Dore kurai matta no?
Sudah menunggu berapa lama?

Dore kurai merupakan kata tanya dalam bahasa Jepang yang umumnya digunakan ketika menanyakan kisaran jumlah sesuatu yang tidak jelas. Selain dore kurai, ada juga dono kurai yang arti dan penggunaannya hampir sama. Lalu, apakah perbedaan keduanya?

Melalui artikel ini, Kepo Jepang akan menjelaskan dua kata tanya di atas dan bagaimana penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lebih memahaminya, langsung simak saja penjelasannya di bawah ini.

Penjelasan “Dore kurai” dan “Dono kurai

Seperti yang sudah disebutkan di atas, baik dore kurai maupun dono kurai digunakan sebagai kata tanya untuk kisaran jumlah yang tidak jelas. Dore dan dono sendiri merupakan kata tanya yang digunakan untuk menanyakan kata benda, sedangkan kurai merupakan partikel yang digunakan untuk menyampaikan kisaran jumlah, volume, atau durasi tertentu. Selain sebagai kata tanya, kedua istilah ini pun digunakan sebagai kata keterangan yang menunjukkan derajat yang tidak terbatas. 

Dore kurai umumnya digunakan sebagai interval waktu, periode dan harga yang tak terbatas, sehingga umumnya diartikan “berapa lama”, “seberapa sering”, “seberapa jauh”, “berapa banyak” atau “berapa (kisaran) harganya”. Tentu saja untuk menanyakan harga lebih umum digunakan ikura

Di sisi lain, dono kurai lebih banyak digunakan sebagai perkiraan jumlah sesuatu yang tak terbatas, sehingga sering kali diartikan “berapa banyak” atau “berapa ~” dan “seberapa ~” disesuaikan dengan konteks kalimat yang akan disampaikan.

Namun, manapun yang kalian gunakan, keduanya bisa saling menggantikan karena makna utamanya adalah sebagai kata tanya atau kata keterangan yang menunjukkan kisaran jumlah atau derajat yang tidak terbatas.

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahami kedua istilah di atas, coba perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Dore kurai

A : Dore kurai matta no?
B : Jup-pun kurai kana?
Mai-nichi dore kurai benkyou sureba, sonna ni hanaseru you ni narimasuka?
A : Dore kurai no hindo de jimu ni itteru no?
B : Jimu wa ichi-nichi ni ik-kai yo. 
A : Tomodachi ni ageru tanjoubi purezento kaitai ndakedo, nani ga ii ka naa?
B : Sou da ne, yosan wa dore kurai desuka?
Kono hoteru shuuhen ni wa takusan no izakaya ga arimasu yo. Dore kurai no kakaku de kangaete imasuka?
A : Gooru wo mezashite hashirou! Akirametara dame da yo!
B : Gooru made ato dore kurai aru no? Heto-heto da yo!
A : Tsukiatte dore kurai ni naru no?
B : Ato ik-ka getsu de san-nen ni narimasu ne. 
Kore wo owaraseru noni dore kurai kakaru to omou?
Osatou wa dore kurai iretara ii desuka?
Toukyou kara oosaka made, jikan wa dore kurai kakarimasuka?

Dono kurai

Gakkou kara ie made dono kurai no kyori desuka?
Ano bareebooru senshu wa dono kurai takaku toberu no?
Ano tatemono ga kansei suru made ni dono kurai kakaru ndesuka?
Kono keeki wo tsukuru noni dono kurai no satou ga hitsuyou desuka?
Shouhin no hanbai junbi ga dekiru made dono kurai kakaru to omoimasuka?
Futsuu no chiketto to fasutopasu de dono kurai machi jikan no sa ga aru?
Dono kurai Toukyou ni ita no?
A : Dono kurai matanakucha ikenai no?
B : Mou sukoshi dake.
Kinou dono kurai benkyou shimashitaka?
Shinkansen de, toukyou kara oosaka made dono kurai kakaru no? 

Kesimpulan

Dengan melihat penjelasan dan contoh-contoh kalimat di atas, dapat disimpulkan bahwa baik dore kurai maupun dono kurai sama-sama digunakan sebagai kata tanya atau kata keterangan yang menunjukkan kisaran jumlah atau derajat yang tidak terbatas. Selain itu, kedua istilah ini pun bisa saling menggantikan satu sama lain.

Semoga penjelasan istilah-istilah bahasa Jepang di atas mudah kalian pahami, dan tentunya bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lainnya dan simak terus informasi-informasi terbaru seputar bahasa Jepang dan Jejepangan lainnya di Kepo Jepang.

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa artinya どのくらい (dono kurai)?

A) どのくらい (dono kurai) umumnya diartikan berapa banyak” atau “berapa ~” dan “seberapa ~” disesuaikan berdasarkan konteks kalimat yang disampaikan.

Q) Apa artinya どれくらい (dore kurai)?

A) どれくらい (dore kurai) umumnya diartikan “berapa banyak”, “berapa lama”, “seberapa sering”, “seberapa jauh” atau “berapa (kisaran) harganya”.

Q) Apa bahasa Jepangnya “berapa lama”?

A) Untuk menanyakan hal yang berhubungan dengan interval waktu seperti “berapa lama”, bisa digunakan どのくらい (dono kurai) atau どれくらい (dore kurai).

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan info-info menarik tentang Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.