Tsukue no ue ni, pen ya, enpitsu ya, keshigomu nado, bunbougu ga takusan arimasu.

Apakah kalian pernah membaca atau mendengar kata nado seperti pada contoh kalimat di atas? Jika kalian perhatikan, kata “nado” di atas digunakan setelah menyebutkan beberapa kata benda. Dalam bahasa Indonesia, keberadaan “nado” ini sama artinya dengan dan lain-lain atau dan sebagainya.

“Nado” bukanlah sebuah kata yang bisa berdiri sendiri, “nado” termasuk ke dalam golongan partikel, tepatnya fukujoshi. Nah, melalui artikel ini, kalian akan bisa mempelajari fungsi dari partikel “nado” dan bagaimana cara menerapkan partikel ini dalam sebuah kalimat.

Dengan membaca contoh-contoh kalimat yang akan diberikan di akhir artikel, kalian akan bisa memahami fungsi dan makna penggunaan partikel “nado” ini. Untuk itu, yuk kita pahami lebih lanjut dengan membaca penjelasan di bawah ini.

Bagaimana penggunaan partikel “nado”?

Ketika sebuah kalimat menyebutkan kata benda + “nado”, itu menunjukkan bahwa masih ada “benda lain” selain dari kata benda yang sudah disebutkan. Misalnya, contoh kalimat di atas diartikan “di atas meja ada banyak alat tulis seperti pulpen, pensil, penghapus, dan lain-lain.”

Partikel “nado” merupakan salah satu adverbia dalam bahasa Jepang yang memiliki satu penggunaan. Selengkapnya perhatikan penjelasan mengenai bentuk kalimat serta fungsi partikel “nado” berikut ini!

Bentuk kalimat

Pola kalimat dengan partikel “nado” cukup sederhana, seperti di bawah ini:

  • Kata benda + partikel “nado”

Fungsi partikel “nado”

Partikel “nado” digunakan untuk menyatakan bahwa masih terdapat contoh lainnya yang serupa dengan kata sebelumnya. Dalam bahasa Indonesia, partikel “nado” bisa diartikan dengan kata “dan lain-lain”, “dan sebagainya” serta ungkapan lain yang mirip dengan kata tersebut.

Biasanya partikel ini diungkapkan bersama dengan partikel lain, yaitu partikel “ya”, ketika ingin menyampaikan dua contoh objek, baru kemudian menyatakan kata “dan lain-lain”. Cobalah lihat kembali penggunaan partikel “ya” ini.

Untuk bisa memahami penggunaan partikel “nado”, perhatikanlah berbagai contoh kalimat di bawah ini!

Contoh kalimat

Menyatakan bahwa masih ada contoh lain yang serupa

Ni, yon, roku nado wa guusuu desu.
Tsukue no ue ni kyoukasho nado ga arimasu.
Jugyou ya arubaito nado de isogashii desu.
Okane ga nai kara, kuruma nado wa kaenai.
Ocha nado ikaga desuka?
Shiken no toki ni, tanin to hanasu koto nado wa shinaide kudasai.
Sagi nado ni gochuui kudasai!
Nihon-jin wa “sugoi yo!”nado no homekotoba wo yoku tsukatte imasu.
Kono burogu ni wa nihongo no kotoba ya joshi nado no kiji ga takusan arimasu.
Doraemon ya pokemon nado no nihon no anime wa sekaijuu de ninki ga aru.
Nihonsei no baiku wa Indonesia ya Betonamu nado de yoku urarete imasu.
Tomoya-san wa tenisu ya yakyuu nado ga umai.
Rondon, Pari nado yooroppa no toshi e itte mitai.
Ano mise wa rin’go, mikan nado wo utte iru.
Engeki, eiga nado wo miru no ga suki desuka?

Kesimpulan

Bagaimana teman-teman? Apakah sudah bisa memahami partikel ini?

Partikel “nado” yang dalam bahasa Indonesia bisa diartikan “dan lain-lain”, digunakan untuk menyatakan bahwa masih ada hal serupa lainnya yang tidak disampaikan secara langsung dalam kalimat.

Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kalian tentang bahasa Jepang ya! Jangan lupa untuk ikuti terus informasi dari Kepo Jepang!