Amerika no guntai wa hijou ni kyouryoku datta.
Tentara amerika sangatlah kuat.

Ada beberapa istilah bahasa Jepang yang bisa diartikan “tentara” ke dalam bahasa Indonesia. Salah satunya adalah guntai seperti pada kalimat di atas, yang merujuk pada sekelompok tentara atau secara sederhana diartikan “pasukan tentara”.

Melalui artikel ini, Kepo Jepang akan memperkenalkan istilah lainnya yang berarti “tentara”, dan perbedaan dari masing-masing istilah. Selain itu, kalian juga akan dengan mudah memahaminya melalui contoh-contoh kalimat yang akan diberikan.

Langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Penjelasan “Guntai

Dalam kamus Daijiten, kata guntai dijelaskan sebagai sebuah kelompok dengan kekuatan militer, yang terdiri dari senjata dan pasukan. Dalam kamus bahasa Indonesia guntai sendiri diartikan tentara, pasukan tentara atau angkatan bersenjata. Jadi, dapat disimpulkan bahwa guntai digunakan untuk menunjukkan tentara secara berkelompok.

Guntai ditulis dengan 2 huruf kanji, yaitu :

  1. gun (tentara, kekuatan, pasukan, perang, pertempuran), dan 
  2. tai (barisan, regu, kesatuan, pasukan, rombongan, unit)

Dengan melihat pengertian di atas, bisa disimpulkan bahwa kata gun sendiri sudah berarti tentara. Gun sendiri biasanya dibentuk dengan kanji lain untuk menciptakan kosakata yang berhubungan dengan tentara atau kemiliteran, di antaranya adalah sebagai berikut.

Bahasa JepangCara BacaArti
軍備gunbiPersenjataan tentara
軍事gunjiUrusan kemiliteran
軍人gunjinTentara (perorangan), serdadu, prajurit
軍歌gunkaMars tentara
軍艦gunkanKapal perang
軍機gunkiDisiplin militer / tentara
軍国gunkokuNegara militer
軍務gunmuWajib / dinas militer
軍医gun’iDokter tentara / militer
陸軍rikugunTentara angkatan darat
海軍kaigunTentara angkatan laut
空軍kuugunTentara angkatan udara

Dan sebagainya.

Istilah Bahasa Jepang Lain untuk “Tentara”

Heitai 

Secara harfiah heitai juga diartikan tentara atau prajurit. Namun, dalam rangkaian susunan militer Jepang kuno, istilah heitai digunakan untuk pangkat terendah seorang prajurit. Jadi, bisa disimpulkan heitai adalah bagian dari guntai

Sama halnya dengan guntai, heitai juga ditulis dengan 2 huruf kanji, yaitu :

  1. hei (prajurit, pasukan, tentara, peperangan, strategi, taktik), dan 
  2. tai (barisan, regu, kesatuan, pasukan, rombongan, unit)

Dengan melihat penjelasan di atas, heitai secara harfiah diartikan “pasukan tentara”, sedangkan untuk perorangannya disebut heishi. Namun, perlu kalian ingat baik heitai maupun heishi merujuk pada pasukan tentara dan prajurit berpangkat terendah yang berada di bawah komando guntai.

Informasi Tambahan

Perlu kalian ketahui, bahwa di Jepang itu tidak ada tentara militer seperti di Indonesia loh. Pasukan militer Jepang dibubarkan setelah Perang Dunia II, berdasarkan Konstitusi Jepang yang melarang pembentukan satuan militer Jepang untuk menghindari agresi terhadap negara lain. Barulah pada tahun 1950-an, setelah berakhirnya pendudukan Jepang oleh Amerika Serikat, dibentuklah angkatan bersenjata yang diberi nama Jietai (Pasukan Bela Diri Jepang / Japan Self-Defense Force / JSDF).

Tentu saja, keberadaan JSDF ini sudah diakui secara hukum internasional, tetapi tidak bisa disamakan dengan tentara pada umumnya. Hal ini dikarenakan, JSDF dibentuk untuk pertahanan diri dalam negeri, beroperasi terbatas pada pulau-pulau di Jepang dan tidak diizinkan beroperasi di luar negeri. Sama halnya dengan pasukan tentara pada umumnya, JSDF pun terdiri dari Ground Self-Defense Force (GSDF, Rikujou-Jietai), Maritime Self-Defense Force (MSDF, Kaijou-Jietai) dan Air Self-Defense Force (ASDF, Kouku-Jietai, secara informal disebut juga Japan Air Force Self-Defense Force atau JASDF).

Sebagai tambahan, untuk teman-teman yang ingin tahu sekilas tentang JASDF, kalian bisa loh menonton drama Soratobu Kouhou-shitsu (2013). Drama yang memperkenalkan bagaimana sistem kerja dan apa saja yang ada di dalam JASDF.

Contoh Kalimat

Untuk memudahkan kalian memahami penggunaan istilah “tentara” di atas, mari kita simak beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Guntai

Kichi ni wa, amerika no guntai ga chuuryuu shite imasu.
Guntai no seikatsu wa tsukare hateru koto mo aru.
Ani wa juu-has-sai de guntai ni haitta.
Sono boudou no chin’atsu no tame guntai ga haken sareta.
Kokkyou-chitai no guntai ga oohaba ni zoukyou sareta.
Guntai wa genkaku-na hierarukii ga tokuchou de aru.
Guntai wa teki ni mukatte shingeki shita. 
Guntai wo senjou ni okuri komu.
Guntai wa ringoku wo shinryaku shita.
Guntai wa shiro wo nan-nichi-kan mo houi shita.

Heitai

Heitai-tachi wa zen’in sono chitai no chizu wo motte ita.
Heitai wa kurayami de shihou ni me wo kubatta.
Heitai ga machi e no michi wo fuusa shita.
Heitai ga hashi wo mihatte ita.
Sono machi wa yagate heitai ni yotte senryou sareta.

Kesimpulan

Itulah penjelasan istilah “tentara” dalam bahasa Jepang. Dapat disimpulkan bahwa tentara secara kelompok disebut guntai, dan disebut gunshi untuk perorangan. Adapun heitai dan heishi ditujukan bagi tentara dengan tingkatan rendah yang ada di bawah komando guntai,

Semoga penjelasan istilah “tentara” dalam bahasa Jepang di atas mudah kalian pahami, dan tentunya bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lainnya dan simak terus informasi-informasi terbaru seputar bahasa Jepang dan jejepangan lainnya di Kepo Jepang.

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, yuk kita simak beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa artinya “guntai”?

A) “Guntai” dalam bahasa Indonesia diartikan “tentara”, lebih tepatnya “pasukan tentara”.

Q) Apa artinya “gunshi”?

A) “Gunshi” adalah istilah yang digunakan untuk menyebut tentara perorangan atau “prajurit tentara”.

Q) Apa perbedaan “guntai” dan “heitai”?

A) “Heitai” adalah istilah untuk kelompok tentara atau prajurit dengan pangkat terendah dalam kemiliteran. Biasanya “heitai” ada di bawah komando “guntai”. Jadi, perbedaannya terlihat dari tingkatan pangkat.

Q) Apa di Jepang ada tentara?

A) Berdasarkan Konstitusi tertentu, Jepang tidak diperbolehkan memiliki tentara perang. Namun, Jepang memiliki angkatan bersenjata untuk pertahanan dalam negeri yang disebut “Jietai” (Japan Self-Defense Force / Pasukan Bela Diri Jepang), yang terdiri dari darat, laut dan udara, di mana pasukan ini sudah diakui secara hukum internasional.

Jika kalian masih penasaran dengan pertanyaan lainnya seputar Jepang dan bahasa Jepang, langsung baca di halaman ini ya.