menikmati diri sendiri ini tidak terbatas pada ritual Shinto, dan kata asobu dengan makna yang sama pun mulai digunakan secara umum. 

Contoh Kalimat

Untuk memudahkan kalian memahami penggunaan kata asobu di atas, mari kita simak beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Konshuu no do-youbi, tomodachi to asobimasu.
A : Shuumatsu, anata no ie ni asobi ni itte mo ii desuka?
B : Sumimasen. Chotto youji ga arimasu.
Watashi-tachi no koro wa minna soto de asonda mono desu ne.
Ame datta noni, otouto wa asobi ni ikimashita.
Imouto wa ningyou de asonde iru.
Kodomo tachi wa e wo kaite asonda.
Hamabe de shounen tachi ga asonde ita.
Michi de asonde wa ikemasen. Abunai kara. 
Kodomo tachi wa kuraku naru made asonda. 
Sunahama de asonde itara kani ni hasamareta.
Kodomo tachi wa tanoshisou ni niwa de asonde iru. 
Watashi wa chiisai koro koko de yoku asonda mono da. 
Son’na abunai basho de asobu na! 
Houkago wa itsumo koutei de asobimasu.
Asonde iru kodomo tachi no koe ga kikoete kita. 

Kesimpulan

Itulah penjelasan arti, makna dan asal-usul kata kerja asobu. Kata kerja yang termasuk ke dalam go-dan-doushi ini pada dasarnya digunakan untuk menunjukkan kegiatan yang dilakukan untuk bersenang-senang. Kalian bisa menggunakannya dalam konteks kalimat apapun, tetapi jangan lupa untuk memperhatikan perubahan kata kerjanya, agar maksud yang ingin kalian ungkapkan tersampaikan.

Semoga penjelasan kosakata asobu di atas mudah kalian pahami dan mengerti. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya, dan simak terus informasi terbaru seputar bahasa Jepang dan jejepangan lainnya di Kepo Jepang ya.

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, yuk kita perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa bahasa Jepangnya “bermain”?

A) Bahasa Jepang “bermain” adalah “asobu”.

Q) Apa bedanya “asobu” dan “asobi”?

A) “Asobu” termasuk ke dalam kelas kata kerja yang secara harfiah diartikan “bermain”. Sedangkan “asobi” termasuk ke dalam “tensei meishi”, yaitu kata kerja yang sudah berubah menjadi kata benda, sehingga secara harfiah “asobi” diartikan “permainan”, “hiburan”, “rekreasi”, atau “kesenangan”.

Q) Bagaimana mengubah “asobu” ke dalam bentuk “te”?

A) “Asobu” termasuk ke dalam kata kerja golongan I (go-dan-doushi), untuk mengubah kata kerja go-dan-doushi berakhiran “bu” ke dalam bentuk “te”, tinggal mengubah “bu” menjadi “nde”, jadi “asubu” berubah menjadi “asonde”.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar Jepang dan bahasa Jepang, kalian bisa membacanya di halaman ini!