Ayo belajar ungkapan bahasa Jepang yang bisa digunakan di kehidupan sehari-hari!
Bahasa Jepang hari ini adalah Irasshaimase (Selamat Datang).

Arti Kata “Irasshaimase

Irasshaimase (selamat datang) adalah ungkapan sopan ketika menyambut kedatangan seseorang. Berasal dari kata irassharu, yang berarti “datang” atau “berada di suatu tempat”. Ungkapan ini digunakan oleh pegawai toko atau oleh pelayan di restoran ketika pelanggan memasuki tempat.

Bergantung pada toko atau restorannya, kalian mungkin akan disambut dengan irasshaimase atau hanya irasshai, yang sedikit kurang formal tetapi menempatkan jarak yang antara penyambut (pelayan toko) dan yang disambut (pengunjung toko).

Bahasa Jepang Lain untuk Selamat Datang

Irasshaimase umumnya digunakan untuk menyambut kedatangan pengunjung di toko atau restoran. Lalu apa ungkapan lain yang bisa digunakan ketika kita menyambut kedatangan seseorang di lain tempat. Yuk perhatikan bahasa jepang lainnya yang sama-sama memiliki  makna “selamat datang”.

  • Agatte kudasai : cara lain untuk mengucapkan selamat datang dalam bahasa Jepang. Ketika seseorang mengunjungi rumah kalian, ungkapan yang biasanya digunakan adalah agatte kudasai. Ini berasal dari kata kerja agaru (naik, datang, mendekat) dan menunjukkan bahwa seseorang diundang untuk “datang ke rumah kalian”.
  • Douzo oagari kudasai : bentuk lebih formal dan sopan dari agatte kudasai. Douzo(silakan, saya persilakan).
  • Agatte agatte! : bentuk informal dari agatte kudasai. Biasanya digunakan ketika kalian menyambut kedatangan teman atau orang terdekat saat mereka datang ke rumah kalian.
  • Youkoso : ungkapan lain “selamat datang” dalam bahasa Jepang, tapi istilah ini mungkin yang paling khas. Youkoso adalah semacam cara umum untuk mengatakan “selamat datang”.
Youkoso, nihon e.
Selamat datang di Jepang

Youkoso sering digunakan dalam konteks berikut:
– Tempat wisata atau taman hiburan;
– angkutan umum;
– perusahaan;
– negara, kota atau wilayah geografis yang ditentukan lainnya;
– situs web / blog;
– sebuah institusi, swasta atau publik; dll.

  • Youkoso okoshi kudasaimashita : ungkapan “selamat datang” yang sangat formal dengan tingkat kesopanan yang tinggi. Mengandung makna “terima kasih atas kedatangan Anda”. Biasanya digunakan dalam acara-acara formal.
  • Oidemase : ungkapan “selamat datang” yang digunakan di Prefektur Yamaguchi.
  • Oideyasu : ungkapan “selamat datang” yang digunakan di wilayah Kyoto

Nah itu dia berbagai macam ungkapan “selamat datang” dalam bahasa Jepang. Setiap ungkapan digunakan secara berbeda-beda tergantung situasi dan keadaan yang kalian hadapi. Jadi, jangan sampai salah menggunakannya ya.

Semoga bahasa Jepang yang kali ini aku sampaikan pun bermanfaat dan mudah kalian pahami. Sampai jumpa di pelajaran berikutnya!