これはいくらですか
Kore wa ikura desuka?

Ikura desuka pada kalimat di atas merupakan kata tanya yang berarti “berapa?”. Ungkapan kata tanya ini bisa kalian gunakan dalam situasi yang formal maupun non-formal. Namun, dalam situasi yang lebih kasual, kalian cukup mengucapkan ikura saja.

Artikel ini akan membahas pengertian ikura dan beberapa ungkapan lain yang bisa menggantikan ikura desuka. Kalian juga akan bisa dengan mudah memahami penggunaannya melalui contoh-contoh kalimat yang akan diberikan.

Untuk selanjutnya, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Penjelasan Ikura desuka

Ikura desuka berfungsi sebagai kalimat tanya yang digunakan ketika menanyakan harga suatu barang. Secara sederhana, dalam bahasa Indonesia diartikan “berapa?”. Ikura desuka sendiri berasal dari kata ikura (berapa) dan desuka (bentuk kalimat tanya secara formal).

Ikura desuka umumnya digunakan dengan hal-hal yang berhubungan dengan harga, uang, atau ketika kalian berbelanja. Jadi, ikura ini tidak hanya digunakan ketika kalian menanyakan harga barang saja, tetapi bisa juga digunakan ketika kalian menanyakan biaya sewa rumah, gaji bulanan, dan sebagainya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas ikura desuka merupakan kata tanya bentuk sopan. Untuk nuansa kasual, kalian bisa mengucapkan ikura saja. Untuk ungkapan yang lebih hormat kalian bisa menggunakan oikura desuka atau oikura deshouka.

Sebagai tambahan, ungkapan tanya di atas umumnya digunakan sebagai bahasa lisan. Apabila dalam dunia bisnis dan pekerjaan kalian ingin menanyakan harga kepada rekan bisnis dalam bentuk email sebaiknya menggunakan “onedan wa ikahodo ni narimasu ka?” .

Pola Kalimat Dasar

Ikura desuka sebagian besar digunakan untuk menanyakan harga suatu barang atau benda. Oleh karena itu, pola dasar kalimat ikura desuka umumnya menggunakan kata tunjuk kore/sore/are atau kono/sono/ano.

Pola kalimatnya sendiri yaitu :

Jika yang ingin kalian tanyakan bukanlah harga barang atau benda, misalnya biaya listrik, tiket masuk tempat wisata, dan sebagainya, kalian cukup mengganti kata tunjuk dengan hal yang ingin kalian tanyakan harganya.

Contoh Kalimat

Untuk lebih mudah memahami penggunaan ikura desuka, perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Kore wa ikura desuka?
Sore wa ikura desuka?
Are wa ikura desuka?
A : Kono kaban wa ikura desuka?
B : Kono kaban wa has-sen go-hyaku en desu.
A : Chiketto yottsu de ikura desuka?
B : Ni-man en desu.
A : Kono keeki wa ikura desuka?
B : Ni-hyaku gojuu-en desu.
A : Kono nimotsu wa Indonesia made, ikura kakarimasuka?
B : Koukubin de hap-pyaku rokujuu-en desu.
A : Kono apaato no yachin wa ikura desuka?
B : Ikka getsu go-man en kurai desu.
A : Hitorigurashi no shokuhi meyasu tte ikura desuka?
B : Shakaijin no baai wa, ik-ka getsu ni heikin yon-man en zengo hitsuyou to sarete imasu.
A : Doubutsu-en no nyuujouryou wa ikura desuka?
B : Otona go-hyaku en, kodomo san-byaku en, ni-sai ika wa muryou desu.
A : Sengetsu no denki-dai wa ikura desuka?
B : San-zen en deshita.
A : Arubaito no kyuuryou wa ikura desuka?
B : Jikyuu sen en desu.

Kesimpulan

Itulah penjelasan kata tanya ikura desuka yang digunakan untuk menanyakan harga benda, ketika berbelanja atau menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan uang dan biaya. Ikura desuka merupakan ungkapan dalam bentuk formal sehingga kalian bisa menggunakannya dalam berbagai situasi.

Semoga penjelasan kosakata bahasa Jepang yang merupakan kata serapan di atas mudah kalian pahami, dan tentunya bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lainnya dan simak terus informasi-informasi terbaru seputar bahasa Jepang dan jejepangan lainnya di Kepo Jepang.

Sebelum membaca artikel lainnya, yuk kita perhatikan beberapa hal di bawah ini!

Q) Apa artinya “ikura desuka”?

A) “Ikura desuka” dalam bahasa Indonesia artinya “berapa?”

Q) Kapan “ikura desuka” bisa digunakan?

A) “Ikura desuka” digunakan untuk menanyakan harga benda, ketika berbelanja atau menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan uang dan biaya.

Q) Apa bedanya “ikura desuka” dan “ikura kakarimasuka”?

A) “Ikura desuka” hanya menanyakan berapa harganya saja, sedangkan “ikura kakarimasuka” menanyakan “berapa biaya/harga yang dibutuhkan?”

Untuk pertanyaan lainnya seputar Jepang dan bahasa Jepang bisa kalian lihat di halaman ini ya!