Kyou wa tenki ga ii node, sanpo suru koto ni shimashita.

Tahukah kalian arti dari kata sanpo pada kalimat di atas? Sanpo yang berarti “jalan-jalan” adalah salah satu kata benda dalam bahasa Jepang yang apabila ditambahkan suru (melakukan) akan menjadi kata kerja yang artinya “berjalan-jalan”

Untuk lebih memahami arti, makna, dan penggunaan kata sanpo, Kepo Jepang akan menjelaskannya melalui artikel ini. Selain itu, kalian juga bisa dengan mudah memahaminya melalui contoh-contoh kalimat yang akan diberikan.

Penjelasan “Sanpo

Arti kalimat di atas adalah “karena cuaca hari ini bagus, saya memutuskan untuk berjalan-jalan.”

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sanpo merupakan kata benda dalam bahasa Jepang yang artinya “jalan-jalan”. Dalam kamus Daijiten, makna sanpo dijelaskan sebagai kegiatan jalan-jalan untuk rekreasi dan kesehatan atau sekadar berkeliling di luar ruangan dan menikmati lingkungan sekitar tanpa tujuan tertentu.

Sanpo umum digunakan sebagai kata kerja suru. Kata kerja suru merupakan kata kerja yang termasuk ke dalam golongan ke-3 atau kata kerja tidak beraturan (fukisokudoushi). Selain kata kerja kuru (datang), kata kerja pada golongan ke-3 ini sebagian besar dibentuk dari kata benda ditambah suru (melakukan).

Begitu pula dengan sanpo yang merupakan kata benda, ketika ditambahkan suru akan menjadi kata kerja sanpo suru dan artinya berubah menjadi “melakukan jalan-jalan” atau “berjalan-jalan”. Adapun perubahan bentuk kata kerja suru bisa dilihat di halaman ini.

Informasi Tambahan

Selain sanpo, ada istilah lain yang bisa digunakan untuk menyatakan “jalan-jalan”, yaitu sansaku. Sama halnya dengan sanpo, sansaku juga merupakan kata benda yang bisa diubah menjadi kata kerja apabila ditambahkan kata suru

Sanpo lebih banyak digunakan untuk “jalan-jalan” sekadar rekreasi dan menikmati lingkungan sekitar tanpa tujuan tertentu. Sedangkan sansaku mendeskripsikan “jalan-jalan” untuk berinteraksi dengan pemandangan sekitar dan orang-orang yang berjalan bersama kita. Tujuannya untuk memperdalam dan memperluas wawasan, seperti menikmati pemandangan, menjelajah, dan bersentuhan dengan sejarah.

Selain itu, ada juga istilah wookingu yang diserap dari bahasa Inggris “walking” dan mulai sering digunakan untuk menyatakan kegiatan “jalan-jalan”. Tentu saja wookingu pun bisa digunakan sebagai kata kerja dengan menambahkan suru menjadi wookingu suru atau berjalan-jalan.

Contoh Kalimat

Untuk lebih memahami penggunaan kata sanpo yang sudah dijelaskan di atas, coba perhatikan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

Sanpo

A : Shuumatsu wa nani wo shite sugosu no ga suki desuka? 
B : Sanpo suru no ga suki desu.
Sanpo ni deru toki wa itsumo inu mo tsurete ikimasu.
Okaa-san wa ie no kinjo wo sanpo suru no ga suki desu.
Suteki-na natsu no yuugata dakara, sanpo ni itte hana no shashin demo totte koyou ka na.
Hima da na! Inu no sanpo ni demo ikou.
Watashi-tachi wa kaigan-zoi wo choujikan sanpo shite, kaigara wo ikutsuka hirotta.
Kawa-zoi wo sanpo shimashou.
A : Kyou wa sugoku tenki ga ii ne.
B : Sanpo demo suru? Kono chikaku ni kouen ga aru nda. Sono kouen wa totemo hirokute kirei nanda yo.
Inu to kouen wo sanpo suru no ga nikka ni narimashita.
A : Asa, kouen wo sanpo shiteru nda. Kokoro ga yasuragu yo.
B : Shizen wa boku-tachi wo rirakkusu sasete kureru yo ne.
Asa hayaoki shite, sanpo shite kimashita.
Tanbo de kodomo-tachi to sanpo suru.
Yuki ya ame no hi wa inu no sanpo ga okkuu desu.
Kanojo wa itsumo obaa-san wo sanpo ni tsurete itte agemasu.
Kyou wa ichinichi-juu ame da kara, inu wo sanpo ni tsurete ikenai.

Istilah Lainnya

Shiranai tokoro ni iku to asa ni shuuhen wo sansaku suru no ga suki desu.
Hamabe wo sansaku shite sugoshita.
Sansaku supotto no ooi nara de wa densha wo katsuyou suruto ii. 
Watashi wa undou no tame ni wookingu suru koto ni kimemashita. 
Watashi wa yaku ichi-jikan wookingu ni dekakemashita.

Kesimpulan

Itulah penjelasan kata sanpo yang artinya “jalan-jalan” dan ketika ditambahkan kata suru (melakukan) akan berubah menjadi kata kerja dan diartikan “berjalan-jalan”. Selain sanpo kata lain yang bisa digunakan adalah sansaku atau wookingu. Kedua kata ini pun bisa diubah menjadi kata kerja dengan menambahkan kata suru.

Semoga penjelasan kosakata bahasa Jepang di atas mudah kalian pahami, dan tentunya bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lainnya dan simak terus informasi-informasi terbaru seputar bahasa Jepang dan Jejepangan lainnya di Kepo Jepang.

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Q) Apa artinya 散歩 (sanpo)?

A) 散歩 (sanpo) artinya jalan-jalan.

Q) Apa bahasa Jepangnya “jalan-jalan”?

A) Bahasa Jepang “jalan-jalan” bisa menggunakan 散歩 (sanpo), 散策 (sansaku) atau ウォーキング (wookingu).

Q) Apa bedanya 散歩 dan 散歩する?

A) 散歩 (sanpo) adalah kata benda dan diartikan “jalan-jalan”, sedangkan 散歩する (sanpo suru) sudah berubah menjadi kata kerja, di mana kata kerja “sanpo” (jalan-jalan) ditambahkan “suru” (melakukan) sehingga diartikan berjalan-jalan.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan info-info menarik tentang Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.