Umi ni ikitai!
Aku ingin pergi ke pantai!

Tahukah kalian kalau Kanji umi (laut, pantai) terdiri dari Kanji dasar “air” dan “area yang luas dan dalam”? Nah, kali ini Kepo Jepang akan menjelaskan bagaimana Kanji umi dibentuk dan mengapa diucapkan umi.

Kalian juga bisa belajar penggunaan kata umi melalui contoh-contoh kalimat yang akan diberikan. Untuk lebih jelasnya, langsung simak saja penjelasan di bawah ini.

Penjelasan “Umi

Umi adalah bahasa Jepang untuk pantai atau laut. Umi termasuk ke dalam golongan meishi (kata benda). Huruf kanji umi yang digunakan saat ini termasuk ke dalam gabungan kaiimoji (kanji yang merupakan gabungan dari dua atau lebih karakter gambar) dan keiseimoji (kanji yang dibuat dengan menggabungkan kanji yang mewakili pengucapan dan kanji yang mewakili makna), kedua kanji digabungkan untuk menyajikan makna keseluruhan. 

Dua karakter kanji yang digunakan untuk membentuk kata umi yaitu kanji mizu (air) dan mai (gelap, luas, dalam). Kedua kanji ini bermakna dan melambangkan laut yang luas dan dalam. Adapun pelafalan umi yang berdasarkan keiseimoji, dalam Joudai Nihon-go (teori bahasa Jepang lama) dijelaskan dalam 2 teori :

海 / うみ / Umi
1. Gabungan dari pelafalan Kanji 大 (oo / besar) + 水 (mizu / air) → air besar
2. Gabungan dari pelafalan う (u) yang dalam bahasa Jepang lama merupakan awalan yang mengandung makna “sesuatu yang berhubungan dengan pantai”, seperti una (lautan), uo (ikan) dan ushio (pasang), digabungkan dengan pelafalan み (mi) dari 水 (mizu / air).
Sumber : Wiktionary Etimologi Umi

Sebagai tambahan, umi adalah cara baca Jepang (kun’yomi), sedangkan on’yomi-nya (cara baca China) adalah kai, yang sering digunakan untuk istilah-istilah yang berhubungan dengan pantai.

Contoh Kalimat

Berikut contoh-contoh kalimat yang menggunakan kata umi.

Umi no naka ni wa ironna ikimono ga kurashite imasu.
Umi ni ikou yo!
Kono umi de oyoide wa ikemasen.
Kon’go no natsu yasumi ni, umi e ikou to omoimasu.
Watashi no heya ga umi no hou wo muite iru.
Umi wo mite iru to sozoro kanashiku naru.
Watashi wa umi yori yama no hou ga suki da.
Chikyuu wa umi to riku kara naru.
Watashi no inaka wa umi no soba ni aru.
Tori ga umi wo koete yutta.
Obaa-chan no ie wa umi ni menshite iru.
Nihon wa umi ni kakomarete iru.

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat tentang umi (pantai, laut). Jadi, kanji umi terbentuk dari 2 karakter kanji yaitu mizu (air) dan mai (gelap, dalam, luas) sehingga membentuk makna air yang luas dan dalam atau laut.

Bagaimana penjelasannya? Semoga mudah dipahami ya. Jangan lupa buat contoh kalimat versi kalian agar kosakatanya mudah untuk diingat. Semangat terus belajar bahasa Jepangnya dan terus ikuti info-info bahasa Jepang di blog Kepo Jepang ya!

Untuk mengingat kembali penjelasan di atas, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini!

Q) Apa bahasa Jepangnya “pantai”?

A) “Pantai” bahasa Jepangya adalah 海 (umi)

Q) Apa artinya 海 (umi)?

A) 海 (umi) artinya adalah pantai atau laut.

Q) Bagaimana menulis Kanji “umi (pantai)”?

A) Kanji untuk “umi (pantai)” adalah 海.

Untuk melihat pertanyaan lainnya seputar bahasa Jepang dan info-info menarik tentang Jepang, langsung saja baca di halaman ini ya.